Friday, October 26, 2012

Kunci Jawaban Pembelajaran PKn di SD PDGK4201 (bagian 5)


No 41.
a.       benar, untuk menginformasikan kepada hadirin tentang pentingnya masalah yang diidentifikasi di masyarakat merupakan tujuan pokok dari kegiatan show case dalam pembelajaran portofolio
b.      benar, untuk menjelaskan dan mengevaluasi kebijakan alternatif mengatasi masalah sehingga hadirin dapat memahami keuntungan dan kerugian dari setiap kebijakan tersebut merupakan tujuan pokok dari kegiatan show case dalam pembelajaran portofolio
c.       benar, untuk mendiskusikan kebijakan yang dipilih kelas sebagai kebijakan terbaik untuk mengatasi masalah
d.      salah, agar siswa menyadari apa yang mereka ketahui tentang masalah di masyarakat merupakan tujuan dari tahap mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat

No 42.
a.       benar, karena menggunakan hak yang dimiliki sesuai dengan kaidah-kaidah normatif yang berlaku, seperti norma agama, kesusilaan, kesopanan dan agama merupakan sikap dan perbuatan yang harus dilakukan oleh setiap warga negara dalam upaya membina ketertiban sebagai perwujudan atau manifestasi warga negara yang cerdas
b.      benar, karena menghargai hak dan kewajiban serta kepentingan orang lain merupakan sikap dan perbuatan yang harus dilakukan oleh setiap warga negara dalam upaya membina ketertiban sebagai perwujudan atau manifestasi warga negara yang cerdas
c.       benar, karena menjunjung tinggi toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara merupakan sikap dan perbuatan yang harus dilakukan oleh setiap warga negara dalam upaya membina ketertiban sebagai perwujudan atau manifestasi warga negara yang cerdas
d.      salah, karena keanekaragaman dalam masyarakat harus dihapus digantikan dengan kesamaan dalam semua aspek agar tidak timbul konflik bukan merupakan sikap dan perbuatan yang harus dilakukan oleh setiap warga negara dalam upaya membina ketertiban sebagai perwujudan atau manifestasi warga negara yang cerdas

No 43.
a.      Benar, karena Sense of interest potensi dasar mental manusia yang merupakan keinginan atau kehendak terhadap sesuatu
b.      Salah, karena Sense of curiosity potensi dasar mental manusia yang berkaitan dengan dorongan keingintahuan terhadap sesuatu objek dalam kehidupan secara mendalam
c.       Salah, karena Sense of reality potensi dasar mental manusia yang berkaitan dengan dorongan untuk membuktikan kenyataann sebenarnya
d.      Salah, karena Sense of inquiry potensi dasar mental manusia yang berkaitan dengan dorongan untuk menyelidiki terhadap suatu objek tertentu

No 44.
a.       salah, karena apatisme mempunyai arti sebagai sikap yang tidak punya minat atau tidak punya perhatian terhadap orang lain, situasi atau gejala-gejala pada umumnya dan pada khususnya
b.      benar, karena sinisme merupakan perasaan yang menghayati tindakan dan motif orang lain dengan rasa kecurigaan
c.       salah, karena alienasi merupakan perasaan keterasingan seseorang dari politik dan pemerintahan masyarakat, dan kecenderungan berpikir mengenai pemerintahan dan politik bangsa dilakukan oleh orang lain dan untuk orang lain, mengikuti sekeumpulan aturan-aturan yang tidak adil
d.      salah, karena anomie sebagai perasaan kehilangan nilai dan ketiadaan arah, dimana individu mengalami perasaan tidak efektif dan perasaan dipedulikan oleh para penguasa negara, yang mengakibatkan hilangnya urgensi untuk bertindak, dan tidak terarahnya tujuan-tujuannya

No 45.
a.      Benar, karena menurut Purbacaraka, bahwa tanggung jawab bersumber atau lahir atas penggunaaan fasilitas dalam penerapan kemampuan tiap orang untuk menggunakan hak atau dan melaksanakan kewajibannya
b.      Salah, karena menurut Ridwan Halim tanggung jawab sebagai suatu akibat lebih lanjut dari pelaksanaan peran , baik peranan itu hak maupun kewajiban ataupun kekuasaanc
c.       Salah, karena menurut Plato bahwa warga negara yang bertanggung jawab mempunyai empat keutamaan atau kebajikan
d.      Salah, karena menurut Aristoteles, warga negara yang bertanggung jawab adalah warga negara yang memiliki 4 keutamaan atau kebajikan selaku warga negara yang dihubungkan dengan tiga bagian jiwa manusia

