No 31.
a.
Salah, karena menurut Hornby, demokrasi adalah
negara dengan prinsip pemerintahannya yang ditnadai oleh adanya partisipasi
warga negara yang sudah dewasa ikut berpartisipasi dalam pemerintahan
b.
Benar, karena menuru Abraham Lincoln
Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat
c.
Salah, karena menurut Torres, demokrasi sebagai
salah satu bentuk pemerintahan, demokrasi sebagai suatu landasan pelaksanaan
kekuasaan tertinggi di tangan rakyat, dan demokarsi sebagai konsep republik
sebagai bentuk pemerintahan yang murni
d.
Salah, karena menurut Miriam Budiarjo, demokrasi
adalah rakyat berkuasa atau government or rule by the people
No 32.
a.
Benar, karena menurut Udin S. Winataputra
pendidikan demokrasi adalah upaya sistematis yang dilakukan negara dan
masyarakat untuk menfasilitasi individu warga negara agar memahami, menghayati,
mengamalkan dan mengembangkan konsep, prinsip dan nilai demokrasi sesuai dengan
status perannya dalam masyarakat
b.
Salah, karena menurut Numan Somantri adalah
bahwa pendidikan kewarganegaraan merupakan keseluruhan kegiatan sekolah, rumah,
dan masyarakat yang dapat menumbuhkan demokrasi
c.
Salah, karena menurut Gandal dan Finn bahwa
demokrasi tidak dapat mengajarkannya sendiri
d.
Salah, karena menurut Thomas Jefferson bahwa
pengetahuan, skill, perilaku warga negara yang demokratis tidak akan terjadi
dengan sendirinya, tetapi harus diajarkan kepada generasi penerus.
No 33.
a.
benar, karena berpandangan yang
pluralistik uniter merupakan paradigma pendidikan demokrasi yang perlu
dikembangkan dalam lingkungan sekolah adalah pendidikan demokrasi yang bersifat
multidimensional atau bersisi jamak.
b.
Benar, karena sikapnya dalam menempatkan
individu, negara, dan masyarakat global yang harmonis merupakan paradigma
pendidikan demokrasi yang perlu dikembangkan dalam lingkungan sekolah adalah
pendidikan demokrasi yang bersifat multidimensional atau bersisi jamak
c.
Benar, karena tujuan yang diarahkan pada semua
dimensi kecerdasan merupakan paradigma pendidikan demokrasi yang perlu
dikembangkan dalam lingkungan sekolah adalah pendidikan demokrasi yang bersifat
multidimensional atau bersisi jamak
d.
Salah, karena konteks yang menghasilkan
pengalaman belajar yang eksklusif bukan merupakan paradigma pendidikan
demokrasi yang perlu dikembangkan dalam lingkungan sekolah adalah pendidikan
demokrasi yang bersifat multidimensional atau bersisi jamak
No 34.
a.
salah, karena konsep mempunyai makna yang
menunjukkan kepada sesuatu, pengertian tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk
kata-kata, nama atau pernyataan
b.
benar, karena nilai mempunyai makna
sesuatu yang merujuk kepada tuntunan perilaku yang membedakan perbuatan yang
baik dan buruk atau dapat diartikan sebagai kualitas kebaikan yang melekat pada
sesuatu
c.
salah, karena moral mempunyai makna keharusan
perilaku yang dibawakan oleh nilai
d.
salah, karena norma merupakan sumber dasar hukum
yang menguatkan kedudukan konsep, nilai, dan moral serta perilaku yang
dilakukan
No 35.
a.
benar, pasal 26 ayat 1 UUD 1945
menyatakan tentang Yang menjadi WNI adalah orang-orang bangsa Indonesia asli
dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga
Negara
b.
salah, karena pasal 27 UUD 1945 menyatakan
tentang kesamaan kedudukan di depan hukum
c.
salah, karena pasal 28 UUD 1945 menyatakan
tentang kebebasan mengeluarkan pendapat, berserikat dn berkumpul
d.
salah, karena pasal 29 UUD 1945 menyatakan
tentang kehidupan beragama
No 36.
a.
benar, kerena kecintaan pada tanah air merupakan
dasar dari perwujudan bela negara yang dilandasi oleh adanya tekad, sikap, dan
tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut
b.
benar, karena kesadaran berbangsa dan bernegara
Indonesia merupakan dasar dari perwujudan bela negara yang dilandasi oleh
adanya tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh,
terpadu dan berlanjut
c.
benar, karena keyakinan akan kesaktian Pancasila
sebagai ideologi negara, dan kerelaan berkorban merupakan dasar dari perwujudan
bela negara yang dilandasi oleh adanya tekad, sikap, dan tindakan warga negara
yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut
d.
salah, karena kesetiaan terhadap
pimpinan, walaupun dalam keadaan salah atau benar bukan merupakan dasar dari
perwujudan bela negara yang dilandasi oleh adanya tekad, sikap, dan tindakan
warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut
No 37.
a.
benar, karena pengalaman dan kegiatan belajar
relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa merupakan kekuatan/
keunggulan dari pembelajaran tematik
b.
salah, karena menyenangkan karena
bertolak dari minat dan kebutuhan guru bukan merupakan kekuatan/ keunggulan
dari pembelajaran tematik
c.
benar, karena hasil belajar akan bertahan lama
karena lebih berkesan dan bermakna merupakan kekuatan/ keunggulan dari
pembelajaran tematik
d.
benar, karena mengembangkan keterampilan
berpikir siswa dengan permasalahannya yang dihadapi merupakan kekuatan/
keunggulan dari pembelajaran tematik
No 38.
a.
benar, karena webbed merupakan model
pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan tema tertentu yang
berkecenderungan dapat disampaikan melalui beberapa mata pelajaran
b.
salah, karena connected merupakan model
pembelajaran yang dilandasi anggapan bahwa butir-butir pembelajaran dapat
dipayungkan pada induk mata pelajaran tertentu
c.
salah, karena integrated merupakan model
pemaduan sejumlah tema pembelajaran dari mata pelajaran yang berbeda tetapi
esensinya sama dalam sebuah tema/topik tertentu.
d.
salah, karena networked merupakan model
pembelajaran yang lebih menfokuskan kepada jaringan kerjasama
No 39.
a.
benar, karena mengidentifikasi masalah
yang ada dalam masyarakat merupakan langkah pertama dalam pembelajaran
portofolio
b.
salah, karena memilih masalah untuk kajian kelas
merupakan langkah kedua dalam pembelajaran portofolio
c.
salah, karena mengumpulkan informasi tentang
masalah yang akan dikaji oleh kelas merupakan langkah ketiga dalam pembelajaran
portofolio
d.
salah karena mengembangkan portofolio kelas
merupakan langkah keempat dalam pembelajaran portofolio
No 40.
a.
benar, agar siswa menyadari apa yang mereka
ketahui tentang masalah di masyarakat merupakan tujuan dari tahap
mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat
b.
benar, agar mendiskusikan permasalahan ini dengan
orangtua siswa, tetangga, atau anggota masyarakat lain untuk menemukan apa yang
mereka ketahui dan apa yang mereka pikirkan tentang permasalahan ini merupakan
tujuan dari tahap mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat
c.
benar, mengumpulkan informasi yang cukup untuk
memilih masalah yang disepakati oleh mayoritas siswa merupakan tujuan dari
tahap mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat
d.
salah, karena mengkaji informasi yang
telah dikumpulkan yang dianggap paling penting merupakan langkah dari memilih
masalah untuk kajian kelas
No comments:
Post a Comment