No 31.
Pembelajaran IPA dengan topik bumi berutar pada porosnya dan
bumi mengelilingi matahari, dapat diberikan guru dengan menggunakan metoda
....
1.
ceramah dan gambar-gambar
2.
simulasi
3.
eksperimen
No 32.
Siswa melakukan penyelidikan tentang macam-macam bentuk
tulang daun, dari sejumlah tanaman yang tumbuh di halaman sekolah. Keterampilan
proses terintegrasi yang diperoleh siswa antara lain adalah ....
1.
mengobservasi
2.
mengukur
3.
mengklasifikasi
No 33.
Guru mengajarkan materi "Aliran listrik seri dan
parallel" melalui percobaan dengan memberikan seperangkat alat dan Lembar
Kerja Siswa Variabel yang terdapat pada keterampilan proses terintegrasi pada
percobaan tersebut diantaranya adalah ....
1.
membuat kesimpulan berdasarkan hasil observasi
2.
mengamati hasil percobaan
3.
menuliskan perbedaan dua benda yang diamati
No 34.
Pernyataan yang benar untuk rumusan hipotesis adalah
....
1.
jika suhu air meningkat, maka jumlah oksigen
yang terlarut di dalamnya akan menurun
2.
mengurangi valomeair akan menyebabkan menurunnya
berat air
3.
meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan
melalui penggunaan variasi media
No 35.
Prinsip pemilihan media dalam pembelajaran IPA antara lain
adalah ....
1.
sesuai dengan tujuan pembelajaran
2.
memberi kesempatan siswa untuk mempelajari atau
berpartisipasi dalam pembelajaran
3.
mempertimbangkan kepraktisan, biaya serta sifat
media
No 36.
Peran alat peraga dalam pembelajaran IPA dengan pendekatan
proses adalah ....
1.
membangkitkan keingintahuan siswa tentang materi
yang diajarkan
2.
memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa
karena pembelajaran akan tersimpan lama dalam ingatannya
3.
memberikan pengalaman nyata kepada siswa
sehingga terlatih untuk mandiri dalam bekerja
No 37.
Dalam mendesain alat percobaan sederhana, guru hendaknya
memperhatikan kelayakan penggunaan alat peraga tersebut. Adapun pertimbangan
yang dilakukan guru dalam pemilihan alat peraga adalah ....
1.
alat peraga tersedia di lingkungan sekolah /
tempat tinggal siswa
2.
alat peraga muda / tidak rumit digunakan
3.
semua siswa harus terampil menggunakanny
No 38.
Pembelajaran terintegrasi adalah pembelajaran yang ....
1.
mengkaitkan konsep-konsep dalam satu disiplin
ilmu
2.
mengkaitkan konsep-konsep dalam satu rumpun
bidang studi
3.
mengkaitkan konsep-konsep dalam berbagai
disiplin ilmu
No 39.
Pembelajaran terintegrasi untuk siswa SD kelas rendah dapat
digunakan tema "Gosok Gigi". Pembelajaran terintegrasi tersebut
merupakan keterkaitan antar konsep dan mata pelajaran ....
1.
Bahasa Indonesia
2.
Ilmu Pengetahuan Alam
3.
Ekonomi
No 40.
Pengukuran keberhasilan seseorang dalam proses pembelajaran
dapat dilakukan dengan menggunakan alat ukur atau tes. Keberhasilan seseorang
tersebut dapat diukur tidak hanya berdasarkan penguasaan terhadap materi tetapi
berdasarkan dampak penguasaan terhadap jenjang ....
1.
Proses berfikir
2.
Pengembangan kepribadian
Kemampuan keterampilan
No comments:
Post a Comment