No 46.
a.       benar, bergaul atau berinteraksi dengan sesama warga masyarakat dengan tidak menonjolkan perbedaan agama, keturunan, bahasa, budaya, ras atau etnik merupakan perwujudan sikap toleransi dalam kehidupan beragama
b.      benar, tidak melakukan tindakan yang memprovokasi, seperti mangadu domba, rasa kedaerahan yang sempit maupun etnosentrisme, pelecehan ajaran agama tertentu merupakan perwujudan sikap toleransi dalam kehidupan beragama
c.       benar, karena tidak mencampuradukkan ajaran-ajaran agama yang satu dengan lainnya merupakan perwujudan sikap toleransi dalam kehidupan beragama
d.      salah, melakukan kegiatan ritual setiap agama, agar dapat menghayati setiap agama yang ada di lingkungannya bukan merupakan perwujudan sikap toleransi dalam kehidupan beragama

No 47.
a.       benar, membantu mengklarifikasi tujuan pembelajaran bagi peserta didik merupakan tujuan penilaian yang dilakukan oleh guru
b.      benar, menginformasikan kelebihan dan kekurangan peserta didik dalam belajar merupakan tujuan penilaian yang dilakukan oleh guru
c.       benar, menginformasikan peserta didik bagaimana meningkatkan proses dan hasil belajarnya merupakan tujuan penilaian yang dilakukan oleh guru
d.      salah, sebagai alat bagi guru untuk mengancam siswa apabila melanggar tata tertib atau melakukan perbuatan yang dianggap guru tidak baik bukan merupakan tujuan penilaian yang dilakukan oleh guru

No 48.
a.      benar, valid merupakan prinsip penilaian kelas yang harus mengukur apa yang seharusnya di ukur dengan menggunakan alat yang dapat dipercaya, tepat, dan sahih
b.      salah, karena prinsip mendidik merupakan penilaian harus memberikan sumbangan positif terhadap pencapaian hasil belajar siswa
c.       salah, karena prinsip berorientasi pada kompetensi merupakan penilaian harus menilai pencapaian kompetensi dasar yang dimaksud dalam kurikulum
d.      salah, karena prinsip adil dan objektif merupakan penilaian harus adil terhadap semua sisiwa dan tidak-tidak membeda-bedakan latar belakang sisiwa yang tidak berkaitan dengan pencapaian hasil belajar

No 49.
a.      benar, karena model penilaian daftar cocok merupakan model penilaian yang digunakan untuk mengetahui bagaimana respon atau pendapat siswa terhadap suatu permasalahan yang berkaitan dengan materi atau pokok bahasan/sub pokok bahasan yang diajarkan
b.      salah, karena model penilaian catatan anekdot yaitu catatan-catatan kejadian khusus yang dapat dipergunakan untuk melihat perkembangan individu atau kelompok siswa
c.       salah, karena model penilaian skala bertingkat adalah alat penilaian non tes untuk mengukur karakteristik tertentu sebagaimana diharapkan muncul dalam diri siswa
d.      salah, karena model penilaian sosiometri alat penilaian non tes yang bertujuan untuk melihat sampai sejauhmana sikap sosial siswa di kelas

No 50.
a.       salah, karena karakteristik multisumber mempunyai makna bahwa bahan-bahan yang akan dijadikan portofolio oleh siswa dapat diambil dari berbagai sumber, baik dari hasil pengamatan sederhana, penelitian sederhana, media massa ataupun jenis penugasan lainnya
b.      benar, karena karakteristik authentic mempunyai makna bahwa bahan-bahan yang dikembangkan oleh siswa benar-benar nyata dikembangkan dan disusun oleh siswa
c.       salah, karena karakteristik eksplisit mempunyai makna bahwa adanya kejelasan apa yang ditugaskan kepada siswa dengan apa yang menjadi target harapan
d.      salah, karena karakteristik integrasi mempunyai makna bahwa penilaian portofolio merupakan penilaian yang dilakukan tergadap hasil karya siswa secara terintegrasi antarkompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan

No comments:

Post a Comment