Sunday, June 10, 2012

Soal Ujian Perspektif Pendidikan di SD PDGK4104 (bagian 3)


No 21.
Pengertian belajar menurut Bruner bahwa inti belajar itu adalah….
A.      menstransformasikan informasi
B.      menemukan kesalahan
C.      dalam pembelajaran guru harus memperhatikan prisip
D.      sekedar menghafal sesuatu

No 22.
Pada proses pembelajaran guru memberi tugas pada siswanya untuk melakukan observasi terhadap kehidupan yang terjadi di sebuah pemukiman dekat pabrik. Yang dilakukan guru tersebut adalah contoh dari belajar….
A.      pemberian tugas
B.     observasi
C.      menyimak
D.      menemukan

No 23.
Pemberian hadiah dapat menumbuhkan motivasi dalam kegiatan belajar di sekolah karena ….
A.      melalui pemberian hadiah dengan harapan siswa dapat belajar lebih baik lagi
B.      membuat anak menjadi girang dan senang
C.      anak menjadi percaya diri, karena telah menerima hadiah
D.      dengan adanya hadiah anak akan berperilaku positif

No 24.
Tujuan bimbingan dan konseling di SD menurut Agus Taufik antara lain….
A.      memperoleh makna pribadi dari belajarnya
B.      sebagai suatu proses pemberian bantuan pada siswa
C.      terwujudnya manusia Indonesia seutuhnya
D.      siswa dapat memahami diri sendiri

No 25.
Model layanan yang mengarah pada perkembangan anak berbakat yang berkaitan dengan perkembangan moral adalah….
A.      mengembangkan bakat seseorang
B.      memperhatikan kehidupan anak sehari-hari
C.      melatih kepemimpinan
D.      membentuk individu yang bertanggung jawab secara moral

No 26.
Sikap dan tindakan yang harus dilakukan dalam menghadapi anak yang berprilaku responsive terhadap perasaan anak adalah….
A.      selalu memperhatikan anak tersebut
B.      mengajak anak ketempat yang menyenangkan hatinya
C.      menciptakan hubungan baik dengan anak
D.      berbuat adil terhadap semua anak

No 27.
Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah….
A.      melakukan refleksi pada setiap akhir pembelajaran
B.      membentuk kelompok kerja guru
C.      melakukan penelitian mengenai kinerja guru
D.      menyelenggarakan seminar ilmiah

No 28.
Kegiatan yang dapat di lakukan oleh LPMP dalam peningkatan profesionalitas guru adalah….
A.      penerapan PAKEM
B.      menyampaikan beberapa pengalaman
C.      pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran
D.      informasi mode-model pembelajaran

No 29.
Yang harus dibentuk melalui pengembangan kurikulum dan pembelajaran di SD sesuai dengan pasal 6 ayat 6 PP No. 19 tahun 2005 yang berkaitan dengan kemampuan berkomuniksi adalah….
A.      mengacu pada pemahaman peserta didik tentang fenomena di lingkungannya dalam rangka menyesuaikan perilaku dalam kehidupan.
B.      kemampuan peserta didik dalam memahami fenomena di lingkungannya dan mengemasnya dalam bahasa Indonesia yang baik
C.      mengacu pada kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi masalah, dan memilih alternatif yang paling layak.
D.      mengacu pada kemampuan peserta didik dalam menggunakan logika dan bukti secara sistematis


No 30.
Standar kompetensi lulusan SD dalam mata pelajaran bahasa Indonesia didasarkan PP No.23 2006 dari aspek berbicara peserta didik diharapkan….
A.      mampu menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan perasaan dalam kegiatan perkenalan
B.      memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan dan pesan
C.      mampu menggunakan berbagai jenis bacaan untuk memahami wacana berbagai teks panjang dan berbagai karya sastra.
D.      mampu melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan.

No comments:

Post a Comment