Saturday, December 10, 2011

Rahasia Tubuh Manusia


Tubuh manusia jauh lebih rumit dan menakjubkan dibandingkan dengan computer. Tubuh manusia terdiri dari kurang lebih 50 juta sel dan panjang jaringan pembuluh darahnya sampai sekitar 100.000 km. Tidak hanya itu, di dalam tubuh manusia terdapat lebih dari 500 jenis proses kimiawi.
Bermilyar-milyar sel rumit yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop membentuk tubuh manusia. Yang lebih menakjubkan lagi bahwa sel-sel yang jumlahnya milyaran tersebut, berasal hanya dari dua buah sel yang bergabung pada saat pembuahan.
Berbagai macam sel, seperti sel darah, sel tulang, dan lain-lain bentuknya sangat berbeda. Ada yang bulat, ada yang bundar, ada yang pipih, maupun yang bentuknya bercabang-cabang.
Setiap sel merupakan satuan yang berdiri sendiri-sendiri, namun sel yang sejenis akan bekerja sama membentuk kelompok-kelompok yang diberi nama jaringan. Macam-macam jaringan akan bekerja sama membentuk organ. Jaringan-jaringan yang penting bagi tubuh diantaranya otot, saraf, kerangka, dan lain-lain.
Meskipun ilmu kedokteran terus berkembang, terutama pengetahuan tentang tubuh, tapi tubuh manusia tetap menjadi misteri besar dan masih sangat menarik untuk dibedah. Bukan hanya fungsi dan koordinasi tiap bagian tubuh, namun juga menyangkut penyakit yang menyerang tubuh.

No comments:

Post a Comment