No 11.
Salah satu prinsip aliran empiris adalah “ajarkanlah bahasa,
bukan tentang bahasanya.” Yang dimaksud dengan prinsip tersebut yaitu ....
A.
menggunakan bahasa dalam berkomunikasi baik
secara lisan maupun tulisan
B.
sebelum menggunakan bahasa untuk berkomunikasi
harus memahami unsur-unsur kalimat
C.
aturan-aturan dalam tata bahasa harus dikuasi
lebih dahulu
D.
bahasa yang menentukan kaidah bahasa, bukan
kaidah bahasa yang menentukan bahasa
No 12.
Yang dimaksud dengan teknik ramu pendapat (brainstorming)
adalah ....
A.
cara yang digunakan dalam pembelajaran dengan
tujuan agar siswa dapat lebih mendalami materi pelajaran yang diberikan guru
B.
upaya guru dalam menyampaikan materi agar siswa
tertarik untuk belajar lebih lanjut pada materi
C.
usaha guru untuk memotivasi siswa dengan cara
memberikan tugas sesuai dengan kemampuan siswa
A.
D.pembelajaran yang menggunakan cara
mengumpulkan pendapat para siswa tentang suatu hal untuk diseleksi,
diklasifikasi, dan dianalisis bersama-sama
No 13.
Pendekatan komunikatif adalah suatu pendekatan pembelajaran
yang menekankan pada ....
A.
keaktifan siswa dalam belajar baik di dalam
kelas maupun di luar kelas
B.
pengembangan kompetensi komunikasi siswa untuk
mendukung kemampuan berkomunikasi
C.
proses belajar daripada hasil belajar siswa
D.
penguasaan salah satu keterampilan berbahasa,
yaitu menyimak, berbicara, membaca, atau menulis
No 14.
Tema sangat diperlukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia,
karena tema merupakan ....
A.
sarana untuk mempermudah dalam memperkaya
kosakata bahasa Indonesia
B.
alat untuk menyederhanakan pembelajaran Bahasa
Indonesia
C.
wadah untuk belajar bahasa
D.
jembatan dalam pembelajaran lintas materi
No 15.
Simak ilustrasi berikut ini.
Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, Bu Noor memberikan
wacana seperti berikut:
Setiap Minggu pagi pukul 05.00 Nunung, Nanang, Ayah, dan Ibu
lari-lari mengelilingi lapangan sepak bola di dekat rumahnya 5 kali. Setelah
itu dilanjutkan dengan main bulu tangkis selama 30 menit. Pukul 06.00 mereka
makan bubur ayam dan minum teh hangat. Karena bubur ayam merupakan makanan
kegemaran Nanang, pagi itu Nanang menghabiskan dua mangkok.
Langkah-langkah pembelajaran berikut ini mencerminkan model
pembelajaran terpadu lintas kurikulum
A.
A.siswa diminta Bu Noor untuk menceritakan
kembali wacana tersebut secara lisan di depan kelas, siswa lain memberi
tanggapan
B.
B.siswa diberi tugas untuk membuat wacana yang
bertema lari pagi sebanyak dua halaman dan membuat daftar istilah dalam
keolahragaan
C.
wacana tersebut dibaca Bu Noor, siswa menyimak
dengan saksama, kemudian siswa diminta untuk membuat laporan hasil simakannya
secara tertulis
D.
D.Bu Noor memberi tugas kepada siswa untuk
menghitung lamanya keluarga Nunung berolah raga dan menghitung banyaknya bubur
ayam yang dihabiskan keluarga Nunung, lalu membuat laporannya secara tertulis
dalam tugas kelompok
No 16.
Pengertian kurikulum berikut ini menurut pendapat Johnson
....
A.
Kurikulum adalah serangkain pengalaman
pendidikan yang digunakan oleh sekolah untuk menyempurnakan perkembangan anak
B.
Kurikulum adalah semua alat pengajaran yang
dipakai sekolah untuk memberi kesempatan belajar siswa menuju tujuan belajar
yang dikehendaki
C.
Kurikulum adalah suatu rangkaian hasil belajar
yang diinginkan, yang digunakan untuk mengantisipasi hasil pengajaran, bukan
mengantisipasi alat untuk mencapai tujuan
D.
Kurikulum adalah semua pengalaman belajar dan
mengajar yang terpimpin dan diarahkan oleh sekolah
No 17.
Fungsi kurikulum bagi guru adalah sebagai....
A.
A.sarana untuk membuat satuan pelajaran
B.
pedoman untuk menjalankan tugasnya sehari-hari
C.
pedoman untuk mengevaluasi perkembangan siswa
D.
keseimbangan proses pendidikan penyiapan bagi
guru
No 18.
Jika materinya “cerita pengalaman ketika rekreasi” dan hasil
belajarnya “menceritakan pengalaman liburan”, indikator yang tepat adalah
seperti berikut, kecuali ....
A.
menceritakan kejadian-kejadian yang dialami
selama pergi ke pantai bersama keluarga
B.
mengungkapkan peristiwa yang diceritakan
pamannya tentang meletusnya gunung Krakatau
C.
menceritakan peristiwa yang dilihatnya sewaktu
dalam perjalanan menuju Danau Toba bersama temannya
D.
mengungkapkan kejadian yang dilihatnya saat
mengunjungi Kebun Raya Bogor
No 19.
Jika standar kompetensinya “mampu membaca dengan pemahaman
teks agak panjang dengan bersuara dan membaca dalam hati secara intensif dan
membaca dongeng dan puisi”, maka membacakan dongeng dengan penghayatan dan
ekspresi yang sesuai” merupakan ....
A.
kompetensi dasar
B.
hasil belajar
C.
indikator
D.
materi pokok
No 20.
Jika materinya “teks cerita fiksi” dan hasil belajarnya
“membaca cerita fiksi, menceritakan isi, dan meyimpulkan isi cerita, indikator
yang tepat adalah seperti berikut, kecuali ....
A.
memparafrase isi cerita yang dibaca secara
lisan, siswa lain menyimak
B.
menulis cerita fiksi berdasarkan pengalaman yang
pernah dialami
C.
membuat kesimpulan hasil bacaannya
D.
mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan isi
cerita, kelompok lain menjawab
No comments:
Post a Comment