No 31.
A.
Salah, karena nilai kepuitisan tidak semata-mata
ditentukan atas dasar kesejarahan
B. Benar, karena unsur sejarah menjadi tanda
budaya yang menentukan nilai sebuah puisi
C.
Salah, opsi tersebut masih abstrak
D.
Salah, penafsiran puisi tidak hanya ditentukan
atas dasar kesejarahan
No 32.
A.
Salah, karena lapis bunyi berkenaan dengan lapis
pengungkapan pembacaan puisi
B.
Salah, karena lapis bunyi berkenaan dengan lapis
pengungkapan penafsiran puisi
C. Benar, karena dunia pengarang menggambarkan
bagaimana pengarang melahirkan gagasan yang diwujudkan dalam puisi
D.
Salah, karena lapis bunyi berkenaan dengan lapis
pengungkapan pemaknaan puisi
No 33.
A.
Salah, karena dalam tiap larik puisi tersebut
tidak menggambarkan penemuan jati diri
B.
Salah, karena dalam tiap larik puisi tersebut
tidak menggambarkan unsur pengangguran
C.
Salah, karena dalam tiap larik puisi tersebut
tidak menggambarkan unsur percintaan
D. Benar, karena tiap barisnya menggambarkan
tentang penyesalan
No 34.
A.
Salah, karena opsi tersebut merupakan pengertian
drama secara umum menurut Luxenburg
B.
Salah, karena opsi tersebut merupakan pengertian
drama secara umum menurut Kamus
C. Benar, karena drama anak-anak memang
berfokus pada anak-anak sebagai tokohnya
D.
Salah, karena opsi tersebut merupakan pengertian
drama secara umum menurut Sumardjo dan Saini KM
No 35.
A. Betul, karena tablo adalah drama tanpa
gerak
B.
Salah, karena opsi tersebut merupakan definisi pantomime
C.
Salah, karena opsi tersebut merupakan definisi
sandiwara boneka
D.
Salah, karena opsi tersebut merupakan definisi
drama kreatif
No 36.
A.
Salah, karena konflik merupakan munculnya
permasalahan
B.
Salah, karena antiklimaks adalah kondisi ketika
ketegangan menurun
C.
Salah, karena penyelesaian adalah
peleraian/pemecahan masalah
D. Benar, karena puncak ketegangan drama anak
disebut klimaks
No 37.
A.
Salah, karena opsi tersebut merupakan manfaat
estetis
B. Benar, karena kepekaan batin memberi upaya
untuk selalu mengesah kepekaan social
C.
Salah, karena opsi tersebut merupakan manfaat
pendidikan
D.
Salah, karena opsi tersebut merupakan manfaat
kepribadian
No 38.
A. Benar, karena kejelasan watak merujuk pada
pendeskripsian tokoh secara sederhana
B.
Salah, karena pemunculan tokoh yang mudah
diikuti tidak berkenaan dengan keterbacaan memilih drama anak
C.
Salah, karena pendeskripsian secara sedarhana
tidak berkenaan langsung dengan keterbacaan memilih drama anak
D.
Salah, karena pemunculan perilaku sederhana
justru tidak berkenaan dengan kejelasan watak, melainkan pemudahan karakter
pemeran
No 39.
A.
Salah, karena mendengarkan cerita radio
merupakan aspek reseptif
B.
Salah, karena membaca cerita melalui buku cerita
merupakan aspek reseptif
C.
Salah, karena melihat pementasan melalui
televisi merupakan aspek reseptif
D. Benar, karena ini ukuran minimal tempat
ancang-ancang lompat galah
No 40.
A.
Salah, karena keberhasilan Hasan tidak
semata-mata karena ide cemerlang Badu
B.
Salah, karena juka hanya suara tentu akan
dikenali
C.
Salah, karena segala arahan akan sia-sia jika si
Hasan tidak berperan dengan baik
D. Benar, karena penyamaran dan bungkukan
badan Hasan telah berhasil
No comments:
Post a Comment