Tuesday, May 8, 2012

Kunci Jawaban Ujian Strategi Pembelajaran SD PDGK4105 (bagian 4)


No 31.
a.       Salah, karena prinsip berurutan artinya guru hendaknya berusaha membuat susunan kegiatan yang tepat, yang sesuai dengan minat, pengalaman, dan kemampuan siswa
b.      Salah, karena prinsip berkesinambungan sama dengan prinsip berurutan
c.       Salah, karena prinsip keterkaitan merupakan prinsip menjelaskan
d.      Benar, karena sesuai dengan definisi prinsip bermakna

No 32.
a.       Salah, karena memperjelas masalah adalah pembimbing atau guru berkewajiban memperjelas pendapat yang diajukan oleh siswa sehingga salah pengertian tidak terjadi
b.      Salah, karena menganalisis pandangan artinya memperjelas atau menguraikan inti gagasan siswa tentang hal-hal yang sudah disepakati dan yang belum disepakati
c.       Benar, karena merupakan salah satu cara menyebarkan kesempatan berpartisipasi
d.      Salah, karena menguraikan pendapat sama dengan memperjelas masalah

No 33.
a.      Benar, karena sikap tanggap guru dapat ditunjukkan dengan cara memandang secara seksama
b.      Salah, karena dalam mengelola kelas guru dituntut mampu membagi perhatian kepada semua siswa
c.       Salah, karena penguatan diberikan kepada siswa yang bertingkah laku baik
d.      Salah, karena petunjuk yang jelas, singkat, dan mudah dimengerti oleh siswa akan sangat membantu kelancaran tugas yang harus dikerjakan oleh siswa hingga kondisi belajar dapat dioptimalkan

No 34.
a.       Benar, karena merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan guru
b.      Benar, karena merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan guru
c.       Benar, karena merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan guru
d.      Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dihindari oleh guru

No 35.
a.       Salah, karena pendekatan secara pribadi dapat dilakukan dengan cara menunjukkan kehangatan dan kepekaan terhadap kebutuhan siswa
b.      Benar, karena mengembangkan supervisi proses awal merupakan salah satu komponen dalam keterampilan membimbing dan memudahkan belajar
c.       Salah, karena peran guru dalam mengajar kelompok kecil dan perorangan adalah sebagai organisator kegiatan pembelajarn
d.      Salah, karena tugas utama guru adalah membantu siswa baik secara kelompok maupun perorangan dengan baik

No 36.
a.       Salah, karena merupakan fungsi terapeutik
b.      Benar, karena sesuai dengan definisi fungsi akselerasi
c.       Salah, karena merupakan fungsi penyesuaian
d.      Salah, karena merupakan fungsi korektif

No 37.
a.      Benar, karena tutorial merupakan kegiatan guru meminta bantuan kepada siswa yang pandai
b.      Salah, karena dalam kegiatan remedial guru dapat menggunakan sumber belajar lain dalam membantu siswa menguasai kompetensi yang telah ditetapkan
c.       Salah, karena diskusi atau kerja kelomok dapat digunakan guru untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan
d.      Salah, karena bentuk kegiatan ini guru menjelaskan kembali materi yang belum dipahami atau dikuasai siswa

No 38.
a.       Salah, karena mengembangkan media memberi kesempatan kepada siswa untuk menghasilkan suatu karya, hasil karya tersebut berupa model, permainan atau karya tulis yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar
b.      Salah karena mengembangkan latihan artinya adalah kelompok cepat mengembangkan latihan praktis yang dapat dilaksanakan oleh teman-teman yang lambat
c.       Salah, karena identik dengan mengembangkan media pembelajaran
d.      Benar, karena tutor sebaya membantu siswa lain memahami materi pelajaran dalam menambah wawasan pengetahuan siswa

No 39.
a.      Benar, karena kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa daripada kegiatan di dalam kelas
b.      Salah, karena kegiatan yang menuntut siswa untuk melakukan aktivitas lebih disukai siswa daripada kegiatan di belakang meja
c.       Salah, karena kegiatan yang menuntut siswa untuk melakukan aktivitas lebih disukai siswa daripada kegiatan di belakang meja
d.      Salah, karena kegiatan yang cepat menunujukkan hasil lebih disukai siswa dariada kegiatan yang menuntut waktu yang cukup lama

N0 40.
a.       Salah, karena iklim sosio-ekonomi tidak termasuk dalam kegiatan pengelolaan kelas
b.      Salah, karena iklim sosio-emosional merupakan hubungan interpersonal yang baik dan iklim sosio-emosional kelas yang positif
c.       Salah, karena pendekatan proses kelompok membantu mengembangkan dan melaksanakan sistem kelas yang efektif
d.      Benar, karena contoh kegiatan tersebut membantu siswa mempelajari tingkah laku yang diharapkan melalui penerapan prinsip- prinsip yang berasal dari teori penguatan

No comments:

Post a Comment