Thursday, April 5, 2012

Perkembangbiakan Vegetatif Buatan pada Tumbuhan


(a) Okulasi atau menempel
Okulasi yaitu menempelkan batang yang memiliki tunas pada pohon lain yang sejenis. Tanaman yang diambil tunasnya biasanya memiliki keunggulan. Keunggulan tersebut antara lain tanamannya lebih kuat, buahnya lebih besar, dan tahan penyakit. Contohnya okulasi tanaman singkong karet dengan singkong biasa.


(b) Mengenten atau menyambung
Mengenten yaitu menyambung satu batang tanaman dengan batang bawah tanaman lainnya. Contohnya dilakukan pada tanaman rambutan dan tanaman ace binjai.


(c) Stek
Pembiakan dengan cara stek ada 2, yaitu stek batang dan stek daun. Pembiakan dengan stek yaitu dengan cara memotong batang tanaman induk yang telah tua. Potongan batang tersebut harus mempunyai buku, agar dapat tumbuh. Contoh: stek batang singkong dan tebu.


(d) Mencangkok
Pembiakan dengan mencangkok hanya dapat dilakukan pada tumbuhan dikotil. Langkah awal mencangkok yaitu menghilangkan sebagian kulit batang serta kambiumnya. Setelah cambium hilang, batang ditutup dengan tanah. Dengan perawatan yang baik, bagian atas kulit batang yang disayat akan tumbuh akar. Kemudian, bagian batang tersebut dipotong dan ditanam dalam tanah. Contohnya pada pohon mangga, durian, dan rambutan.




(e) Merunduk
Merunduk yaitu menimbun bagian cabang yang tumbuh memanjang di permukaan tanah. Bagian cabang yang tumbuh memanjang dibenamkan di bawah tanah. Bagian yang terbenam tanah ini dapat tumbuh akar baru. Contoh: anggur, apel, alamanda, dan anyelir.



2 comments:

  1. Thank You info nya.
    ngbntu bget, ada tugas PLH nih sob,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap gan.......

      Tambah Lagi donk Koleksinya gan...
      Biar Tambah Betah nongkrongnya hehe...

      Mampir di blog saya ya.......

      ===================
      rt1.rw11.com ato
      www.rt1.rw11.com
      ===================

      sama bro, tinggal copy paste di browser.

      dijamin ga nyesel seumur hidup dech
      " RAHASIA JADI LAKI2 SEJATI " dibuka blak2an bro
      Ga Pake Teori2 basi, Langsung Jossss...

      Salam Sukses aja buat agan....
      Semoga blog dan iklannya tambah ramai

      =======>>> Trima Kasih Gan

      Delete