Saturday, April 28, 2012

Soal Ujian Bhs dan Sastra Indonesia PDGK4109 (bagian 4)


31.     Unsur kesejarahan puisi muncul sebagai salah satu unsur ekstrinsik karena ....
A.        unsur kesejarahan menjadi unsur penentu nilai kepuitisan puisi
B.         unsur kesejarahan menjadi satu tanda budaya yang berkembang pada saat puisi dicipta penyair
C.         tanpa kesejarahan puisi sulit untuk lahir
D.        tanpa kesejarahan puisi sulit ditafsirkan

32.     Apa yang dituliskan dalam puisi tidak menggambarkan apa yang dialami pengarang karena sering kali ide yang ada merupakan imajinasi pengarang. Hal ini menandakan bahwa puisi memang terbentuk oleh lapis ….
A.        bunyi
B.         arti
C.         dunia pengarang
D.        makna

33.     Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku telah pergi
Kini petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Kutipan puisi tersebut menggambarkan sebuah tema yang menceritakan tentang ....
A.        penemuan jati diri
B.         pengangguran
C.         percintaan
D.        penyesalan

34.     Yang dimaksud drama anak-anak adalah ....
A.        teks yang bersifat dialog dan isinya membentangkan alur
B.         karya sastra yang bertujuan menggambarkan kehidupan dengan mengemukakan tikaian
C.         proses lakuan yang menempatkan anak sebagai tokoh
D.        karya sastra yang penikmatannya dengan dipentaskan

35.     Yang dimaksud dengan drama tablo adalah drama yang dipentaskan ....
A.        tanpa gerak dan pengucapan kata oleh para pelaku dengan komposisi sikap para pelaku serta diikutkan oleh seorang narator untuk memberi prolog
B.         sama sekali tidak mengucapkan kata, tetapi hanya menggunakan sikap dan gerak serta diiringi musik
C.         dengan pemeran menggunakan bentuk boneka yang pada dasarnya hanya mewakili pemeran yang sebenarnya
D.        secara informal yang dibuat oleh anak untuk partisipan

36.     Tahapan rangkaian peristiwa dalam drama anak-anak yang menimbulkan puncak ketegangan disebut ….
A.        konflik
B.         antiklimaks
C.         penyelesaian
D.        klimaks

37.     Yang dimaksud manfaat kepekaan batin atau sosial adalah manfaat yang ....
A.        menceritakan keindahan yang melekat pada sastra anak
B.         memberi upaya untuk selalu mengasah kepekaan sosial agar mudah tersentuh oleh hal-hal yang bersifat batiniah
C.         memberi berbagai informasi tentang proses perubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok melalui pembelajaran dan latihan
1.         memberi tambahan informasi, pengetahuan, pengelaman hidup, dan pandangan tentang kehidupan

38.     Yang dimaksud dengan kejelasan watak dalam kriteria keterbacaan memilih drama anak adalah adanya ....
A.        tokoh-tokoh yang dideskripsikan secara sederhana
B.         pemunculan perilaku yang mudah diikuti
C.         pendeskripsian tanpa menimbulkan kesulitan penafsiran
D.        pemunculan perilaku yang sederhana
39.     Apresiasi reseptif dilakukan dengan cara mendengarkan atau menyimak dan membaca cerita, sedangkan aspek produktif dilakukan dengan ....
A.        mendengarkan cerita melalui radio
B.         membaca cerita melalui buku cerita
C.         melihat pementasan melalui televisi
D.        membuat sinopisi sebuah drama

40.     Badu Ingat! Kan sekarang yang ada si Rahim, bukan Hasan Lagi. Hasan: Saya yakin, begitu melihat aku, Ibu akan mengenali aku. Badu :Ubahlah suaramu, kecilkan sedikit, dan agak sedikit bungkukan badanmu ! Nah, tuh Ibu datang, bersiap-siaplah. Ibu masuk Badu: Permisi, saya telah membawa anak itu. Inilah si Rahim, Bu. Hasan : (dengan suara dibuat-buat) Selamat siang Bu! Ibu: Aih, si Rahim, kau telah datang lebih cepat ya! Lho, tapi mana si Hasan! Atas dasar kutipan tersebut, dapat diparafrasekan bahwa Ibu tidak lagi mengenali Hasan karena ....
A.        Badu telah memiliki ide cemerlang
B.         suara Hasan telah diubah
C.         Badu telah mengarahkan Hasan dengan baik
D.        penyamaran suara dan bungkukan badan Hasan telah berhasil dengan baik

No comments:

Post a Comment