No 11.
a.
Benar, bahwa Pasal 28 Kemerdekaan
berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan
sebagainya ditetapkan dengan undang-undang.
b.
Salah, karena Pasal 29 Negara berdasarkan atas
Ketuhanan Yang Maha Esa, dan Negara menjamin kemerdekaan tiap penduduk untuk memeluk
agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya
itu.
c.
Salah, karena Pasal 30 Tiap-tiap warga negara
berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan Negara dan Syarat-syarat
tentang pembelaan diatur dengan undang-undang.
d.
Salah, karena Pasal 31 Tiap-tiap warga negara
berhak mendapat pengajaran, dan Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan
satu sistem pengajaran nasional, yang diatur dengan undang-undang.
No 12.
a.
Benar, bahwa a sense of identify adalah
warga negara harus memiliki identitas atau jati diri sesuai dengan ideologi
negaranya, seperti warga negara Indonesia, ia memiliki identitas sebagai insan
Tuhan, insan yang peduli terhadap orang lain dan lingkungannya, dan loyal
terhadap bangsa dan negaranya.
b.
Salah, karena the enjoyment of certain rights
adalah Warga negara memiliki hak-hak tertentu, artinya warga negara mengetahui
hak-haknya, dan pemerintah menjamin hak-hak warga negaranya.
c.
Salah, karena the fulfilment of corresponding
obligations adalah Warga negara memiliki kewajiban-kewajiban yang menjadi
keharusan, sehingga selalu menjaga keseimbangan antara kepentingan pribadi
dengan kepentingan publik serta memiliki sikap tanggung jawab.
d.
Salah, karena a degree of interest and
involvement in public affairs Warga negara memiliki sikap tanggung jawab untuk
berpartisipasi demi kepentingan umum, sehingga merasa terpanggil untuk
ikutserta dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat kepentingan umum adalah.
No 13.
a.
Benar, bahwa yang bersifat materiil,
misalnya, buku, model pakaian, bendera, lambang.
b.
Salah, karena yang bersifat imateriil, misalnya
contoh kasus, ceritera, legenda, budaya.
c.
Salah, karena yang bersifat kondisional,
misalnya suasana simulasi yang diciptakan sebelum atau pada saat Proses belajar
berlangsung di kelas atau di tempat kejadian.
d.
Salah, karena yang bersifat personal , misalnya
nama atau foto atau gambar tokoh masyarakat atau pahlawan, gambar atau foto
atau nama presiden, raja.
No 14.
a.
Salah, karena Petani diwajibkan menyediakan 1/5
dari tanahnya yang akan ditanami oleh tanaman wajib, yang akan diperdagangkan
oleh Pemerintah. Tanaman wajib itu berupa taruma (nila), tebu, tembakau, kopi
merupakan pokok-pokok Peraturan Tanam Paksa.
b.
Salah, karena Hasil tanaman wajib diserahkan
kepada pemerintah dengan harga yang telah ditetapkan oleh Pemerintah merupakan
pokok-pokok Peraturan Tanam Paksa.
c.
Benar , karena Tanah yang dikenakan
tanaman wajib harus ada pajak tanah, tetapi kecil bukan merupakan pokok-pokok
Peraturan Tanam Paksa.
d.
Salah, karena Tenaga yang diperuntukkan bagi
pemeliharaan tanaman wajib, tidak boleh melebihi tenaga kerja demi penggarapan
tanah (sawah) merupakan pokok-pokok Peraturan Tanam Paksa.
No 15.
a.
Benar, bahwa Pendidikan Nasional
Indonesia (PNI Baru). Sejak tahun 1932, organisasi ini dipimpin oleh Moh.
Hatta, bertujuan melepaskan diri dari penjajahan untuk mencapai kemerdekaan dan
menjunjung tinggi sikap nonkoperasi dengan pihak pemerintah Belanda.
b.
Salah, karena Partai Indonesia (Partindo).
Organisasi ini dipimpin oleh Mr. Sartono dan pada hakikatnya merupakan
kelanjutan dari PNI lama sehingga tujuannya pun sama ialah Indonesia merdeka.
Secara spesifik, tujuan Partindo ialah: (1) perluasan hak-hak politik dan
perteguhan keinginan menuju suatu pemerintah rakyat berdasarkan demokrasi; (2)
perbaikan hubungan komunkasi dalam masyarakat; dan (3) perbaikan ekonomi
rakyat.
c.
Salah, karena Gerakan Rakyat Indonesia
(Gerindo). Didirikan di Jakarta tahun 1937 oleh mantan anggota Partindo
sehingga tujuannya sama dengan Partindo. Perbedaannya, Gerindo menjunjung asas
koperasi, ialah mau bekerja sama dengan pihak Pemerintah Hindia Belanda.
Gerindo berusaha mencapai bentuk pemerintahan negara berdasarkan kemerdekaan di
lapangan politik, ekonomi, dan sosial.
d.
Salah, karena Partai Persatuan Indonesia
(Parpindo). Partai ini berusaha mencapai kemajuan ke arah suatu masyarakat dan
bentuk negara yang tersusun menurut keinginan rakyat. Didirikan oleh
orang-orang mantan anggota Gerindo termasuk peran Moh. Yamin dalam organisasi
ini sangat besar. Dasar partai adalah (1) “Sosial-nasionalisme” (nasional
bersendi atas persatuan Indonesia dan kedaulatan rakyat) dan (2)
“Sosial-demokrasi”.
No 16.
a.
Salah, karena Perubahan yang terus-menerus
merupakan sesuatu yang bersifat universal dan tidak dapat dihindari merupakan
generalisasi yang penting dan hendaknya di ajukan ketika guru membelajarkan
sejarah di kelas.
b.
