Tuesday, March 8, 2011

Kenampakan Bintang

Benda langit yang banyak terlihat jelas saat langit cerah di malam hari adalah bintang. Sebenarnya apakah bintang itu? Bintang adalah benda langit yang dapat mengeluarkan cahaya sendiri. Kalau bintang mengeluarkan cahaya sendiri , mengapa bintang hanya terlihat pada malam hari? Apakah kalau siang datang bintang-bintang tidur? Sebenarnya, bintang bersinar setiap saat. Namun, karena letaknya sangat jauh, lebih jauh daripada letak matahari, maka cahaya bintang pada siang hari kalah kuat dengan cahaya matahari. Oleh karena itu, bintang tidak terlihat di siang hari.
Kalau kamu perhatikan secara saksama, akan terlihat bintang-bintang tersebut nampak berkedip-kedip. Itu dikarenakan pengaruh cahaya matahari, ngin dan atmosfer yang ada di bumi.
Selain berkedip-kedip, bintang juga kelihatan sangat kecil. Mengapa bintang terlihat sangat kecil? Karena letaknya yang sangat jauh dari bumi.
Bintang tersusun dari gas yang sangat panas. Suhu permukaan bintang bervariasi antara 3.000˚C sampai lebih dari 50.000˚C.
Bintang yang paling panas tampak berwarna biru. Bintang bersuhu paling rendah tampak berwarna merah.
Di alam semesta terdapat banyak sekali kumpulan bintang (gugusan bintang). Gugusan bintang disebut galaksi. Setiap galaksi terdiri atas berjuta-juta bintang. Kalau satu galaksi saja terdiri dari berjuta-juta bintang, dapatkah kamu bayangkan seberapa luasnya alam semesta ini?

No comments:

Post a Comment

Post a Comment