Kategori

Wednesday, September 12, 2012

Kunci Jawaban Ujian Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan PDGK4306 (bagian 3)


No 21.
a.        benar. Memberikan kesempatan siswa untuk menggunakan fasilitas industri untuk praktik
b.        salah. Perluasan dan pemerataan kesempatan untuk memperoleh pendidikan.
c.         salah. Pemberdayaan dan pendayagunaan berbagai institusi
d.        salah. Pendidikan untuk semua

No 22.
a.        benar. Mempunyai manfaat yang dapat diterapkan pada kehidupan
b.        salah. Merupakan bagian dari menumbuhkan kemandirian
c.         salah. Merupakan bagian dari menumbuhkan kemandirian
d.        salah. Merupakan bagian dari menumbuhkan kemandirian

No 23.
a.        benar. Prinsip pembelajaran berwawasan kemasyarakatan yang membahas kegiatan pembelajaran dan diupayakan memiliki nilai strategis bagi peserta didik.
b.        salah. Prinsip pembelajaran berwawasan kemasyarakatan bahwa setiap keputusan untuk kepentingan peserta didik harus dimusyawarahkan terlebih dahulu secara bersama.
c.         salah. Pelayanan yang diberikan kepada peserta didik dilakukan secara terpadu dari berbagai komponen yang terlibat.
d.        salah. Kegiatan pembelajaran diupayakan memiliki nilai strategis bagi peserta didik sehingga memiliki kemudahan untuk dapat dijangkau oleh setiap peserta didik.

No 24.
a.         salah. Kegiatan atau pekerjaan melatih untuk memperoleh kemahiran atau kecakapan
b.        salah. Mata kegiatan pendidikan yang berlangsung di dalam masyarakat yang dilakukan secara sengaja, terorganisir, dan sistematik untuk memberikan materi pelajaran tertentu
c.         salah. Salah satu wadah dalam rangka membelajarkan masyarakat
d.        benar. Satuan pendidikan yang dibentuk atas dasar pendekatan dan kebutuhan masyarakat yang berorintasi pada keagamaan Islam

No 25.
a.         salah. Membekali diri dengan keterampilan yaitu montir, agar dapat meningkatkan diri untuk kesejahteraan hidupnya.
b.        salah. Dikhususkan para pemuda untuk diberi keterampilan agar dapat menciptakan lapangan kerja, misalnya di bidang sablon, komputer, jahit, sehingga dapat meningkatkan kehidupan sehingga memadai.
c.         salah.
d.        benar. Setelah putus sekolah, perlu membekali diri dengan belajar kepada orang lain yang mempunyai pengetahuan lebih, yaitu cara membudidayakan tanaman bunga, sehingga dengan kemampuan yang dimiliki dapat meningkatkan kesejahteraan.

No 26.
a.         salah, karena adanya dominasi guru
b.        salah, karena dominasi orang tua
c.         salah, karena dominasi sekolah
d.        benar, salah satu contoh yang sangat berpengaruh dalam proses belajar dengan pendekatan pedagogi

No 27.
a.         salah, karena peserta didik dimotivasi untuk belajar oleh guru
b.        salah, karena peserta didik disiapkan untuk mempelajari sesuatu hal yang disampaikan pleh guru
c.         salah, karena peserta didik diasumsikan hanya butuh mengetahui tentang segala sesuatu yang diajarkan guru jika mereka menginginkan kelulusan dan mendapatkan peningkatan
d.        benar, peserta didik merupakan sumber pengalaman, sehingga teknik pemindahan informasi merupakan yang paling dominan.

No 28.
a.         benar, merumuskan tujuan belajar
b.        benar, menciptakan iklim belajar yang cocok
c.         benar, melaksanakan kegiatan belajar
d.        salah, Karena jawaban ini merupakan jawaban yang tidak adahubungannya dengan soal

No 29.
a.         salah, karena Tilaar hanya menyadur
b.        benar, Tylor menyampaikan proses pembelajaran tidak terlepas dari keragaman budaya yang dimiliki peserta didik
c.         salah, Ki Hajar Dewantara tidak menyampaikan hal seperti itu
d.        salah, karena Thomas Hickema mengungkapkan tentang tugas guru

No 30.
a.         salah, karena adat istiadat sangat beragam
b.        benar, pendidik harus menjadi seorang model dan sekaligus menjadi mentor
c.         salah, karena kurikulum mencakup semua program pembelajaran
d.        salah, karena tidak sesuai dengan pertanyaan

No comments:

Post a Comment