No 1.
Hasil penelitian Cogan yang berhasil mengidentifikasi
delapan karakteristik yang perlu dimiliki warga negara sehubungan dengan
semakin beratnya tantangan yang harus dihadapi di masa mendatang. Karakteristik
warga negara tersebut meliputi, kecuali…
A.
Kemampuan mengenal dan mendekati masalah sebagai
warga masyarakat global
B.
Kemampuan bekerjasama dengan orang lain dan
memikul tanggung jawab atas peran atau kewajibannya dalam masyarakat
C.
Kemampuan untuk memahami, menerima, dan
menghormati perbedaan-perbedaan budaya
D.
Kemampuan berpikir kritis dan ekstrimis
No 2.
Suatu sistem yang merujuk pada orang-orang yang menjadi
subyek dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, yang terdiri atas pemerintah’
dan ‘yang diperintah’. Kedua jenis subyek ini yaitu pemerintah dan yang
diperintah pada dasarnya memiliki atribut yang sama, yaitu sebagai warga
negara, namun dalam fungsinya yang berlainan. Dari perspektif demokrasi, yang
disebut pertama adalah pemegang mandat atau amanat dengan seperangkat
wewenangnya untuk mengelola kepentingan bersama dan mewujudkan tujuan bersama.
Yang kedua adalah pemberi mandat, pemegang kedaulatan, merupakan system….
A.
Sistem personal
B.
Sistem kelembagaan
C.
Sistem normative
D.
Sistem kewilayahan
No 3.
Portofolio dalam pembelajaran PKn merupakan kumpulan
informasi yang tersusun dengan baik yang menggambarkan rencana kelas siswa
berkenaan dengan suatu isu kebijakan publik yang telah diputuskan untuk dikaji
mereka, baik dalam kelompok kecil maupun kelas secara keseluruhan. Portofolio
kelas berisi bahan-bahan seperti pernytaan-pernyataan tertulis, peta, grafik,
photgrafi, dan karya seni asli. Bahan-bahan tersebut menggambarkan hal-hal
sebagai berikut, kecuali ... .
A.
hal-hal yang akan dipelajari siswa berkenaan
dengan suatu masalah yang telah mereka pilih
B.
hal-hal yang terlah dipelajari siswa berkenaan
dengan alternatif-alternatif pemecahan terhadap masalah tersebut
C.
kebijakan publik yang telah dipilih atau dibuat
oleh siswa untuk mengatasi masalah tersebut
D.
rencana tindakan yang telah dibuat siswa untuk
digunakan dalam mengusahakan agar pemerintah menerima kebijakan yang mereka
usulkan
No 4.
Dalam usaha mencapai tugas-tugas pembelajaran portofolio ini
ditempuh melalui enam tahap kegiatan, tahap kedua membahas tentang ….
A.
Mengidentifikasi Masalah Kebijakan Publik Di
Masyarakat
B.
Memilih Satu Masalah Untuk Kajian Kelas
C.
Mengumpulkan Informasi Tentang Masalah Yang Akan
Dikaji Kelas
D.
Membuat Portofolio Kelas
No 5.
Dalam kelompok portofolio yang bertanggung jawab untuk
menjelaskan masalah yang telah dipilih untuk dikaji oleh kelas. Kelompok ini
pun harus menjelaskan mengapa masalah tersebut penting dan mengapa lembaga
pemerintahan tersebut harus menangani masalah tersebut, merupakan tugas dari
kelompok….
A.
Kelompok portofolio Satu: Menjelaskan Masalah
B.
Kelompok Portofolio Dua: Menilai kebijakan
alternatif yang diusulkan untuk memecahkan masalah
C.
Kelompok Portofolio Tiga: Membuat satu kebijakan
publik yang akan didukung oleh kelas
D.
Kelompok Portofolio Empat: Membuat suatu rencana
tindakan agar pemerintah mau menerima kebijakan kelas
No 6.
Penilaian portofolio dilakukan terhadap dua hal, yaitu
portofolio masing-masing dari keempat kelompok portofolio, dan portofolio
keseluruhan (kelas). Untuk menilai portofolio kelompok (1 - 4), digunakan
kriteria berikut, kecuali…..
A.
Kelengkapan, Apakah setiap seksi memuat
bahan-bahan yang diuraikan pada deskripsi tugas setiap kelompok di atas? Apakah
para siswa memasukkan bahan-bahan lebih dari yang diperlukan?
B.
Kejelasan, Apakah portofolio siswa tersusun
dengan baik? Apakah portofolio siswa ditulis dengan jelas, menggunakan tata
bahasa dan ejaan yang benar? Apakah gagasan-gagasan utama dan argumen-argumen
di dalamnya mudah dipahami?
C.
Informasi, Apakah informasinya akurat? Apakah
informasinya memuat fakta-fakta utama dan konsep-konsep penting? Apakah
informasi yang siswa masukkan penting untuk memahami topik kajian?
D.
Bentuknya, apakah dijili datau tulis tangan?
No 7.
Manusia merupakan perjumlahan daripada beberapa kemampuan
tertentu yang masing-masing bekerja tersendiri seperti kemampuan-kemampuan
vegetatif yaitu makan dan berkembang biak, kemampuan sensitif yaitu kemampuan
bergerak mengamat-amati, bernafsu dan perasaan, dan kemampuan intelektif yaitu
berkemampuan berkecerdasan, merupakan pandangan tentang individu menurut…..
A.
Gerungan
B.
Lysen
C.
Aristoteles
D.
Descartes
No 8.
Kebenaran yang meliputi kebenaran dalam arti benar dalam
kehidupan sehari-hari meliputi kebenaran menurut agama, hukum, dan ilmu
pengetahuan dalam Catur Purusa Artha yaitu merupakan arti dari….
A.
Dharma
B.
Artha
C.
Kama
D.
Moksa
No 9.
Berikut ini merupakan pernyataan yang berkaitan dengan
individu sebagai makhluk social, kecuali….
A.
Manusia tak mungkin hidup tanpa bantuan orang
lain dan selanjutnya dengan menggunakan daya pikirnya manusia berupaya bagaimana
agar dapat memenuhi kebutuhan pokok, tentu memerlukan bantuan orang lain
B.
Untuk menjalin hubungan satu sama lain
memerlukan aktivitas komunikasi. Karena kecenderungan manusia berkeinginan
untuk hidup serasi sebagai timbal balik satu sama lain karena manusia mempunyai
dua hasrat yaitu berkeinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain di
sekelilingnya
C.
berkeinginan untuk menjadi satu dengan suasana
alam sekelilingnya
D.
dalam memenuhi kebutuhannnya manusia selalu
mengedepankan sifat unutk berkuasa, sehingga dikenal dengan hukum rimba
No 10.
Suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai
kekuasaan tertinggi yang sah dan yang ditaati oleh rakyatnya, merupakan
pandangan dari….
A.
Miriam Budiardjo
B.
Roger H. Soltau
C.
Harold J. Laski
D.
Max Weber
No comments:
Post a Comment