No 41.
a.
benar, untuk menginformasikan kepada hadirin
tentang pentingnya masalah yang diidentifikasi di masyarakat merupakan tujuan
pokok dari kegiatan show case dalam pembelajaran portofolio
b.
benar, untuk menjelaskan dan mengevaluasi
kebijakan alternatif mengatasi masalah sehingga hadirin dapat memahami
keuntungan dan kerugian dari setiap kebijakan tersebut merupakan tujuan pokok
dari kegiatan show case dalam pembelajaran portofolio
c.
benar, untuk mendiskusikan kebijakan yang
dipilih kelas sebagai kebijakan terbaik untuk mengatasi masalah
d.
salah, agar siswa menyadari apa yang
mereka ketahui tentang masalah di masyarakat merupakan tujuan dari tahap
mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat
No 42.
a.
benar, karena menggunakan hak yang dimiliki
sesuai dengan kaidah-kaidah normatif yang berlaku, seperti norma agama,
kesusilaan, kesopanan dan agama merupakan sikap dan perbuatan yang harus
dilakukan oleh setiap warga negara dalam upaya membina ketertiban sebagai perwujudan
atau manifestasi warga negara yang cerdas
b.
benar, karena menghargai hak dan kewajiban serta
kepentingan orang lain merupakan sikap dan perbuatan yang harus dilakukan oleh
setiap warga negara dalam upaya membina ketertiban sebagai perwujudan atau
manifestasi warga negara yang cerdas
c.
benar, karena menjunjung tinggi toleransi dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara merupakan sikap dan perbuatan
yang harus dilakukan oleh setiap warga negara dalam upaya membina ketertiban
sebagai perwujudan atau manifestasi warga negara yang cerdas
d.
salah, karena keanekaragaman dalam
masyarakat harus dihapus digantikan dengan kesamaan dalam semua aspek agar
tidak timbul konflik bukan merupakan sikap dan perbuatan yang harus dilakukan
oleh setiap warga negara dalam upaya membina ketertiban sebagai perwujudan atau
manifestasi warga negara yang cerdas
No 43.
a.
Benar, karena Sense of interest potensi
dasar mental manusia yang merupakan keinginan atau kehendak terhadap sesuatu
b.
Salah, karena Sense of curiosity potensi dasar
mental manusia yang berkaitan dengan dorongan keingintahuan terhadap sesuatu
objek dalam kehidupan secara mendalam
c.
Salah, karena Sense of reality potensi dasar
mental manusia yang berkaitan dengan dorongan untuk membuktikan kenyataann
sebenarnya
d.
Salah, karena Sense of inquiry potensi dasar
mental manusia yang berkaitan dengan dorongan untuk menyelidiki terhadap suatu
objek tertentu
No 44.
a.
salah, karena apatisme mempunyai arti sebagai
sikap yang tidak punya minat atau tidak punya perhatian terhadap orang lain,
situasi atau gejala-gejala pada umumnya dan pada khususnya
b.
benar, karena sinisme merupakan perasaan
yang menghayati tindakan dan motif orang lain dengan rasa kecurigaan
c.
salah, karena alienasi merupakan perasaan
keterasingan seseorang dari politik dan pemerintahan masyarakat, dan
kecenderungan berpikir mengenai pemerintahan dan politik bangsa dilakukan oleh
orang lain dan untuk orang lain, mengikuti sekeumpulan aturan-aturan yang tidak
adil
d.
salah, karena anomie sebagai perasaan kehilangan
nilai dan ketiadaan arah, dimana individu mengalami perasaan tidak efektif dan
perasaan dipedulikan oleh para penguasa negara, yang mengakibatkan hilangnya
urgensi untuk bertindak, dan tidak terarahnya tujuan-tujuannya
No 45.
a.
Benar, karena menurut Purbacaraka, bahwa
tanggung jawab bersumber atau lahir atas penggunaaan fasilitas dalam penerapan
kemampuan tiap orang untuk menggunakan hak atau dan melaksanakan kewajibannya
b.
Salah, karena menurut Ridwan Halim tanggung
jawab sebagai suatu akibat lebih lanjut dari pelaksanaan peran , baik peranan
itu hak maupun kewajiban ataupun kekuasaanc
c.
Salah, karena menurut Plato bahwa warga negara
yang bertanggung jawab mempunyai empat keutamaan atau kebajikan
d.
