No 1.
Salah satu karakteristik bahasa adalah sebuah subsistem,
maksudnya ....
A.
bahasa dapat diuraikan atas satuan-satuan
terbatas yang berkombinasi dengan kaidah-kaidah yang dapat diramalkan
B.
bahasa terdiri dari sejumlah unsur yang saling
terkait dan tertata secara beraturan serta memiliki makna
C.
bahasa terdiri atas sejumlah subsistem yang
saling terkait dan membentuk satu kesatuan yang utuh
D.
bahasa terdiri atas tiga subsistem bahasa, yaitu
fonologi, gramatika, dan leksikon
No 2.
Contoh percakapan di bawah ini yang menggunakan ragam baku
adalah ....
A. Dewi : Wa, mau kemana?
Dewa: “Rumah sakit. Semalam ayahku
pingsan"
Dewi : "Jantungnya kambuh lagi?
Dewa: "Iya, sepertinya tambah parah. Hari
ini aku nggak kuliah. Duluan ya, busku udah datang. Besok pinjam catatannya ya
Wi"
B. Bagas
: “ Dik, sekarang sudah jam 09.00 loh. Nanti mau pergi jam berapa?”
Balqis : “ Jam 10.00, Kak. Aku mandi dulu ya”
Bagas : “Kalau mau beli kaset kosong, Kakak
nitip satu”
Balqis : “Oke”
C. Denny
: “ Topi ini harganya berapa Bang?”
Abang : “ Lima belas ribu”
Denny : “ Kalau yang ini berapa?’
Abang : “Yang itu sama”
Denny : “Boleh kurang Bang? Di toko sebelah
cuma dua belas ribu”
D. Pak Sunu : “Bu Lis, saya mau rapat di ruang
sidang sekarang”
Bu Lis : “Saya juga”
Pak Sunu : “Kalau begitu kita berangkat
bersama-sama”
No 3.
Berikut ini merupakan proses pemerolehan bahasa anak.
A.
diperoleh tanpa sadar,secara lisan melalui
menyimak/mendengarkan dan berbicara
B.
dilkukan secara sadar, dengan niat untuk belajar
bahasa
C.
dilakukan secara lisan dan tulisan dengan
mendengarkan dan membaca
D.
berlangsung secara periodik, sesuai dengan
kebutuhan
No 4.
Menurut pandangan
kaum behaviorisme, proses pemerolehan bahasa anak ditentukan oleh ....
A.
daya kognitifnya, anak harus berperan aktif
terlibat dengan lingkungannya
A.
B.rangsangan dari lingkungannya, lamanya waktu
belajar dan peniruan, tetapi peran anak pasif
B.
kemampuan bawaan lahir atau alami
C.
potensi berbahasa yang secara genitis telah
terprogram
No 5.
Inteligensi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi
pemerolehan bahasa pertama, maksudnya ....
A.
anak belajar bahasa karena kebutuhan dasar yang
sifatnya praktis
B.
proses belajar bahasa dikendalikan oleh sistem
syaraf pusat yang berada di otak
C.
anak yang bernalar tinggi proses pemerolehan
bahasanya lebih cepat dan lebih kreatif
D.
anak memerlukan dukungan dari lingkungannya
untuk mengembangkan kemampuan
A.
berbahasanya
No 6.
Meniru merupakan salah satu strategi pemerolehan bahasa,
artinya ....
A.
dengan menyebut suatu benda atau peristiwa
secara berulang-ulang akan memudahkan anak dalam mengingat
B.
dalam berbahasa, anak biasanya lebih mudah bila
dibantu bahasa tubuh
C.
dengan mengulang persis apa yang telah
didengarnya pemerolehan bahasanya lebih mudah
D.
anak menyimak dan berbicara langsung, sekaligus
memperoleh tanggapan dari mitra bicaranya
No 7.
Tahap pralinguistik merupakan tahap pemerolehan bahasa dalam
kondisi ....
A.
A.bunyi bahasa yang dihasilkan belum mengacu
pada kata atau kalimat dengan makna tertentu
B.
anak sudah menghasilkan satu kata yang bermakna,
yang dapat mewakili keseluruhan ide
C.
anak menghasilkan dua kata dalam tuturannya
D.
anak sudah mampu menghasilkan ujaran berupa
kalimat pendek
No 8.
Perhatikan contoh
kasus berikut ini.
Kasus 1
Ayu dilahirkan di
Solo, Jawa Tengah. Keluarga dan masyarakat sekitarnya sehari-hari menggunakan
bahasa Jawa. Pada usia 14 tahun keluarga Ayu pindah ke Jakarta. Alat komunikasi
keluarga tersebut tetap menggunakan bahasa Jawa, tetapi di sekolah Ayu
mengunakan bahasa Indonesia.
Kasus 2
Astrid dilahirkan dan
dibesarkan di Padang. Astrid menggunakan bahasa Minang untuk berkomunikasi
dengan ayah dan ibunya. Astrid menggunakan bahasa Indonesia bila berkomunikasi
dengan teman-temannya.
Kasus 3
Sheila lahir di
Jakarta, ibu berasal dari Perancis dan ayah dari Makassar. Bahasa yang
digunakan di rumah bahasa Indonesia. Astrid menggunakan bahasa Perancis bila
berkomunikasi dengan keluarga ibunya, dan menggunakan bahasa Bugis bila
berkomunikasi dengan keluarga ayahnya.
Dari ketiga contoh
kasus tersebut yang B2-nya bahasa Indonesia yaitu ....
A.
contoh kasus 1
B.
contoh kasus 1 dan 2
C.
contoh kasus 1 dan 3
D.
contoh kasus 2 dan 3
No 9.
Berikut ini adalah contoh pemerolehan B2 secara terpimpin.
A.
Mira bertempat tinggal di Surabaya, bahasa yang
digunakan sehari-hari bahasa Jawa. Pada waktu kelas 5 SD Mira sekolah di
Bandung dan tinggal bersama bibinya. Mira belajar bahasa Sunda dengan keluarga
bibinya
B.
Shinta dan keluarganya akan bermukim di Jepang
selama beberapa tahun. Untuk;memperlancar komunikasi selama di Jepang, Shinta
kursus bahasa Jepang di sebuah lembaga kursus ternama di kotanya
C.
Nana sehari-hari menggunakan bahasa Sunda. Di
sekolah Nana mendapat teman baru yang berasal dari Surabaya, yang
sehari-harinya menggunakan bahasa Jawa. Karena Nana tertarik dengan bahasa
Jawa, sehingga setiap istirahat di sekolah Nana belajar bahasa Jawa dengan
teman barunya.
D.
Edo bertempat tinggal di Jakarta, bahasa
sehari-harinya menggunakan bahasa Betawi. Waktu liburan sekolah, sepupu Edo
yang tinggal di Kualalumpur menginap di rumah Edo. Edo belajar bahasa Melayu
dari sepupunya dan sepupunya belajar bahasa Betawi dari Edo.
No 10.
Teori wacana dalam pemerolehan B2 adalah sebuah teori yang
menekankan pada ....
A.
perlunya pebelajar B2 menguasai rumus tata
bahasa dari bahasa yang sedang dipelajari
B.
penguasaan sejumlah kosakata bahasa yang sedang
dipelajari
C.
pentingnya pebelajar B2 menemukan makna bahasa
melalui keterlibatannya dalam berkomunikasi
D.
kontinuitas pebelajar B2 dalam belajar dengan
tubian
No comments:
Post a Comment