Wednesday, May 16, 2012

Soal Ujian Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK4302 (bagian 4)


No 31.
Contoh belajar mandiri yang disesuaikan dengan kondisi sekoplah didaerah pantai adalah....
A.      budidaya laut.
B.      bercocok tanam.
C.      berkebun.
D.      memanfaatkan hasil hutan.

No 32.
Perlengkapan dan sumber belajar yang dapat digunakan untuk mengembangkan pusat sumber belajar adalah....
A.      guru yang tidak menguasai materi.
B.      media elektronik.
C.      kantin.
D.      dukungan orang tua siswa.

No 33.
Hal yang dapat dipertimbangkan dalam menentukan lingkungan sebagai sumber belajar adalah sebagai berikut....
A.      mudah dijangkau.
B.      aman.
C.      berkaitan dengan materi yang diajarkan.
D.      memerlukan biaya tingga.

No 34.
Apabila ingin memperkenalkan tentang cara menabung kepada anak, maka yang dapat dijadikan sumber belajar adalah....
A.      posyandu.
B.      bank.
C.      puskesmas.
D.      wartel.

No 35.
Di kalangan tokoh masyarakat sebagai nara sumber, yang dapat dijadikan sumber belajar diantaranya adalah....
A.      tutor sebaya.
B.      budayawan.
C.      kakak kelas.
D.      pesuruh sekolah.

No 36.
Yang dapat dijadikan nar sumber pada waktu anak melakukan pengatan tentang terjadinya banjir adalah....
A.      adat istiadat.
B.      sosial budaya.
C.      lingkungan alam.
D.      lembaga pemerintahan.

No 37.
Prosedur dasar atau urutan langkah dalam pengembangan kerangka rencana pembelajaran sesuai dengan KTSP adalah....
A.      menentukan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator atau tujuan pembelajaran, pengalaman belajar dan proses pembelajaran.
B.      indikator atau tujuan pembelajaran, pengalaman belajar dan proses belajaran, kompetensi dasar, standar kompetensi.
C.      kompensi dasar, standar kompetensi, indikator atau tujuan pembelajaran, pengalaman belajar dan proses pembelajaran.
D.      indikator atau tujuan pembelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, pengalaman belajar dan proses pembelajaran.

No 38.
Bu Dini mengajar mata pelajaran PPKn kelas 4, jika rumusan indikatornya berbunyi siswa dapat melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara di lingkungan desa dan kecamatan, maka pengalaman belajar siswa yang harus dirancang oleh guru di kelas berdasarkan PKR tersebut adalah siswa secara....
A.      perseorangan membuat karangan tentang" menjaga kebersihan lingkungan"
B.      berkelompok berdiskusi tentang lingkungan.
C.      mandiri mengerjakan tugas.
D.      perseorangan membuat kliping tokoh- tokoh masyarakat.

No 39.
Guru perlu memanfaatkan sarana pendukung belajar murid yang tersedia atau dapat diadakan. Pernyataan tersebut merupakan....
A.      prinsip pemetaan materi
B.      tujuan pemetaan materi.
C.      fungsi pemetaan materi.
D.      dasar pemetaan materi.

No 40.
Pada waktu bersamaan Bu Denta mengajar mata pelajaran PPKn dengan topik" Hidup rukun" di kelas 1, kelas 4, dan kelas 5. Berdasarkan topik tersebut materi yang sesuai untuk kelas 1 adalah....
A.      bekerja bakti di lingkungan RT.
B.      perayaan natal bersama.
C.      bermain bersama.
D.      toleransi beragama.

No 41.
Murid memahami konsep baru atau menguasai keterampilan, guru memantau dan selanjutnya murid berlatih di luar kelas. Kegiatan tersebut sesuai dengan model Weil M & Mc Greal, yaitu merupakan bentuk latihan....
A.      bebas.
B.      terbimbing.
C.      terstruktur.
D.      pengembang.

No 42.
Dalam proses pembelajaran, di kelas 4 Bu nina menugaskan murid- murid berdiskusi secara kelompok dengan materi bahasan IPA. Setelah menyelesaikan diskusi, murid ditugaskan untuk memaparkan hasil diskusinya dan guru, guru memberi balikan hasil diskusi murid tersebut. Kegiatan tersebut di atas merupakan bentuk latihan ....
A.      mandiri.
B.      terbimbing.
C.      terstruktur.
D.      pengembangan.

No comments:

Post a Comment