Monday, March 26, 2012

Dampak Kegiatan Manusia terhadap Permukaan Bumi



Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
a.  Sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu sumber daya alam yang selalu tersedia meskipun dimanfaatkan secara terus-menerus.
Contohnya tumbuhan, hewan, air, sinar matahari, dan udara.
b.  Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yaitu sumber daya alam yang akan habis jika digunakan secara terus-menerus. Sumber daya alam ini meliputi bahan tambang mineral dan nonmineral. Bahan tambang mineral contohnya aluminium, emas, perak, tembaga, nikel, dan besi. Bahan tambang nonmineral contohnya batu bara dan minyak bumi.

beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi, antara lain:
1.  Pembakaran Hutan
Pembakaran hutan bertujuan untuk dijadikan lahan pertanian, permukiman penduduk, dan untuk industri.
Kawasan hutan yang dijadikan lahan pertanian biasanya berubah menjadi tanah tandus dan gersang. Hal ini karena setelah panen biasanya ladang ini akan ditinggalkan. Sistem perladangan seperti ini disebut perladangan berpindah.
2.  Penebangan Hutan secara Liar
Proses penebangan hutan secara liar yang bertujuan untuk mendapatkan kayu sebagai bahan bangunan disebut dengan penggundulan hutan.
3.  Penambangan
Ada tiga macam jenis penambangan antara lain:
a.  Penambangan terbuka adalah penambangan yang dilakukan di permukaan bumi. Beberapa bahan tambang seperti tembaga, besi, batu bara, kapur, dan aluminium sering ditemukan di permukaan bumi. Oleh karena itu, untuk mengambilnya tidak perlu menggali. Kegiatan ini mengubah bentuk permukaan bumi menjadi lubang-lubang bekas penambangan.
b.  Penambangan bawah tanah adalah penambangan yang dilakukan di bawah permukaan bumi sehingga untuk mendapatkannya perlu menggali. Misalnya penambangan emas.
c.  Pengerukan merupakan cara lain yang digunakan untuk mengumpulkan logam-logam yang terendap di dalam batuan di dasar sungai atau sumber air lainnya. Misalnya pengerukan timah.

No comments:

Post a Comment