No 1.
Definisi yang terkandung dalam teori historis-kultural yang
relevan dengan landasan filosofis & psikologis-pedagogis pendidikan di SD,
adalah ....
A.
salah satu pilar konseptual tentang perkembangan
kognitif anak
B.
memusatkan perhatian pada penggunaan simbol
sebagai alat untuk mengembangkan cara berpikir anak
C.
menekankan pada potensi manusia sebagai ciri
utama, hubungan yang hangat, kesadaran akan perasaan orang lain
D.
sumber pengetahuan tentang perkembangan kognitif
anak
No 2.
Kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu dari 4 sasaran
utama karakteristik dalam pendidikan SD, karena pendidikan SD diarahkan untuk
....
A.
dapat membaca, menulis dan menghitung
B.
mencari informasi untuk memecahkan masalah
C.
menggunakan logika
D.
dapat menginfomasikan sesuatu yang diperoleh
No 3.
Makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang
pengelolaan pendidikan SD adalah sebagai berikut.kecuali ....
A.
pengadaan gedung untuk SD adalah tanggung jawab
Pemerintah Daerah
B.
pemeliharaan gedung dan tanah untuk SD merupakan
tanggung jawab Pemerintah Daerah
C.
pengembangan tenaga kependidikan adalah tanggung
jawab Menteri
D.
perbaikan dan pengadaan gedung serta penyediaan
tanah adalah tanggung jawab Pemerintah Daerah
No 4.
Pendidikan formal Madrash Ibtidaiyah adalah ....
A.
sekolah yang menyelenggarakan pendidikan umum
setingkat SD, di samping pendidikan Agama Islam
B.
jenjang pertama Pendidikan Dasar yang
menyelenggarakan Pendidikan Umum bagi anak usia 6-12 tahun
C.
sekolah yang menyelenggarakan Pendidikan Umum
dengan keunggulan yang merupakan kelebihannya dari SD biasa
D.
sekolah yang mengadakan pelayanan khusus
terhadap anak yang memiliki kelainan fisik atau mentalnya
No 5.
Yang dimaksud sekolah rumah adalah....
A.
pendidikan bagi peserta didik yang berusia 15-44
tahun
B.
program pendidikan non formal setara SD/MI
C.
sekolah dimana anak yang normal dengan anak yang
mengalami kelainan berbaur menjadi satu
D.
sekolah yang diselenggarakan oleh orang tua di
rumah, dengan tujuan potensi anak yang unik dapat berkembang secara optimal
No 6.
Beberapa ketentuan perundang-undangan yang merupakan
penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang sistem pendidikan Nasional yang
mencakup UU no. 4 Tahun 1950 adalah….
A.
Dasar-dasar pendidikan, pengajaran dan
kebudayaan
B.
Pembentukan panitia penyelidik pengajaran RI
C.
Tentang perumusan tujuan pendidikan nasional
sesuai Manipol-USDEK
D.
Mengatur perguruan tinggi
No 7.
Tujuan upaya program perluasan dan pemerataan kesempatan
belajar adalah….
A.
agar semua siswa dapat belajar di mana saja
B.
agar program pendidikan SD dapat berkolaborasi
dengan masyarakat
C.
untuk menciptakan agar setiap orang mempunyai
kesempatan untuk memperoleh pendidikan
D.
untuk membantu pemerintan mengentaskan
kemiskinan
No 8.
Prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan
pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan,
pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar sembilan tahun
kecuali….
A.
menurunya jumlah penduduk sehingga masyarakat
menjadi sejahtera
B.
menurunya jumlah penduduk yang buta aksara
C.
menyelesaikan program wajib belajar
D.
meningkatnya jumlah tenaga terampil
No 9.
Rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai dengan
UU No.14 2005, tentang penyelenggaraan pendidikan non formal yang bermutu
adalah….
A.
pendidikan kesetaraan Paket A yang setara SD
B.
mengutamakan pemerataan pendidikan dasar
C.
memberi kesempatan pada setiap warga Negara
untuk memperoleh pendidikan
D.
meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa dan
kualitas SDM
No 10.
Contoh yang tepat dengan kemampuan yang mampu menciptakan
lingkungan belajar dan pembelajaran yang dapat menumbuhkenbangkan potensi
peserta didik yang berkaitan dengan pengetahuan untuk bekerja (learning to do)
adalah….
A.
melakukan penelitian tentang pendidikan
B.
membaca surat kabar tentang berita dunia
pendidikan
C.
bekerja secara mandiri yang menghasilkan suatu
produk
D.
mencari informasi melalui internet tentang
pembelajaran di SD
No comments:
Post a Comment