Sunday, June 10, 2012

Soal Ujian Perspektif Pendidikan di SD PDGK4104 (bagian 2)


No 11.
Misi pendidikan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan & kualitas proses pendidikan, adalah….
A.      pelaksanaan pengawasan dalam sistem pendidikan nasional
B.      pemberdayaan peran masyarakat, serta penyediaan sarana belajar yang mendidik
C.      pelaksanaan wajib belajar, dan pelaksanaan otonomi manajemen pendidikan
D.      mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral

No 12.
Berbagai strategi pembangunan dalam pembaharuan sistem pendidikan yang tertuang dalam penjelasan umum UU SISDIKNAS 20/2003, adalah ....
A.      pengembangan kurikulum berbasis kompetensi
B.      mengupayakan perluasan untuk memperoleh pendidikan yang bermutu
C.      pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu
D.      memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh

No 13.
Prisip pengembangan Beragam & terpadu pada kurikulum sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003 adalah….
A.      memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik
B.      mendorong peserta didik untuk mengikuti perkembangan teknologi
C.      mengembangkan potensi peserta didik
D.      substansi kurikulum mencakup dimensi kompetensi

No 14.
Gizi sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Hal ini ditunjukkan ….
A.      pertumbuhan anak akan terhambat apabila kekurangan gizi dalam asupan makanannya
B.      fisik anak sesuai dengan fisik kedua orang tuanya.
C.      oleh gangguan emosional yang dapat menyebabkan terbentuknya steroid adrenal yang berlebihan
D.      tinggi badan anak perempuan pada usia 11-12 tahun akan lebih tinggi dari anak laki-laki

No 15.
Sebuah keluarga nampak hidupnya damai dan sejahtera. Nampak anak dan kedua orang tuanya hubungannya dekat dan saling terbuka, Nampak anaknya merasa nyaman dekat orang tuanya.Kasus tersebut menunjukkan keluarga yang….
A.      otoriter
B.      bahagia
C.      permisif
D.      sejahtera

No 16.
Motivasi berteman anak SD menurut Harry Stack Sullivan, yang termasuk tahap balas jasa adalah….
A.      saling berbagi perasaan, saling bercanda
B.      kadang-kadang bertengkar, tapi baikan kembali
C.      mendapatkan teman karena adanya suatu kepentingan rasa keadilan
D.      menghargai teman sebagai individu, bukan karena status ekonomi.

No 17.
Berikut adalah contoh prilaku anak SD yang memiliki kematangan perkembangan intelektual berdasarkan beberapa percobaan konservasi Piaget seriasi yaitu….
A.      anak sedang menyusun gelas dari ukuran kecil hingga yang berukuran besar, atau sebaliknya.
B.      anak dapat mengelompokkan macam-macam benda berdasarkan bentuk dan cirri-ciri dari masing-masing benda tersebut
C.      anak menyebut temannya satu persatu sambil menyampaikan ciri-cirinya yang dimiliki oeh masing-masing dari temannya
D.      anak diberi gelas yang berbeda bentuknya , kemudian di isi air yang volumenya sama, selanjutnya anak suru member komenta

No 18.
Berikut adalah contoh yang benar bentuk prilaku anak berdasarkan fungsi bahasa untuk mempengaruhi orang lain....
A.      Nina pulang sekolah bilang pada ibunya bahwa dia tadi pagi ketemu bibiknya sedang menyeberang jalan di depan pasar
B.      Yaa! Hpku ketinggalan, padahal saya akan menghubungi teman “ Kata Bu Tatk yang Nampak kecewa”
C.      Ma..ma..ma..ma terdengar suara bayi yang melihat Ibunya yang melintas di depannya
D.      Nampak bayi sedang menangis, kemudian Ibunya menghampirinya dan langsung memberi susu ketika itu juga bayi diam dari

No 19.
Berikut adalah contoh ekspresi anak sedang berceloteh ....
A.      Seorang bayi waktu melihat mamanya membawa makanan spontan mengucap ma-em-ma-em
B.      Tatik anak usia 2 tahun saat makan pisang. Dihampiri temannya.Sontan Tatik bicara:mau piasng!
C.      Wina waktu bermain dengan teman sekolahnya asyik membicarakan PR yang matematika
D.      Seorang bayi menggeliat sambil menangis ketika akan disuapi oleh Ibunya

No 20.
Berikut adalah contoh yang benar penerapan metode bermain untuk perkembangan agama anak SD ....
A.      Waktu anak diajak ke kebun binatang guru di tengah perjalanan memberitahukan pada siswa agar mengamati keistimewaan hewan yang ada di kebun binatang sebagai ucapan syukur kepada Yang Maha Kuasa
B.      Waktu istirahat guru menghampiri siswa yang sedan meniup balon, sambil berkata minta bantuan teman agar kamu tidak merasa kelelehan meniup balon sendiri . Itulah perlunyaberteman!
C.      Guru bersama anak saat membicarakan kisah si Maling kondang memperingatkan anak jangan berani pada kedua orang tua.
D.      Waktu pelajaran agama guru menyontohkan cara mengambil air wudhu yang benar

No comments:

Post a Comment