LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN
PEMBELAJARAN
Nama :
NIM :
Program Studi : S-1 PGSD
UPBJJ :
A. Refleksi Komponen
1.
Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat
mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik?
Saya merasa dalam membuka
pelajaran saya dapat mengarahkan dan
mempersiapkan siswa untuk mengikuti pelajaran.
2.
Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang
saya sajikan sesuai dengan yang diharapkan? (Apakah materi terlalu tinggi,
terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa?)
Materi yang saya ajarkan
sudah sesuai dengan sebagian besar kemampuan awal siswa.
3.
Bagaimana respons siswa terhadap media pembelajaran yang
digunakan? (Apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai
kompetensi/materi yang diajarkan?)
Saya tidak menggunakan
media karena metode yang saya gunakan ceramah dan Tanya jawab tentang peristiwa
yang terjadi di sekolah, serta metode latihan dimana siswa disuruh menjelaskan
peristiwa secara runtut baik secara lisan maupun tulisan.
4.
Bagaimana tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang
telah saya rancang?
Mereka bersemangat dalam
mengikuti kegiatan belajar yang saya rancang.
5.
Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik
pembelajaran yang saya gunakan?
Tanggapan siswa positif
dengan bukti mereka sangat antusias mengikuti kegiatan belajar.
6.
Bagaimana tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas
(perlakuan saya terhadap siswa, cara saya mengatasi masalah, memotivasi siswa)
yang saya lakukan?
Terkadang saya merasa
kesulitan mengelola kelas. Hal ini dikarenakan kelas yang saya ajar merupakan
kelas dengan jumlah murid yang besar (40 anak).
7.
Apakah siswa dapat menangkap penjelasan/instruksi yang saya
berikan dengan baik?
Ya, siswa dapat menangkap
penjelasan saya.
8.
Bagaimanakah tanggapan siswa terhadap latihan atau penilaian
yang saya berikan?
Siswa merasa puas dengan
latihan dan penilaian saya.
9.
Apakah siswa telah mencapai penguasaan kemampuan yang telah
ditetapkan?
Sekitar 90% siswa telah
mencapai penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan. Untuk yang 10% diadakan
remedia hingga mereka menguasai.
10.
Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu
pembelajaran dengan baik?
Saya masih kurang dapat
mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik terutama dalam
kegiatan inti berupa Tanya jawab. Hal ini dikarenakan untuk anak yang
kemampuannya rendah menjawabnya sangat lambat hingga waktu habis belum selesai.
11.
Apakah kegiatan menutup pelajran yang saya gunakan sudah
dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang saya
sampaikan?
Menurut saya sudah.
B. Refleksi Menyeluruh
1.
Apakah rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan
sebagaimana mestinya? (Jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan
penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik?)
Belum, karena perbedaan
kemampuan anak sangat mencolok, hingga dalam menangkap pelajaran ada yang
dengan mudah dan ada yang sangat lambat. Namun dengan penyesuaian rencana
pembelajaran maka kegiatan belajar dapat berjalan dengan lancer.
2.
Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan
pembelajaran? Dalam hal apa saja penguasaan materi, penggunaan bahan dan media,
penataan kegiatan, penggunaan metode dan teknik pembelajaran, penataan
kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa,
penggunaan waktu, serta penilaian belajar?
Kelemahannya terdapat pada
pengelolaan kelas dan penggunaan waktu.
3.
Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut dan bagaimana
memperbaikinya ke depan?
Kelemahannya terdapat
pada pengelolaan kelas karena kelas sangat besar (40 anak), penggunaan waktu
karena terdapat perbedaan kemampuan anak yang sangat mencolok.
4.
Apakah kekuatan saya atau hal-hal baik yang telah saya capai
dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?
Kekuatannya terdapat pada
penggunaan metode dan teknik pembelajaran, komunikasi dan pendekatan terhadap
siswa, serta penilaian.
5.
Apa penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai
dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?
Kekuatannya terdapat pada
penggunaan metode dan teknik pembelajaran karena siswa sangat antusias
mengikuti kegiatan belajar, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa karena
mereka mengikuti pelajaran dengan baik dan menanggapi pertanyaan dengan
semangat, serta penilaian yang saya berikan memuaskan mereka.
6.
Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat
dipertahankan bahkan ditingkatkan?
Dengan merancang rencana
pembelajaran semenarik mungkin hingga mereka tetap antusias mengikuti kegiatan
belajar.
7.
Hal-hal unik (positif atau negatif) apa yang terjadi dalam
pembelajaran yang saya lakukan?
Melakukan Tanya jawab
dengan siswa mengenai peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut.
8.
Ketika ditanya tentang dasar dan alasan pengambilan
keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan, apakah saya dapat
mempertanggungjawabkannya secara ilmiah dan moral?
Ya, karena itu saya
lakukan dengan sadar.
No comments:
Post a Comment