Saturday, March 24, 2012

Laporan Praktikum IPA Modul 5. Konveksi


PERCOBAAN 2: KONVEKSI
Kalor atau panas dapat berpindah melalui suatu zat yang disertai perpindahan partikel zat tersebut. Perpindahan kalor atau panas yang demikian ini dinamakan konveksi. Konveksi ini terjadi karena pemanasan yang mengakibatkan perbedaan massa jenis antara bagian zat yang panas dan bagian zat yang dingin.
Tujuan
1.   Menguji bahwa udara dapat mengalirkan panas.
2.      Menguji peristiwa aliran panas dalam zat cair.

Alat dan bahan               Jumlah 
1. Kotak konveksi             1 buah.
    2. Lilin                              2 buah.
3. Kertas karton                 2 lembar.

Tahapan Kegiatan
1.    Siapkan sebuah kotak karton persegi panjang dengan ukuran panjang 20 cm, lebar 6 cm, tinggi 15 cm.
2.    Buatlah cerobong dari karton dengan diameter 3 cm 2 buah.
3.    Usahakan salah satu sisi kotak dibuat dari kaca atau plastik tebal.
4.    Perhatikan bentuk kotak konduksi di bawah ini.
5.    Buatlah asap dari kertas atau kayu yang dibakar kemudian dimatikan sehingga ke luar asap.
6.    Dekatkan asap tersebut pada lubang tabung 1.
7.    Perhatikan gambar di bawah ini.




Hasil Pengamatan dan Pembahasan
       1. Saat lilin belum dinyalakan yang terjadi adalah asap masuk ke kotak konveksi tetapi tidak mengalir ke cerobomg 2, bahkan memgalir balik keluar lewat cerobong 1.
       2. Saat lilin dinyalakan maka asap keluar mengalir melalui cerobong 2. Hal ini terjadi karena nyala lilin menyebbkan suhu didalam kotak konveksi panas sehingga tekanan udara meningkat yang mendorong asap mengalir melalui cerobong 2.

Kesimpulan
       Konveksi adalah perpindahan panas tanpa melalui zat perantara namun hanya karena perbedaan massa jenis antara zat yang panas dan zat yang dingin yang diikuti perpindahan molekul/partikel zat tersebut.

Jawaban Pertanyaan
       1. Pada cerobong pabrik dan cerobong tungku, terjadi peristiwa konveksi karena proses pembakaran yang terjadi didalam ruangan menyebabkan udara bertekanan tinggi sehingga mendorong asap keluar melalui cerobong. Hal ini prosesnya sama seperti percobaan yang yang telah dilakukan yakni ketika asap dimasukkan melalui cerobong 1, kemudian suhu dalam kotak konveksi menjadi panas karena nyala lilin sehingga udaranya bertekanan tinggi, maka akan mendorong /mengalirkan asap keluar melalui cerobong 2.
       2. Fungsi lilin dalam kotak konveksi adalah sebagai sumber kalor/panas yang berguna untuk meningkatkan suhu udara sehingga udara nenjadi bertekanan tinggi yang mampu mendorong keluar udara yang bertekanan rendah.

No comments:

Post a Comment