MODUL 3
PENDEKATAN, METODE, DAN TEKNIK
PEMBELAJARAN BAHASA
Kegiatan Belajar 2
Pembelajaran Bahasa Indonesia
Terpadu di SD
A.Pembelajaran Terpadu Lintas
Materi
Pembelajaran terpadu lintas
materi maksudnya materi pembelajaran dari suatu mata pelajaran dipadukan
menjadi satu. Pembelajaran bahasa Indonesia dimulai dengan pemilihan tema yang
merupakan wadah untuk belajar bahasa.
Setelah itu merencanakan langkah-langkah pembelajarannya. Ada 4
keterampilan berbahasa yang harus
dipelajari yaitu membaca, berbicara, menulis, dan mendengarkan yang dalam
pembelajarannya dapat dilaksanakan secara terpadu. Oleh karena itu, dalam
pembelajaran berbahasa ditentukan mana yang menjadi fokus pembelajaran, setelah
itu baru ditentukan alokasi waktunya. Apabila yang menjadi fokus pembelajaran
keterampilan membaca maka waktu yang dialokasikan untuk membaca harus lebih
banyak daripada yang lain. Namun dalam pembelajaran harus ada keterpaduan
antara membaca dengan menulis, maupun membaca dengan mendengarkan, ataupun
keterampilan yang lain. Perhatikan bagan berikut:
Add caption |
B. Pembelajaran Terpadu Lintas
Kurikulum
Pembelajaran Terpadu Lintas
Kurikulum maksudnya yaitu pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran,
misalnya bahasa Indonesia dipadukan dengan sains, atau bahasa Indonesia
dipadukan dengan agama, dan sebagainya.
Sebagai ilustrasi adanya
perpaduan lintas kurikulum di SD yaitu dalam mata pelajaran bahasa Indonesia
yang dipadukan dengan Sains. Misalnya mata pelajaran Sains ada percobaan yang
cara kerjanya dijelaskan oleh guru (keterampilan mendengar), lalu setelah
melakukan percobaan membuat laporan (keterampilan menulis), setelah itu
menjelaskan contoh penerapan konsep dalam kehidupan sehari-hari (keterampilan
berbicara).
No comments:
Post a Comment