31.
Unsur kesejarahan puisi muncul sebagai salah
satu unsur ekstrinsik karena ....
A.
unsur kesejarahan menjadi unsur penentu nilai
kepuitisan puisi
B.
unsur kesejarahan menjadi satu tanda budaya yang
berkembang pada saat puisi dicipta penyair
C.
tanpa kesejarahan puisi sulit untuk lahir
D.
tanpa kesejarahan puisi sulit ditafsirkan
32.
Apa yang dituliskan dalam puisi tidak
menggambarkan apa yang dialami pengarang karena sering kali ide yang ada
merupakan imajinasi pengarang. Hal ini menandakan bahwa puisi memang terbentuk
oleh lapis ….
A.
bunyi
B.
arti
C.
dunia pengarang
D.
makna
33. Pagiku
hilang sudah melayang
Hari mudaku telah pergi
Kini petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Kutipan puisi tersebut menggambarkan
sebuah tema yang menceritakan tentang ....
A.
penemuan jati diri
B.
pengangguran
C.
percintaan
D.
penyesalan
34.
Yang dimaksud drama anak-anak adalah ....
A.
teks yang bersifat dialog dan isinya
membentangkan alur
B.
karya sastra yang bertujuan menggambarkan
kehidupan dengan mengemukakan tikaian
C.
proses lakuan yang menempatkan anak sebagai
tokoh
D.
karya sastra yang penikmatannya dengan
dipentaskan
35.
Yang dimaksud dengan drama tablo adalah drama
yang dipentaskan ....
A.
tanpa gerak dan pengucapan kata oleh para pelaku
dengan komposisi sikap para pelaku serta diikutkan oleh seorang narator untuk
memberi prolog
B.
sama sekali tidak mengucapkan kata, tetapi hanya
menggunakan sikap dan gerak serta diiringi musik
C.
dengan pemeran menggunakan bentuk boneka yang
pada dasarnya hanya mewakili pemeran yang sebenarnya
D.
secara informal yang dibuat oleh anak untuk
partisipan
36.
Tahapan rangkaian peristiwa dalam drama
anak-anak yang menimbulkan puncak ketegangan disebut ….
A.
konflik
B.
antiklimaks
C.
penyelesaian
D.
klimaks
37.
Yang dimaksud manfaat kepekaan batin atau sosial
adalah manfaat yang ....
A.
menceritakan keindahan yang melekat pada sastra
anak
B.
memberi upaya untuk selalu mengasah kepekaan
sosial agar mudah tersentuh oleh hal-hal yang bersifat batiniah
C.
memberi berbagai informasi tentang proses
perubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok melalui pembelajaran dan
latihan
1.
memberi tambahan informasi, pengetahuan,
pengelaman hidup, dan pandangan tentang kehidupan
38.
Yang dimaksud dengan kejelasan watak dalam
kriteria keterbacaan memilih drama anak adalah adanya ....
A.
tokoh-tokoh yang dideskripsikan secara sederhana
B.
pemunculan perilaku yang mudah diikuti
C.
pendeskripsian tanpa menimbulkan kesulitan
penafsiran
D.
pemunculan perilaku yang sederhana
39.
Apresiasi reseptif dilakukan dengan cara
mendengarkan atau menyimak dan membaca cerita, sedangkan aspek produktif
dilakukan dengan ....
A.
mendengarkan cerita melalui radio
B.
membaca cerita melalui buku cerita
C.
melihat pementasan melalui televisi
D.
membuat sinopisi sebuah drama
40.
Badu Ingat! Kan sekarang yang ada si Rahim,
bukan Hasan Lagi. Hasan: Saya yakin, begitu melihat aku, Ibu akan mengenali
aku. Badu :Ubahlah suaramu, kecilkan sedikit, dan agak sedikit bungkukan
badanmu ! Nah, tuh Ibu datang, bersiap-siaplah. Ibu masuk Badu: Permisi, saya
telah membawa anak itu. Inilah si Rahim, Bu. Hasan : (dengan suara dibuat-buat)
Selamat siang Bu! Ibu: Aih, si Rahim, kau telah datang lebih cepat ya! Lho,
tapi mana si Hasan! Atas dasar kutipan tersebut, dapat diparafrasekan bahwa Ibu
tidak lagi mengenali Hasan karena ....
A.
Badu telah memiliki ide cemerlang
B.
suara Hasan telah diubah
C.
Badu telah mengarahkan Hasan dengan baik
D.
penyamaran suara dan bungkukan badan Hasan telah
berhasil dengan baik
No comments:
Post a Comment