No 1.
a.
Salah, karena Kemampuan mengenal dan mendekati
masalah sebagai warga masyarakat global merupakan Hasil penelitian Cogan yang
berhasil mengidentifikasi delapan karakteristik yang perlu dimiliki warga
negara sehubungan dengan semakin beratnya tantangan yang harus dihadapi di masa
mendatang.
b.
Salah, karena Kemampuan bekerjasama dengan orang
lain dan memikul tanggung jawab atas peran atau kewajibannya dalam masyarakat
merupakan Hasil penelitian Cogan yang berhasil mengidentifikasi delapan
karakteristik yang perlu dimiliki warga negara sehubungan dengan semakin
beratnya tantangan yang harus dihadapi di masa mendatang.
c.
Salah, karena Kemampuan untuk memahami,
menerima, dan menghormati perbedaan-perbedaan budayamerupakan Hasil penelitian
Cogan yang berhasil mengidentifikasi delapan karakteristik yang perlu dimiliki
warga negara sehubungan dengan semakin beratnya tantangan yang harus dihadapi
di masa mendatang.
d.
Benar, karena Kemampuan berpikir kritis
dan ekstrimis bukan merupakan Hasil penelitian Cogan yang berhasil
mengidentifikasi delapan karakteristik yang perlu dimiliki warga negara
sehubungan dengan semakin beratnya tantangan yang harus dihadapi di masa
mendatang.
No 2.
a.
Benar, bahwa Sistem personal adalah suatu
sistem yang merujuk pada orang-orang yang menjadi subyek dalam penyelenggaraan
kehidupan bernegara, yang terdiri atas pemerintah’ dan ‘yang diperintah’.
b.
Salah, karena Sistem kelembagaan menunjuk kepada
lembaga-lembaga negara dan lembaga-lembaga pemerintahan menurut Konstitusi dan
peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pemahaman terhadap lembaga-lembaga
negara dan pemerintahan ini merupakan prasyarat dasar bagi warga negara untuk
dapat berperan serta dalam kehidupan bernegara dan pemerintahan.
c.
Salah, karena sistem normatif adalah sistem
hukum dan perundang-undangan yang mengatur tata hubungan negara dan
warganegara. Pemahaman terhadap sistem hukum dan perundang-undangan yang
berlaku, merupakan prasyarat bagi partisipasi warga negara secara nalar dan
penuh tanggung jawab.
d.
Salah, karena sistem kewilayahan menunjuk kepada
seluruh wilayah teritorial yang termasuk ke dalam yurisdiksi negara Indonesia.
No 3.
a.
Benar, hal-hal yang akan dipelajari siswa
berkenaan dengan suatu masalah yang telah mereka pilih, bukan merupakan
gambaran yang berkaitan dengan Portofolio kelas yang berisi bahan-bahan seperti
pernyataan-pernyataan tertulis, peta, grafik, photografi, dan karya seni asli,
yang benar adalah yang telah dilakukan bukan yang akan dilakukan oleh siswa
b.
Salah, karena hal-hal yang terlah dipelajari
siswa berkenaan dengan alternatif-alternatif pemecahan terhadap masalah
tersebut merupakan gambaran yang berkaitan dengan Portofolio kelas yang berisi
bahan-bahan seperti pernyataan-pernyataan tertulis, peta, grafik, photografi,
dan karya seni asli
c.
Salah, karena kebijakan publik yang telah
dipilih atau dibuat oleh siswa untuk mengatasi masalah tersebut merupakan
gambaran yang berkaitan dengan Portofolio kelas yang berisi bahan-bahan seperti
pernyataan-pernyataan tertulis, peta, grafik, photografi, dan karya seni asli
d.
Salah, karena rencana tindakan yang telah dibuat
siswa untuk digunakan dalam mengusahakan agar pemerintah menerima kebijakan
yang mereka usulkan merupakan gambaran yang berkaitan dengan Portofolio kelas
yang berisi bahan-bahan seperti pernyataan-pernyataan tertulis, peta, grafik,
photografi, dan karya seni
No 4.
a.
Salah, karena Mengidentifikasi Masalah Kebijakan
Publik Di Masyarakat merupakan tahap 1.
b.
Benar, karena Memilih Satu Masalah Untuk
Kajian Kelas merupakan tahap 2.
c.
Salah, karena Mengumpulkan Informasi Tentang
Masalah Yang Akan Dikaji Kelas merupakan tahap 3.
d.
Salah, karena Membuat Portofolio Kelas merupakan
tahap 4.
No 5.
a.
Benar, karena Kelompok portofolio Satu:
Menjelaskan Masalah. Kelompok portofolio satu ini bertanggung jawab untuk
menjelaskan masalah yang telah dipilih untuk dikaji oleh kelas. Kelompok ini
pun harus menjelaskan mengapa masalah tersebut penting dan mengapa lembaga
pemerintahan tersebut harus menangani masalah tersebut.
b.
Salah, karena Kelompok Portofolio Dua: Menilai
kebijakan alternatif yang diusulkan untuk memecahkan masalah. Kelompok ini
bertanggung jawab untuk menjelaskan kebijakan saat ini dan/atau kebijakan
alternatif yang dirancang untuk memecahkan masalah.
c.
