No 11.
Misi pendidikan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan
kesiapan & kualitas proses pendidikan, adalah….
A.
pelaksanaan pengawasan dalam sistem pendidikan
nasional
B.
pemberdayaan peran masyarakat, serta penyediaan
sarana belajar yang mendidik
C.
pelaksanaan wajib belajar, dan pelaksanaan
otonomi manajemen pendidikan
D.
mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang
bermoral
No 12.
Berbagai strategi pembangunan dalam pembaharuan sistem
pendidikan yang tertuang dalam penjelasan umum UU SISDIKNAS 20/2003, adalah
....
A.
pengembangan kurikulum berbasis kompetensi
B.
mengupayakan perluasan untuk memperoleh
pendidikan yang bermutu
C.
pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang
bermutu
D.
memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa
secara utuh
No 13.
Prisip pengembangan Beragam & terpadu pada kurikulum
sesuai dengan Pasal 37 UU No. 20 2003 adalah….
A.
memperhatikan keragaman karakteristik peserta
didik
B.
mendorong peserta didik untuk mengikuti
perkembangan teknologi
C.
mengembangkan potensi peserta didik
D.
substansi kurikulum mencakup dimensi kompetensi
No 14.
Gizi sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Hal ini
ditunjukkan ….
A.
pertumbuhan anak akan terhambat apabila
kekurangan gizi dalam asupan makanannya
B.
fisik anak sesuai dengan fisik kedua orang
tuanya.
C.
oleh gangguan emosional yang dapat menyebabkan
terbentuknya steroid adrenal yang berlebihan
D.
tinggi badan anak perempuan pada usia 11-12
tahun akan lebih tinggi dari anak laki-laki
No 15.
Sebuah keluarga nampak hidupnya damai dan sejahtera. Nampak
anak dan kedua orang tuanya hubungannya dekat dan saling terbuka, Nampak
anaknya merasa nyaman dekat orang tuanya.Kasus tersebut menunjukkan keluarga
yang….
A.
otoriter
B.
bahagia
C.
permisif
D.
sejahtera
No 16.
Motivasi berteman anak SD menurut Harry Stack Sullivan, yang
termasuk tahap balas jasa adalah….
A.
saling berbagi perasaan, saling bercanda
B.
kadang-kadang bertengkar, tapi baikan kembali
C.
mendapatkan teman karena adanya suatu
kepentingan rasa keadilan
D.
menghargai teman sebagai individu, bukan karena
status ekonomi.
No 17.
Berikut adalah contoh prilaku anak SD yang memiliki
kematangan perkembangan intelektual berdasarkan beberapa percobaan konservasi
Piaget seriasi yaitu….
A.
anak sedang menyusun gelas dari ukuran kecil
hingga yang berukuran besar, atau sebaliknya.
B.
anak dapat mengelompokkan macam-macam benda
berdasarkan bentuk dan cirri-ciri dari masing-masing benda tersebut
C.
anak menyebut temannya satu persatu sambil
menyampaikan ciri-cirinya yang dimiliki oeh masing-masing dari temannya
D.
anak diberi gelas yang berbeda bentuknya ,
kemudian di isi air yang volumenya sama, selanjutnya anak suru member komenta
No 18.
Berikut adalah contoh yang benar bentuk prilaku anak
berdasarkan fungsi bahasa untuk mempengaruhi orang lain....
A.
Nina pulang sekolah bilang pada ibunya bahwa dia
tadi pagi ketemu bibiknya sedang menyeberang jalan di depan pasar
B.
Yaa! Hpku ketinggalan, padahal saya akan
menghubungi teman “ Kata Bu Tatk yang Nampak kecewa”
C.
Ma..ma..ma..ma terdengar suara bayi yang melihat
Ibunya yang melintas di depannya
D.
Nampak bayi sedang menangis, kemudian Ibunya
menghampirinya dan langsung memberi susu ketika itu juga bayi diam dari
No 19.
Berikut adalah contoh ekspresi anak sedang berceloteh ....
A.
Seorang bayi waktu melihat mamanya membawa
makanan spontan mengucap ma-em-ma-em
B.
Tatik anak usia 2 tahun saat makan pisang.
Dihampiri temannya.Sontan Tatik bicara:mau piasng!
C.
Wina waktu bermain dengan teman sekolahnya asyik
membicarakan PR yang matematika
D.
Seorang bayi menggeliat sambil menangis ketika
akan disuapi oleh Ibunya
No 20.
Berikut adalah contoh yang benar penerapan metode bermain
untuk perkembangan agama anak SD ....
A.
Waktu anak diajak ke kebun binatang guru di
tengah perjalanan memberitahukan pada siswa agar mengamati keistimewaan hewan
yang ada di kebun binatang sebagai ucapan syukur kepada Yang Maha Kuasa
B.
Waktu istirahat guru menghampiri siswa yang
sedan meniup balon, sambil berkata minta bantuan teman agar kamu tidak merasa
kelelehan meniup balon sendiri . Itulah perlunyaberteman!
C.
Guru bersama anak saat membicarakan kisah si
Maling kondang memperingatkan anak jangan berani pada kedua orang tua.
D.
Waktu pelajaran agama guru menyontohkan cara
mengambil air wudhu yang benar
No comments:
Post a Comment