Sunday, August 26, 2012

Kunci Jawaban Ujian Ketrampilan Berbahasa Indonesia SD PDGK4101 (bagian 4)


No 31. a. Benar, proses berbicara selalu berpadu dengan proses menyimak. b. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak. c. Salah, karena pembicara tidak selamanya berperan sebagai pendengar saja. d. Salah, karena pernyataan tersebut tidak menjelaskan hubungan antara keterampilan berbicara dan menyimak. No 32. a. Benar, karena kegiatan pertama, fokus yang dilakukan siswa sekolah adalah menyimak dilanjutkan dengan berdiskusi (berbicara). b. Salah, karena pernyataan tersebut bukan contoh keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menyimak adalah keterampilan berbahasa yang dilatihkan adalah menulis dan membaca. c. Salah, karena pernyataan tersebut bukan contoh keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menyimak adalah keterampilan berbahasa yang dilatihkan adalah menulis dan membaca. d. Salah, karena fokus kegiatan berbahasa yang dilatihkan adalah membaca dan berbicara. No 33. a. Benar, karena menyimak dan membaca membutuhkan penguasaan simbol-simbol bahasa, pengetahuan, yang berkaitan dengan materi simakan, diksi dan gaya bahasa. b. Salah, karena orang yang senang menyimak, belum tentu suka membaca. c. Salah, karena keterampilan membaca belum tentu membuat seseorang menjadi sering menyimak. d. Salah, karena keterampilan menyimak dan membaca juga dapat berlangsung dalam situasi nonformal. No 34. a. Benar, kegiatan tersebut berfokus pada keterampilan menyimak yang dilanjutkan/dipadukan dengan keterampilan membaca. b. Salah, karena kegiatan tersebut melatih siswa menyimak dan berbicara. c. Salah, karena fokus kegiatan tersebut adalah berbicara. d. Salah, karena hal tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak, membaca,dengan fokus menulis. No 35. a. Salah, contoh kegiatan tersebut tidak menunjukkan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak. b. Benar, contoh kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak c. Salah, contoh kegiatan tersebut hanya melatih siswa terampil menulis dengan fokus menyimak. d. Salah, contoh kegiatan tersebut menunjukkan keterpaduan keterampilan berbicara dan menulis. No 36. a. Salah, karena hal tersebut bukan merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus menulis. b. Benar, karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus berbicara. c. Salah, karena kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus sastra. d. Salah, karena kegiatan tersebut hanya memfokuskan pada keterampilan menyimak saja. No 37. a. Salah, karena hal tersebut merupakan cara membatasi tema. b. Salah, karena hal tersebut adalah cara membatasi tema. c. Salah, karena hal tersebut juga cara membatasi tema. d. Benar, karena menentukan tema sesuai dengan keahlian merupakan cara memilih tema. No 38. a. Benar, hal tersebut merupakan jenis karangan narasi sugestif. b. Salah, karena pernyataan tersebut merupakan jenis karangan narasi ekspositoris. c. Salah, karena hal tersebut merupakan jenis karangan narasi ekspositoris. d. Salah, karena hal tersebut merupakan jenis karangan narasi ekspositoris. No 39. a. Benar, contoh kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus berbicara. b. Salah, karena kegiatan tersebut kegiatan menulis (puisi). c. Salah, karena contoh kegiatan tersebut bukan merupakan keterpaduan keterampilan membaca dan menulis. d. Salah, karena contoh kegiatan tersebut bukan merupakan keterpaduan keterampilan membaca dan berbicara. No 40. a. Benar, kegiatan tersebut merupakan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus berbicara. b. Salah, karena kegiatan tersebut hanya menggunakan keterampilan berbicara. c. Salah, karena kegiatan tersebut hanya menggunakan keterampilan membaca berbicara. d. Salah, karena dalam kegiatan tersebut hanya menggunakan keterampilan menyimak.

No comments:

Post a Comment