Salah, karena menurut Aristoteles, warga negara
yang bertanggung jawab adalah warga negara yang memiliki 4 keutamaan atau
kebajikan selaku warga negara yang dihubungkan dengan tiga bagian jiwa manusia
No 46.
a.
benar, bergaul atau berinteraksi dengan sesama
warga masyarakat dengan tidak menonjolkan perbedaan agama, keturunan, bahasa,
budaya, ras atau etnik merupakan perwujudan sikap toleransi dalam kehidupan
beragama
b.
benar, tidak melakukan tindakan yang
memprovokasi, seperti mangadu domba, rasa kedaerahan yang sempit maupun
etnosentrisme, pelecehan ajaran agama tertentu merupakan perwujudan sikap
toleransi dalam kehidupan beragama
c.
benar, karena tidak mencampuradukkan
ajaran-ajaran agama yang satu dengan lainnya merupakan perwujudan sikap
toleransi dalam kehidupan beragama
d.
salah, melakukan kegiatan ritual setiap
agama, agar dapat menghayati setiap agama yang ada di lingkungannya bukan
merupakan perwujudan sikap toleransi dalam kehidupan beragama
No 47.
a.
benar, membantu mengklarifikasi tujuan
pembelajaran bagi peserta didik merupakan tujuan penilaian yang dilakukan oleh
guru
b.
benar, menginformasikan kelebihan dan kekurangan
peserta didik dalam belajar merupakan tujuan penilaian yang dilakukan oleh guru
c.
benar, menginformasikan peserta didik bagaimana
meningkatkan proses dan hasil belajarnya merupakan tujuan penilaian yang dilakukan
oleh guru
d.
salah, sebagai alat bagi guru untuk
mengancam siswa apabila melanggar tata tertib atau melakukan perbuatan yang
dianggap guru tidak baik bukan merupakan tujuan penilaian yang dilakukan oleh
guru
No 48.
a.
benar, valid merupakan prinsip penilaian
kelas yang harus mengukur apa yang seharusnya di ukur dengan menggunakan alat
yang dapat dipercaya, tepat, dan sahih
b.
salah, karena prinsip mendidik merupakan
penilaian harus memberikan sumbangan positif terhadap pencapaian hasil belajar
siswa
c.
salah, karena prinsip berorientasi pada
kompetensi merupakan penilaian harus menilai pencapaian kompetensi dasar yang
dimaksud dalam kurikulum
d.
salah, karena prinsip adil dan objektif
merupakan penilaian harus adil terhadap semua sisiwa dan tidak-tidak
membeda-bedakan latar belakang sisiwa yang tidak berkaitan dengan pencapaian
hasil belajar
No 49.
a.
benar, karena model penilaian daftar
cocok merupakan model penilaian yang digunakan untuk mengetahui bagaimana
respon atau pendapat siswa terhadap suatu permasalahan yang berkaitan dengan
materi atau pokok bahasan/sub pokok bahasan yang diajarkan
b.
salah, karena model penilaian catatan anekdot
yaitu catatan-catatan kejadian khusus yang dapat dipergunakan untuk melihat
perkembangan individu atau kelompok siswa
c.
salah, karena model penilaian skala bertingkat
adalah alat penilaian non tes untuk mengukur karakteristik tertentu sebagaimana
diharapkan muncul dalam diri siswa
d.
salah, karena model penilaian sosiometri alat
penilaian non tes yang bertujuan untuk melihat sampai sejauhmana sikap sosial
siswa di kelas
No 50.
a.
salah, karena karakteristik multisumber
mempunyai makna bahwa bahan-bahan yang akan dijadikan portofolio oleh siswa
dapat diambil dari berbagai sumber, baik dari hasil pengamatan sederhana,
penelitian sederhana, media massa ataupun jenis penugasan lainnya
b.
benar, karena karakteristik authentic
mempunyai makna bahwa bahan-bahan yang dikembangkan oleh siswa benar-benar
nyata dikembangkan dan disusun oleh siswa
c.
salah, karena karakteristik eksplisit mempunyai
makna bahwa adanya kejelasan apa yang ditugaskan kepada siswa dengan apa yang
menjadi target harapan
d.
salah, karena karakteristik integrasi mempunyai
makna bahwa penilaian portofolio merupakan penilaian yang dilakukan tergadap
hasil karya siswa secara terintegrasi antarkompetensi pengetahuan, sikap, dan
keterampilan
No comments:
Post a Comment