Tuesday, March 27, 2012

Lembar Refleksi PKM


LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

Nama                          
NIM                           
Program Studi             : S-1 PGSD
UPBJJ                        

A.    Refleksi Komponen
1.      Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik?
Saya merasa dalam membuka pelajaran saya  dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti pelajaran.

2.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan? (Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa?)
Materi yang saya ajarkan sudah sesuai dengan sebagian besar kemampuan awal siswa.

3.      Bagaimana respons siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan? (Apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang diajarkan?)
Saya tidak menggunakan media karena metode yang saya gunakan ceramah dan Tanya jawab tentang peristiwa yang terjadi di sekolah, serta metode latihan dimana siswa disuruh menjelaskan peristiwa secara runtut baik secara lisan maupun tulisan.

4.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang telah saya rancang?
Mereka bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar yang saya rancang.

5.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan?
Tanggapan siswa positif dengan bukti mereka sangat antusias mengikuti kegiatan belajar.

6.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas (perlakuan saya terhadap siswa, cara saya mengatasi masalah, memotivasi siswa) yang saya lakukan?
Terkadang saya merasa kesulitan mengelola kelas. Hal ini dikarenakan kelas yang saya ajar merupakan kelas dengan jumlah murid yang besar (40 anak).

7.      Apakah siswa dapat menangkap penjelasan/instruksi yang saya berikan dengan baik?
Ya, siswa dapat menangkap penjelasan saya.

8.      Bagaimanakah tanggapan siswa terhadap latihan atau penilaian yang saya berikan?
Siswa merasa puas dengan latihan dan penilaian saya.

9.      Apakah siswa telah mencapai penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan?
Sekitar 90% siswa telah mencapai penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan. Untuk yang 10% diadakan remedia hingga mereka menguasai.

10.  Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik?
Saya masih kurang dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik terutama dalam kegiatan inti berupa Tanya jawab. Hal ini dikarenakan untuk anak yang kemampuannya rendah menjawabnya sangat lambat hingga waktu habis belum selesai.

11.  Apakah kegiatan menutup pelajran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang saya sampaikan?
Menurut saya sudah.

B.     Refleksi Menyeluruh
1.      Apakah rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya? (Jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik?)
Belum, karena perbedaan kemampuan anak sangat mencolok, hingga dalam menangkap pelajaran ada yang dengan mudah dan ada yang sangat lambat. Namun dengan penyesuaian rencana pembelajaran maka kegiatan belajar dapat berjalan dengan lancer.

2.      Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran? Dalam hal apa saja penguasaan materi, penggunaan bahan dan media, penataan kegiatan, penggunaan metode dan teknik pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar?
Kelemahannya terdapat pada pengelolaan kelas dan penggunaan waktu.

3.      Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut dan bagaimana memperbaikinya ke depan?
Kelemahannya terdapat pada pengelolaan kelas karena kelas sangat besar (40 anak), penggunaan waktu karena terdapat perbedaan kemampuan anak yang sangat mencolok.

4.      Apakah kekuatan saya atau hal-hal baik yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?
Kekuatannya terdapat pada penggunaan metode dan teknik pembelajaran, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, serta penilaian.

5.      Apa penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?
Kekuatannya terdapat pada penggunaan metode dan teknik pembelajaran karena siswa sangat antusias mengikuti kegiatan belajar, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa karena mereka mengikuti pelajaran dengan baik dan menanggapi pertanyaan dengan semangat, serta penilaian yang saya berikan memuaskan mereka.

6.      Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan?
Dengan merancang rencana pembelajaran semenarik mungkin hingga mereka tetap antusias mengikuti kegiatan belajar.

7.      Hal-hal unik (positif atau negatif) apa yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan?
Melakukan Tanya jawab dengan siswa mengenai peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut.

8.      Ketika ditanya tentang dasar dan alasan pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan, apakah saya dapat mempertanggungjawabkannya secara ilmiah dan moral?
Ya, karena itu saya lakukan dengan sadar.

No comments:

Post a Comment