Salah, karena Percepatan perubahan dalam
masyarakat bervariasi menurut faktor-faktor, seperti nilai dari masyarakat,
luasnya keragaman, dan frekuensi dalam komunikasi dengan budaya lain
generalisasi yang penting dan hendaknya di ajukan ketika guru membelajarkan
sejarah di kelas.
c.
Benar, bahwa Peristiwa masa lampau tidak
mempengaruhi peristiwa masa kini bukan merupakan generalisasi yang penting dan
hendaknya di ajukan ketika guru membelajarkan sejarah di kelas.
d.
Salah, karena Sejarah kebudayaan memberikan
kerangka pemikiran dan tindakan dalam persoalan budaya hari ini generalisasi
yang penting dan hendaknya di ajukan ketika guru membelajarkan sejarah di
kelas.
No 17.
a.
Benar, bahwa tari Topeng dari Cirebon.
b.
Salah, bahwa tari Kipas dari Sulawesi Selatan.
c.
Salah, karena tari Piring dan tari Payung dari
Sumatera Barat.
d.
Salah, karena Tari Jaipong Jawa Barat.
No 18.
a.
Salah, karena Tipe masyarakat berkebun yang amat
sederhana dengan keladi dan ubi jalar sebagai tanaman pokoknya dalam kombinasi
dengan berburu atau meramu; penanaman padi tak dirasakan; system dasar
kemasyarakatannya berupa desa terpencil tanpa defferiansi dan stratifikasi yang
berarti; Gelombang pengaruh kebudayaan menanam padi, kebudayaan perunggu,
kebudayaan Hindu dan Agama Islam tidak dialami; Isolasi dibuka oleh Zending
atau Missie. Contoh kebudayaan Mentawai di Pantai Utara irian Jaya.
b.
Salah, karena Tipe masayarakat pedesaan
berdasarkan bercocok tanam di ladang atau di sawah dengan padi sebagai tanaman
pokok; Sistem dasar kemasyarakatannya berupa “ Komunitas petani “ dengan
defferiansi dan stratifikasi sosial yang sedang dan yang merasakan diri bagian
bawah dari suatu kebudayaan yang lebih besar, dengan suatu kebuadayaan yang
lebih besar dengan suatu bagian atas yang dianggap lebih halus dan beradab di
dalam masyarakat kota. Masyarakat kota yang menjadi arah orientasinya itu
mewujudkan suatu peradaban kepegawaian yang dibawa oleh system pemerintahan
kolonial beserta Zending dan Missie atau oleh Pemerintah Republik Indonesia
yang merdeka; gelombang pengaruh kebudayaan Hindu dan Islam tidak dialami.
Contoh Kebudayaan Nias, Batak, Kalimantan tengah, Minahasa, Flores, dan Ambon.
c.
Benar, bahwa Tipe masyarakat pedesaan
berdasarkan bercocok tanam di ladang atau di sawah dengan padi sebagai tanaman
pokoknya; Sistem dasar kemasyarakatannya berupa desa komuniti petani dengan
defferiansi dan stratifikasi sosial yang sedang; masyarakat kota yang menjadi
arah orientasinya mewujudkan suatu peradaban bekas kerajaan berdagang dengan
pengaruh yang kuat dari agama Islam, bercampur dengan suatu peradaban
kepegawaian yang dibawa oleh system pemerintahan kolonial; gelombang pengaruh
kebudayaan Hindu tidak dialami, atau hanya sedemikian kecilnya sehingga
terhapus oleh pengaruh agama Islam. Contoh kebudayaan Aceh, Minangkabau, dan
Makasar.
d.
Salah, karena Tipe masyarakat pedesaan
berdasarkan bercocok tanam di sawah dengan padi sebagai tanaman pokoknya; system
dasar kemasyarakatannya berupa kommuniti petani dengan differensiasi dan
stratifikasi sosial yang agak kompleks; masyarakat kota yang menjadi arah
orientasinya itu mewujudkan suatu peradaban bekas kerajaan pertanian bercampur
dengan peradaban kepegawaian yang dibawa oleh system pemerintah kolonial; semua
gelombang pengaruh kebudayaan asing dialami, atau seperti halnya pada
kebudayaan Bali, gelombang pengaruh agama Islam hanya sejak setengah abad
terakhir ini. Contoh kebudayaan Sunda, Jawa, dan Bali.
No 19.
a.
Salah, karena latar belakang sejarah merupakan
salah satu unsure terbentuknya bangsa.
b.
Salah, karena pengalaman merupakan salah satu
unsure terbentuknya bangsa.
c.
Salah, karena perjuangan dalam mencapai
kemerdekaan merupakan salah satu unsure terbentuknya bangsa.
d.
Benar, bahwa status bukan merupakan salah
satu unsure terbentuknya bangsa.
No 20.
a.
Salah, karena Setiap siswa sebaiknya memerankan
peran yang berbeda sehingga penghayatannya terhadap nilai dan sikap menjadi
lebih mantap merupakan rambu-rambu pelaksanaan Bermain peran.
b.
Salah, karena Jika pemahaman terhadap peran
berlangsung lambat, guru dapat meminta siswa membuat scenario, sehingga
permainan menjadi lebih lancar merupakan rambu-rambu pelaksanaan Bermain peran.
c.
Salah, karena Jika diperlukan, guru dapat
memodelkan permainan peran, terutama peran-peran yang dianggap sukar untuk
dihayati merupakan rambu-rambu pelaksanaan Bermain peran.
d.
Benar, bahwa Peran yang akan dimainkan
haruslah tidak perlu menyeseuaikan dengan tingkat berpikir dan usia serta
pengalaman siswa bukan merupakan rambu-rambu pelaksanaan Bermain peran.
No comments:
Post a Comment