Saturday, March 24, 2012

Benda yang Larut dan tidak Larut dalam Air


Saya mau buat minum manis ah…….
Ketika saya memasukkan gula pasir ke dalam segelas air, lalu mengaduknya. Gula itu jadi larut dan seperti lenyap.
Berbeda ketika saya memasukkan pasir ke dalam segelas air, pasir tidak berubah meskipun saya mengaduknya berulang-ulang.
Kira-kira apa sebabnya adik-adik?
Ambil alat dan bahan di bawah ini:
a.      6 buah gelas kecil yang bening
b.      Air
c.       Sendok makan
d.      Garam
e.      Pasir
f.        Gula pasir
g.      Beras
h.      Madu
i.        Kerikil
Lalu lakukan percobaan dengan langkah-langkah berikut ini:
1.        Tuangkanlah air ke dalam tiap-tiap gelas.
2.        Masukkan satu sendok makan bahan yang disediakan ke dalam satu gelas. Misalnya pada gelas pertama berisi air dan garam, gelas kedua berisi air dan pasir, gelas ketiga berisi air dan gula pasir, gelas keempat berisi air dan beras, gelas kelima berisi air dan madu, gelas keenam berisi air dan kerikil.
3.        Aduklah tiap-tiap gelas.
4.        Amatilah apa yang terjadi
Hasilnya garam, gula pasir, dan madu larut dalam air, sedangkan pasir, beras, dan kerikil tidak larut dalam air, namun mengendap di dasar gelas.
Apakah sebabnya?
Hal tersebut dikarenakan molekul-molekul air memiliki kemampuan untuk masuk di antara molekul-molekul garam, gula pasir, dan madu. Oleh karena itu, ketiga bahan tersebut larut di dalam air dan bentuk aslinya pun nyaris tidak terlihat.
Berbeda dengan pasir, beras, dan kerikil yang merupakan benda kedap air. Sehingga air sangat kesulitan untuk menembus molekul-molekulnya. Itulah yang menyebabkan air tidak dapat larut dalam air.

1 comment: