Sunday, November 18, 2012
Kunci Jawaban Pendidikan Bahasa Indonesia di SD PDGK4204 (Bagian 5)
No 41.
a. Benar, karena dengan memvisualisasikan materi yang harus diingat akan lebih mudah dalam mengingatnya.
b. Salah, karena merupakan teknik penggabungan.
c. Salah, karena merupakan teknik pengelompokan kategorial.
d. Salah, karena merupakan teknik menyimak pemenggalan.
No 42.
a. Salah, karena tujuannya untuk mendapatkan informasi.
b. Benar, karena dengan memahami hal-hal yang terkecil dari materi yang disimak, akan lebih mudah dalam menganalisis fakta.
c. Salah, karena menyimak seperti itu hanya untuk mendapatkan hiburan.
d. Salah, karena merupakan fungsi menyimak untuk mengevaluasi fakta.
No 43.
a. Salah, karena merupakan metode simak-ulang ucap.
b. Salah, karena merupakan metode simak-jawab.
c. Salah, karena merupakan metode simak-rangkum.
d. Benar, guru menyampaikan suatu tebakan, siswa diminta menerka.
No 44.
a. Salah, karena merupakan penjabaran dari aktivitas yang sistemik
b. Salah, karena mearupakan penjelasan dari aktivitas yang sistematis
c. Benar, dalam pembelajaran harus ada aturan, tahapan, dan tujuan yang jelas
d. Salah karena dalam proses tersebut tidak terdapat adanya tujuan yang ingin dicapai
No 45.
a. Salah, karena merupakan berbicara interpersonal
b. Salah, karena berbicara dengan metode impromptu tidak menggunakan naskah/teks/mendadak
c. Benar, sudah jelas
d. Salah, karena merupakan berbicara dengan tujuan membuat orang lain senang
No 46.
a. Salah, karena merupakan teknik berbicara yang memahami proses komunikasi massa, Markonah semula merasa grogi, tapi karena dia memahami proses komunikasi massa, menjadi lebih tenang dan dapat menjawab pertanyaan denan baik
b. Salah, karena merupakan teknik berbicara yang memahami proses komunikasi massa, Harmooni semula merasa grogi, tapi karena dia memahami proses komunikasi massa, menjadi lebih tenang dan dapat menjawab pertanyaan denan baik
c. Salah, karena merupakan teknik berbicara yang memiliki keberanian dan tekad yang kuat. Amanda mempunyai tekad yang kuat untuk menang.
d. Benar, karena Bu Lintang memiliki pengetahuan yang luas, sehingga dapat menyajikan materi seminar/gagasannya dengan lancar.
No 47.
a. Salah, karena tidak mengandung keterampilan berbicara, tidak sesuai dengan tujuan
b. Salah, karena langkah-langkah pembelajaran tersebut kurang lengkap dan tidak sesuai dengan indikator.
c. Salah, karena tidak jelas dari mana sumber gambar, dan tidak sesuai dengan tujuan
d. Benar, karena langkah-langkah pembelajarannya runtut dan sesuai dengan tujuan
No 48.
a. Salah, karena kegiatan tersebut tidak ada unsur keterampilan berbicara, hanya menulis
b. Salah, karena aktivitas pembelajaran tersebut tidak ada aspek keterampilan berbicara, hanya menyimak dan menulis.
c. Benar, karena membaca puisi dilakukan secara individu
d. Salah, karena kegiatan tersebut tidak dilakukan secara individu, tetapi berkelompok
No 49.
a. Salah, karena rasa dendam yang dapat menimbulkan kebencian dapat berpengaruh buruk pada perkembangan jiwa anak
b. Salah, karena gaya penyajian secara langsung lebih mudah dipahami anak-anak
c. Salah, karena anak sedang dalam taraf menuntut ilmu yang bermanfaat untuk masa depan.
d. Benar, karena tema percintaan yang erotis belum waktunya diberikan kepada anak-anak.
No 50.
a. Benar, karena kelas 1 merupakan kelas permulaan, tingkat pemahaman mereka baru sebatas pengenalan terhadap karya sastra yang paling mudah dipahami yaitu dongeng, yang sudah biasa mereka dengarkan sebelum masuk sekolah dasar.
b. Salah, karena merupakan tujuan pembelajaran di kelas 2, untuk kelas 1, mendeklamasikan puisi atau syair lagu
c. Salah, karena merupakan tujuan pembelajaran di kelas 2, kalau di kelas satu memerankan tokoh tertentu dalam dongeng.
d. Salah, karena merupakan tujuan pembelajaran di kelas tinggi
Label:
UT
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment