Wednesday, September 12, 2012

Kunci Jawaban Ujian Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan PDGK4306 (bagian 1)


No 1.
a.         salah. Mumford menggolongkan orang belajar kedalam empat golongan.
b.        salah. Belajar baru akan terjadi jika ada interaksi antara individu dan lingkungannya.
c.         salah. Pandangan Honey sama dengan Mumford.
d.        benar. Tahap pengalaman konkret merupakan tahap awal dalam peristiwa belajar.

No 2.
a.        benar. Menugaskan anak untuk menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungannya merupakan contoh membimbing anak belajar aktif.
b.        salah. Menentukan materi pelajaran yaitu materi yang akan diajarkan sesuai dengan kemampuan anak.
c.         salah. Mengidentifikasi kemampuan peserta didik untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik dalam proses belajar.
d.        salah. Mengevaluasi proses dan hasil belajar yaitu mengetahui sejauh mana keberhasilan belajar peserta didik.

No 3.
a.         salah. Honey menggolongkan belajar menjadi empat.
b.        benar. John Dewey menjelaskan pendidikan merupakan proses sosial bagi anak untuk menjadi bagian yang aktif.
c.         salah. Mumford menggolongkan belajar menjadi empat
d.        salah. Ausbel bukan merupakan tokoh pendidikan

No 4.
a.         salah. Guru memfasilitasi dalam proses belajar
b.        salah. Guru melindungi peserta didik dalam proses belajar
c.         salah. Guru sebagai pembimbing dalam proses/ kegiatan berdiskusi.
d.        benar. Tugas guru tidak sebagai pemberi hukuman.

No 5.
a.        benar. Vygotsky memandang sosiokultural konstruktivis yang menekankan kemandirian, yaitu untuk menyelesaikan tugas yang kompleks dengan menggunakan media.
b.        salah. Berdasarkan konsep, yaitu belajar yang paling baik adalah berdasarkan konsep
c.         salah. Pemecahan masalah dapat digunakan dalam menunjang metode pengajaran yang menekankan pada pembelajaran kooperatif.
d.        salah. Menunjang pengajaran yang menekankan belajar yang baik dengan orang dewasa dan teman sebaya.

No 6.
a.        benar, yaitu mengetahui tingkat status dan kemampuan belajar siswa saat ini
b.        salah. Jawaban ini merupakan jawaban yang tidak ada hubungannya dengan soal
c.         salah. Jawaban ini merupakan jawaban yang tidak ada hubungannya dengan soal.
d.        salah. Jawaban ini merupakan jawaban yang tidak ada hubungannya dengan soal

No 7.
a.         salah. Pemberian bantuan secara individual antara orang yang memberi bantuan dan yang diberi bantuan
b.        salah. Pemberian bantuan yang dilakukan baik secara individual maupun berkelompok
c.         benar. Memfasilitasi kegiatan yang dilakukan oleh si
d.        salah. Memimpin kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran

No 8.
a.         salah. Arah dan tujuannya memang bukan untuk kepentingan pemerintah.
b.        salah. Bukan kepentingan golongan
c.         salah. Tidak hanya menghilangkan kemiskinan.
d.        benar. Menganggulangi kebodohan dan kemiskinan.

No 9.
a.         salah. Peran guru sebagai pemimpin yang digugu/menjadi contoh bagi siswanya
b.        salah. Peran guru dapat menghasilkan seorang intelektual
c.         salah. Guru dituntut untuk dapat mengembangkan kondisi dan suasana pondok untuk belajar
d.        benar. Peran guru tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik.

No 10.
a.         salah. Menurut Taylor kebudayaan merupakan keteraturan dalam hidup bermasyarakat.
b.        benar. Menurut Tilaar, kebudayaan merupakan satu kesatuan dan bukan jumlah dari bagian-bagian.
c.         salah. Talcott membedakan wujud kebudayaan sebagai suatu sistem gagasan serta konsep-konsep
d.        salah. Selo Sumarjan dan Soelaeman merumuskan kebudayaan sebagai hasil karya

No comments:

Post a Comment

Post a Comment