No 41.
Evaluasi proses adalah pelaksanaan pengukuran yang bertujuan
untuk ....
1.
mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah
tercapai
2.
mengukur kemampuan kognitif siswa
3.
mengetahui kesulitan peserta didik dlam mencapai
tujuan pembelajaran
No 42.
Contoh alat evaluasi proses dalam pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam yang benar antara lain adalah ....
1.
Mengukur suhu air dengan menggunakan thermometer
yang ditempelken pada alat penahan
2.
Memegang anak timbangan dengan tangan secara
langsung
3.
Mengenali bau sampah akibat proses pembusukkan
bahan organik
No 43.
Pelaksanaan evaluasi hasil belajar dapat dilakukan melalui
alat ukur tes tertulis atau lisan. Tes tertulis lebih serng dipilih guru dengan
pertimbangan ....
1.
dapat mencakup banyak siswa
2.
waktu yang digunakan lebih sedikit
3.
mempunyai kesempatan memperoleh pertanyaan yang
sama untuk semua peserta didik
No 44.
Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
dilakukan dengan mengacu pada peraturan ....
1.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun
2003
2.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19
tahun 2005
3.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22,
23, 24 tahun 2006
No 45.
Pengembangan KTSP ditujukan untuk pengembangan kompetensi
peserta didik. Dasar pengembangannya adalah ....
1.
adanya kebutuhan dan kepentingan peserta didik
serta tuntutan lingkungan
2.
memberi pengalaman pada peserta didik untuk
memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
3.
kepentingan pemerintah pusat dan daerah untuk
kehidupan bermasyarakat dan bernegara
No 46.
Dalam penyusunan KTSP memerlukan sejumlah komponen terkait
dengan pengembangannya. Komponen-komponen tersebut antara lain adalah ....
1.
Merumuskan misi sekolah
2.
Merumuskan tujuan Instruksional Umum
3.
Tujuan satuan pendidikan
No 47.
Dalam mengembangkan rancangan pembelajaran di kelas IV pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia, langkah-langkah pengembangan silabus yang
dilakukan guru antara lain adalah ....
1.
mengkaji kompetensi dasar dengan memperhatikan
keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran
2.
mengkaji kompetensi dasar dengan memperhatikan
keterkatian standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
3.
mengidentifikasi materi pokok dengan
mempertimbangkan potensi peserta didik
No 48.
Materi essensial kelas IV diantaranya adalah lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat. Salah satu bahasan yang dapat dipilih guru
adalah pencemaran air. Rancangan pembelajaran yang dapat dilakukan diantaranya
adalah ....
1.
mengajak siswa mengamati saluran air di sekitar
sekolah
2.
mempertunjukkan gambar-gambar film tentang
sungai yang berwarna kelam dan sungai yang bersih
3.
mengamati gambar mencairnya gunung es akibat
panas yang tinggi
No 49.
Dalam menyajikan pembelajaran IPA kelas V tentang Lingkungan
Sehat, metoda yang dapat dipilih guru antar lain adalah ....
1.
kunjungan lapangan / observasi di daerah sekitar
sekolah
2.
eksperimen / demonstrasi di kelas tentang uji
kandungan zat berbahaya dalam air sungai
3.
ceramah dan tanya jawab tentang gambar-gambar
lingkungan sehat
No 50.
Pembelajaran IPA di SD dengan topik bahasan Perpindahan
Energi Listrik, guru merancang pembelajaran dengan menggunakan alat peraga
rangkaian listrik sederhana seperti logam dasar, kayu, baterai, lampu, kabel,
ulir lampu dan penjepit. Konsep-konsep yang dipilih guru melalui pembelajaran
tersebut adalah
1.
konduktor dan isolator
2.
rangkaian listrik seri dan parallel
rangkaian tertutup
No comments:
Post a Comment