Salah, karena Kelompok Portofolio Tiga: Membuat
satu kebijakan publik yang akan didukung oleh kelas. Kelompok ini bertanggung
jawab untuk membuat satu kebijakan publik tertentu yang disepakati untuk
didukung oleh mayoritas kelas serta melakukan justifikasi terhadap kebijakan
tersebut.
d.
Salah, karena Kelompok Portofolio Empat: Membuat
suatu rencana tindakan agar pemerintah mau menerima kebijakan kelas. Kelompok
ini bertanggung jawab untuk membuat suatu rencana tindakan yang menunjukkan
bagaimana warga negara dapat mempengaruhi pemerintah untuk menerima kebijakan
yang didukung oleh kelas.
No 6.
a.
Salah, karena Kelengkapan, Apakah setiap seksi
memuat bahan-bahan yang diuraikan pada deskripsi tugas setiap kelompok di atas?
Apakah para siswa memasukkan bahan-bahan lebih dari yang diperlukan?.
b.
Salah, karena Kejelasan, Apakah portofolio siswa
tersusun dengan baik? Apakah portofolio siswa ditulis dengan jelas, menggunakan
tata bahasa dan ejaan yang benar? Apakah gagasan-gagasan utama dan
argumen-argumen di dalamnya mudah dipahami?.
c.
Salah, karena Informasi, Apakah informasinya
akurat? Apakah informasinya memuat fakta-fakta utama dan konsep-konsep penting?
Apakah informasi yang siswa masukkan penting untuk memahami topik kajian?.
d.
Benar, karena Bentuknya, apakah dijilid
atau tulis tangan?
No 7.
a.
Salah, karena Gerungan, Individu berasal dari
kata in-dividere artinya tidak dapat dibagi-bagikan.
b.
Salah, karena Lysen, , individu adalah manusia
yang berdiri sendiri, manusia perorangan Namun individu yang dimaksud adalah
insan (manusia).
c.
Benar, bahwa Aristoteles berpendapat
bahwa manusia merupakan perjumlahan daripada beberapa kemampuan tertentu yang
masing-masing bekerja tersendiri seperti kemampuan-kemampuan vegetatif yaitu
makan dan berkembang biak, kemampuan sensitif yaitu kemampuan bergerak
mengamat-amati, bernafsu dan perasaan, dan kemampuan intelektif yaitu
berkemampuan berkecerdasan.
d.
Salah, karena Descartes, bahwa manusia terdiri
atas zat rohaniah ditambah zat materiil. Akan tetapi Wilhelm Wundt menegaskan
bahwa jiwa manusia itu materiil merupakan suatu kesatuan jiwa raga yang
berkegiatan sebagai keseluruhan. Jika manusia mengamati sesuatu, maka kita
bukan hanya melihat sesuatu dengan alat mata kita, melainkan juga dengan
seluruh minat dan minat perhatian yang kita curahkan kepada objek yang kita
amati dipengaruhi oleh niat dan kebutuhan.
No 8.
a.
Benar, bahwa Dharma, artinya kebenaran
yang meliputi kebenaran dalam arti benar dalam kehidupan sehari-hari meliputi
kebenaran menurut agama, hukum, dan ilmu pengetahuan.
b.
Salah, karena Artha, artinya kebendaan,
kekayaan, harta benda, termasuk sandang, pangan, papan, dan keperluan hidup
pokok sehari-hari.
c.
Salah, karena Kama, artinya kenikmatan atau
kepuasan hidup.
d.
Salah, karena Moksa, artinya kebahagiaan yang
kekal abadi, karena bersatunya atman (roh) dengan Parama Atma (Sang Hyang Widhi
Wasa/Tuhan Yang Maha Esa).
No 9.
a.
Salah, karena Manusia tak mungkin hidup tanpa
bantuan orang lain dan selanjutnya dengan menggunakan daya pikirnya manusia
berupaya bagaimana agar dapat memenuhi kebutuhan pokok, tentu memerlukan
bantuan orang lain merupakan pernyataan yang berkaitan dengan individu sebagai makhluk
sosial.
b.
Salah, karena Untuk menjalin hubungan satu sama
lain memerlukan aktivitas komunikasi. Karena kecenderungan manusia berkeinginan
untuk hidup serasi sebagai timbal balik satu sama lain karena manusia mempunyai
dua hasrat yaitu berkeinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain di
sekelilingnya, merupakan pernyataan yang berkaitan dengan individu sebagai
makhluk sosial.
c.
Salah, karena berkeinginan untuk menjadi satu
dengan suasana alam sekelilingnya merupakan pernyataan yang berkaitan dengan
individu sebagai makhluk sosial.
d.
Benar, bahwa dalam memenuhi kebutuhannnya
manusia selalu mengedepankan sifat unutk berkuasa, sehingga dikenal dengan
hukum rimba bukan merupakan pernyataan yang berkaitan dengan individu sebagai
makhluk sosial.
No 10.
a.
Benar, bahwa Menurut Miriam Budiardjo,
negara adalah suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan
tertinggi yang sah dan yang ditaati oleh rakyatnya.
b.
Salah, karena Menurut Roger H. Soltau, negara
adalah alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan
persoalan-persoalan bersama, atas nama masyarakat.
c.
Salah, karena Menurut Harold J. Laski, negara
adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena mempunyai wewenang yang
bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung daripada individu atau
kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat itu.
d.
Salah, karena Menurut Max Weber, negara adalah
suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik
secara sah dalam suatu wilayah.
No comments:
Post a Comment