Monday, March 26, 2012

Sifat Bahan


Sifat suatu bahan tergantung dari penyusunnya. Sifat-sifat bahan meliputi kekuatan, kelenturan, ketahanan terhadap air atau api, hangat, halus atau kasar, dan juga kekakuan. Suatu benda dibuat berdasarkan sifat-sifat bahan tersebut.

Serat
Serat merupakan bagian dari tali yang bentuknya berupa untaian-untaian yang tidak dapat dipisahkan lagi menjadi untaian lain dengan tangan. Serat ialah jaringan serupa benang atau pita panjang berasal dari hewan atau tumbuhan.
Serat digunakan untuk membuat kertas, tekstil, dan tali. Sifat serat, yaitu tidak kaku dan mudah terbakar.
Serat ada dua macam yaitu:
1)    Serat alami berasal dari tumbuhan maupun hewan. Serat tumbuhan diperoleh dari kapas, kapuk, dan kulit batang rami. Serat kapas memiliki sifat yang lentur, lembut, serta mudah menyerap air. Kain dari bahan kapas disebut kain katun. Serat kapuk memiliki sifat yang kuat, lentur, dan mudah menyerap air. Serat kapuk cenderung lebih kuat jika dibanding serat kapas. Serat kapuk dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah tangga misalnya kaos kaki, kasur, dan sumbu kompor.
Serat dari kulit batang rami merupakan serat yang sangat kuat. Serat rami sangat kasar dan kaku. Sifat serat yang kuat ini digunakan untuk membuat karung, misalnya karung beras dan karung gula.
Serat alami hewan diperoleh dari bulu binatang misalnya kambing, biri-biri, maupun unta. Serat yang dihasilkan dari pengolahan bulu-bulu hewan disebut serat wol. Serat wol kasar digunakan sebagai bahan pembuat selimut maupun karpet. Serat wol halus digunakan sebagai bahan pakaian. Wol memiliki sifat yang mudah menyerap air, halus, dan terasa hangat saat dipakai. Serat juga dapat diperoleh dari kepompong ulat sutra yang disebut serat sutra. Kain sutra mempunyai sifat yang kuat dan sangat halus dan kilauan alami yang sangat indah.
2)    Serat sintetis diperoleh dengan mengolah bahan plastic, minyak bumi, karet, dan logam. Bahan pakaian yang terbuat dari bahan serat sintetis diantaranya serat karet, serat baja akrilik, serat optic serta nilon dan polyester, yaitu serat dari minyak. Pakaian yang terbuat dari serat sintetis memiliki sifat, antara lain tidak mudah kusut, kuat, tetapi tidak nyaman dipakai dan tidak menyerap keringat. Selain itu, terdapat pula beberapa kain yang dilapisi damar sehingga kedap air. Kain-kain seperti ini digunakan sebagai bahan untuk membuat jas hujan, parasut, karpet, serta tenda. Fiber optik (serat optik) yakni kabel panjang, untaian tipis dari kaca yang sangat murni berdiameter rambut manusia.

Benang
Benang adalah gabungan dari berbagai serat. Contohnya: benang jahit dan benang sutra dari serat kapas, benang sutra dari serat sutra, benang nilon dari serat nilon, serta benang rayon dari serat selulosa. Sifat benang di antaranya adalah lentur dan tidak mudah putus.

Tambang / Tali
Tali merupakan susunan atau gabungan dari beberapa benang. Contohnya: tambang kawat, tambang nilon, tambang plastic.
Ciri-ciri tali yang baik:
1)    Lentur : agar mudah dililitkan dan dibuat menjadi simpul (ikatan pada tali).
2)    Kuat (tidak mudah putus) : agar tidak mudah putus apabila digunakan untuk mengikat / menarik benda.


http://athaanakcerdas.blogspot.com/search/label/IPA%20III
http://athaanakcerdas.blogspot.com/search/label/IPA%20V
http://athaanakcerdas.blogspot.com/search/label/Sains

1 comment:

  1. wow artikelnya bagus bagus... tetap lanjut...
    saya lg blogwolking klo berkenan kunjungi website saya terimakasih


    Www.AgenVimaxAsli.Com
    Alat Pembesar Penis
    Kesehatan Kecantikan
    Minyak Pembesar Penis
    Obat Kuat Pria
    Obat Pelangsing Badan
    Obat Pembesar Penis
    Obat Perangsang Wanita
    Pembesar Payudara
    Sex Toys Pria
    Sex Toys Wanita

    Kepuasan Customer Adalah Perioritas Bagi Kami. Terima Kasih
    Selamat Berbelanja.

    ReplyDelete