Thursday, April 26, 2012

Soal Ujian Pend. Seni PDGK4207 (bagian 5)


41.          Model pembelajaran seni yang didominan dengan aktivitas penciptaan atau produksi karya seni, seperti bermain musik secara berkelompok mengiringi sebuah tarian ciptaan siswa-siswa sendiri atau membuat mural di lingkungan sekolah sebagai projek kelas 5 adalah bentuk model pembelajaran seni yang disebut dengan model ....
A.      lima
B.      empat
C.      enam
D.      tujuh

42.          Karakteristik pembelajaran terpadu yang paling menonjol adalah memadukan materi beberapa mata pelajaran (sesuai dengan topik dan tema yang ada dalam kurikulum) berdasarkan ….
A.      kreatif
B.      integratif
C.      bermain
D.      teamwork

43.          Karakteristik pembelajaran terpadu yang paling menonjol adalah memadukan materi beberapa mata pelajaran (sesuai dengan topik dan tema yang ada dalam kurikulum) berdasarkan .…
A.      sifat dan fungsi materi
B.      ruang lingkup materi
C.      metode yang digunakan
D.      meida yang dipilih
44.          Yang dimaksud dengan single subject matter adalah materi pelajaran dikemas atau diberikan dalam bentuk ….
A.      penampilan utuh yang tidak dimuat dalam beberapa penggalan pengetahuan
B.      secara terpisah-pisah dengan disiplin ilmu yang sama
C.      secara terpisah-pisah dengan disiplin ilmu yang tersendiri
D.      penampilan utuh yang memuat beberapa penggalan pengetahuan

45.          Pemberian materi dari beberapa mata pelajaran tanpa melihat ketrkaitan konsep antara satu mata pelajaran dengan pelajaran yang lain adalah pengembangan materi pelajaran dalam model pembeljaran terpadu yang bersifat ....
A.      horizontal
B.      Vertikal             
C.      single subject                  
D.      integrated subject

46.          Keterampilan menata meja makan pada mata pelajaran KTK agar tampak serasi, indah, dan nyaman akan memerlukan keterampilan (teknik) mengkomposisi ruang di atas meja makan dengan objek-objeknya (sendok, garpu, gelas, piring, serbet, dsb.nya) yang pengetahuan tersebu berasal dari seni rupa, merupakan salah satu contoh dari pembelajaran terpadu model ....
A.      connected
B.      Immersed  
C.      Shared
D.      integrated

47.          Pembelajaran seni yang bertujuan agar siswa mempunyai pengalaman estetika dalam mengolah media dalam mencipta atau memproduksi karya seni, seperti bernyanyi, melukis, atau menari akan diperoleh melalui ….
A.      aktivitas praktek
B.      pilihan media
C.      kualitas nilai
D.      jenis pengalaman

48.          Dalam sebuah pelajaran musik, siswa terlibat dalam aktivitas menciptakan sebuah iringan musik ritmik untuk sebuah tarian. Model pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran yang menggunakan pendekatan ....
A.      Definitif
B.      Partisipatif
C.      Eksploratif
D.      dekoratif

49.          Bentuk pembelajaran seni terpadu yang disajikan kepada siswa berdasarkan kesamaan minat dan potensi mereka, adalah bentuk pembelajaran seni terpadu yang memadukan ….
A.      pembelajaran
B.      kurikulum
C.      kelas
D.      konsep

50.          Ketika guru dapat menyatukan beberapa gagasan atau ide yang terdapat dalam seni rupa, musik, dan tari sekaligus, guru tersebut bermaksud menyelenggarakan model pembelajaran seni terpadu berdasarkan ....
A.      keterpaduan konsep        
B.      keterpaduan mata pelajaran          
C.      keterpaduan kelas              
D.      keterpaduan tujuan

No comments:

Post a Comment