Tuesday, March 27, 2012

Latar Belakang PKM


Perkembangan zaman yang ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selalu membawa dampak bagi kehidupan manusia, baik dampak positif,  misalnya perbaikan kualitas hidup manusia ataupun dampak negative, seperti krisis moral dan turunnya nilai-nilai kemanusiaan. Pengembangna serta alih pengetahuan dan nilai-nilai yang berlaku dalam kehidupan manusia terjadi melalui pendidikan. Selain itu, melalui pendidikan pula dampak negative perkembangan zaman dapat dicegah dan diatasi. Profesi yang paling berperan dalam dunia pendidikan adalah guru, sehingga dengan kata lain guru mempunyai posisi vital dalam perkembangan kehidupan manusia yang dinamis ini. Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kualifikasi pendidikan guru harus selalu ditingkatkan guna menghasilkan generasi yang lebih baik di hari kemudian.
Peningkatan kualifikasi pendidikan guru di tingkat Sekolah Dasar diharapkan mampu meningkatkan kemampuan professional mengajar guru. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat profesi mengajar merupakan pekerjaan yang tidak mudah dilakukan. Mengajar bukanlah sekedar kegiatan rutin dan mekanis.Dalam mengajar terkandung kemampuan menganalisis kebutuhan siswa, mengambil keputusan apa yang harus dilakukan, merancang pembelajaran yang efektif dan efisien, mengaktifkan siswa melalui motivasi ekstrinsik dan intrinsic, mengevaluasi hasil belajar, serta mervisi pembelajaran berikutnya agar lebih efektif dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan demikian mengajar merupakan kegiatan manajerial yang harus dapat dilakukan secara professional. Bahkan mengajar bukan sekedar kegiatan manajerial yang berdampak untung dan rugi saja, seperti kegiatan dalam dunia bisnis. Mengajar menentukan masa depan peserta belajar sebab apa yang mereka terima dalam pembelajaran dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam kehidupan selanjutnya. Dengan kata lain apa yang dilakukan guru dalam pembelajaran berdampak dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu guru harus dapat mempertanggungjawabkan keputusannya secara moral, ilmiah, dan professional dalam meberikan pembelajaran. Begitu beratnya tugas seorang guru menyebabkan banyak pihak yang peduli terhadap pembinaan profesi keguruan melalui peningkatan kemampuan mengajarnya.
Mengingat peran guru sangat strategis dalam menyiapkan genegrasi unggulan pada masa mendatang maka guru dituntut untuk kreatif dan mau belajar terus-menerus atau menjadi pembelajar seumur hidup untuk meningkatkan mutu kemampuan mengajarnya. Atas dasar itu pula maka Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UT memandang penting disediakannya mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Melalui mata kuliah PKM mahasiswa dilatih dan dibekali dengan kebiasaan dan kemampuan menyelenggarakan program pembelajaran mulai dari mempersiapkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan memperbaiki pembelajaran di sekolah berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan bidang studi dan kependidikan-keguruan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

No comments:

Post a Comment