Friday, March 30, 2012

Ciri Khusus pada Cicak


Cicak bisa menempel di dinding dan tidak jatuh. Apakah yang menyebabkan cicak tidak jatuh? Hai ini dikarenakan di kakinya  ada kekuatan perekat yang ditimbulkan tenaga Van der Waals.
Di telapak kaki cicak ada sekitar 500 ribu bulu halus yang kuat. Bulu halus ini mengandung senyawa keratin yang juga terkandung pada rambut manusia. Bulu halus pada telapak kaki cicak ini panjangnya bervariasi, antara 30 dan 130 mikrometer. Tebalnya pun hanya sepersepuluh tebal rambut manusia.Ujung bulu halus ini masih terbagi lagi menjadi beberapa bagian yang berbentuk mirip dengan sendok teh.





”Kekuatan pelekat yang ditimbulkan daya Van der Waals bulu halus ini sangat menakjubkan. Satu bulu halus tadi bisa memiliki kekuatan pelekat yang sangat besar (10 atm). Jadi aku bisa menempel di dinding dengan kuat, dan bergerak dengan cepat ketika ada makanan yang harus aku dapatkan”.

Lalu bagaimana cicak mendapatkan makanan?  Cicak menjulurkan lidahnya. ”Lidah cicak panjang. Sehingga dengan lidah yang panjang ini memudahkan cicak untuk mendapatkan serangga yang sedang terbang.

Bagaimanakah cicak mempertahankan diri dari musuhnya? Apabila dalam keadaan yang terjepit, biasanya cicak akan memotong ekornya, sehingga musuh akan terkecoh memperhatikan ekor yang putus tersebut. Pada saat musuhnya sedang memperhatikan ekor tersebut, maka cicak lari menjauh untuk menyelamatkan diri. Kemampuan ini disebut autotomi.

No comments:

Post a Comment