No 1.
a.
salah. Mumford menggolongkan orang belajar
kedalam empat golongan.
b.
salah. Belajar baru akan terjadi jika ada
interaksi antara individu dan lingkungannya.
c.
salah. Pandangan Honey sama dengan Mumford.
d.
benar. Tahap pengalaman konkret merupakan
tahap awal dalam peristiwa belajar.
No 2.
a.
benar. Menugaskan anak untuk menuliskan
jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungannya merupakan contoh membimbing
anak belajar aktif.
b.
salah. Menentukan materi pelajaran yaitu materi
yang akan diajarkan sesuai dengan kemampuan anak.
c.
salah. Mengidentifikasi kemampuan peserta didik
untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik dalam proses belajar.
d.
salah. Mengevaluasi proses dan hasil belajar
yaitu mengetahui sejauh mana keberhasilan belajar peserta didik.
No 3.
a.
salah. Honey menggolongkan belajar menjadi
empat.
b.
benar. John Dewey menjelaskan pendidikan
merupakan proses sosial bagi anak untuk menjadi bagian yang aktif.
c.
salah. Mumford menggolongkan belajar menjadi
empat
d.
salah. Ausbel bukan merupakan tokoh pendidikan
No 4.
a.
salah. Guru memfasilitasi dalam proses belajar
b.
salah. Guru melindungi peserta didik dalam
proses belajar
c.
salah. Guru sebagai pembimbing dalam proses/
kegiatan berdiskusi.
d.
benar. Tugas guru tidak sebagai pemberi
hukuman.
No 5.
a.
benar. Vygotsky memandang sosiokultural
konstruktivis yang menekankan kemandirian, yaitu untuk menyelesaikan tugas yang
kompleks dengan menggunakan media.
b.
salah. Berdasarkan konsep, yaitu belajar yang
paling baik adalah berdasarkan konsep
c.
salah. Pemecahan masalah dapat digunakan dalam
menunjang metode pengajaran yang menekankan pada pembelajaran kooperatif.
d.
salah. Menunjang pengajaran yang menekankan
belajar yang baik dengan orang dewasa dan teman sebaya.
No 6.
a.
benar, yaitu mengetahui tingkat status
dan kemampuan belajar siswa saat ini
b.
salah. Jawaban ini merupakan jawaban yang tidak
ada hubungannya dengan soal
c.
salah. Jawaban ini merupakan jawaban yang tidak
ada hubungannya dengan soal.
d.
salah. Jawaban ini merupakan jawaban yang tidak
ada hubungannya dengan soal
No 7.
a.
salah. Pemberian bantuan secara individual
antara orang yang memberi bantuan dan yang diberi bantuan
b.
salah. Pemberian bantuan yang dilakukan baik
secara individual maupun berkelompok
c.
benar. Memfasilitasi kegiatan yang
dilakukan oleh si
d.
salah. Memimpin kegiatan yang dilakukan dalam
pembelajaran
No 8.
a.
salah. Arah dan tujuannya memang bukan untuk
kepentingan pemerintah.
b.
salah. Bukan kepentingan golongan
c.
salah. Tidak hanya menghilangkan kemiskinan.
d.
benar. Menganggulangi kebodohan dan
kemiskinan.
No 9.
a.
salah. Peran guru sebagai pemimpin yang
digugu/menjadi contoh bagi siswanya
b.
salah. Peran guru dapat menghasilkan seorang
intelektual
c.
salah. Guru dituntut untuk dapat mengembangkan
kondisi dan suasana pondok untuk belajar
d.
benar. Peran guru tidak hanya mentransfer
ilmu pengetahuan kepada peserta didik.
No 10.
a.
salah. Menurut Taylor kebudayaan merupakan
keteraturan dalam hidup bermasyarakat.
b.
benar. Menurut Tilaar, kebudayaan
merupakan satu kesatuan dan bukan jumlah dari bagian-bagian.
c.
salah. Talcott membedakan wujud kebudayaan
sebagai suatu sistem gagasan serta konsep-konsep
d.
salah. Selo Sumarjan dan Soelaeman merumuskan
kebudayaan sebagai hasil karya
No comments:
Post a Comment