Kategori

Friday, April 20, 2012

Soal ujian Pend. IPS di SD PDGK4106 (bagian 2)


11.     Tanah longsor , erosi dan pencemaran yang terjadi di suatu tempat merupakan permasalahan lingkungan yang disebabkan faktor ... .
A.        daya dukung lingkungan yang tidak memadai
B.         perkembangan penduduk yang cepat
C.         keterbatasan kemampuan lahan
D.        kemajuan peradaban manusia

12.     Terjadinya perbedaan kepentingan antara satu individu dengan individu yang lain dalam interaksi sosial dapat menimbulkan masalah dimasyarakat sebagai masalah ... .
A.        hukum
B.         lingkungan
C.         ketertiban
D.        norma


13.     Untuk menerapkan pembelajaran IPS yang berkaitan erat dengan masalah kesadaran hukum dan pendidikan kesadaran hukum guru IPS harus mampu menyajikan topik IPS seperti pernyataan berikut :
A.        memberikan konsep-konsep Hukum dalam pembelajaran IPS
B.         membayar pajak merupakan kesadaran masyarakat terhadap hukum
C.         menyajikan pasal-pasal hukum
D.        mengkaji masalah sosial kedalam hukum

14.     Pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry memiliki urutan sebagai berikut :
A.        fakta – konsep - -generalisasi – kesimpulan
B.         masalah – hipotesis – data – kesimpulan
C.         data – masalah – hipotesis – kesimpulan
D.        konsep – masalah – hipotesis - laporan

15.     Menurut Goleman (1996) karakteristik pendekatan sosial dan personal dalam pembelajaran IPS merupakan bentuk pedagosis terhadap dimensi sosial sebagai berikut :
A.        emosi, nilai, sikap dan prilaku sosial
B.         pengembangan dan latihan
C.         kemampuan operasional dan aktor sosial
D.        sebagai objek dan sebagai pengamat

16.     Pembelajaran IPS SD dengan menggunakan contoh masyarakat dari berbagai bidang, dan tempat dengan menunjukkan gambar, kliping dari tokoh tersebut merupakan salah satu langkah model pendekatan dalam pembelajaran IPS model ... .
A.        ekspositori berorientasi nilai dan sikap
B.         analitik keteladanan
C.         kajian nilai
D.        integratif konsep dan nilai

17.     Model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap dalam Pembelajaran IPS SD memiliki karaktersitik sebagai berikut :
A.        bentuk komunikasi dialogis melalui ceramah, peragaan dan tanya jawab
B.         dengan menggunakan analisis sampel keteladanan masyarakat dari berbagai bidang, dan tempat dengan menunjukkan gambar, kliping dari tokoh
C.         pendekatan kajian nilai secara sistematis dan mendasar
D.        pembahasan konsep yang memiliki implikasi nilai yang dikaji secara akademis

18.     Langkah awal yang harus dilakukan dalam perancangan metode pembelajaran IPS di SD dengan pendekatan kognitif untuk menetapkan alokasi waktu yang tersedia dalam menyampaikan materi IPS SD kelas 3 dan 4 adalah ... .
A.        garis besar program pembelajaran
B.         struktur program
C.         analisis materi pelajaran
D.        sumber belajar

19.     Salah satu ciri dalam merancang metode pembelajaran IPS SD yang berlandaskan pendekatan sosial adalah ... .
A.        memberi bantuan cara melakukan diskusi
B.         menciptakan iklim dan mengundang keterlibatan
C.         mengandung aspek sosial untuk terciptanya diskusi kelas
D.        membantu menyusun program

20.     Metode pendekatan personal dalam Pembelajaran IPS SD memiliki ciri karakteristik yang diperlukan dalam menciptakan suasana hangat, menciptakan hubungan baik antara siswa dengan guru atau siswa dengan siswa yang bersifat pribadi merupakan tahapan dalam ... .
A.        menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa
B.         penyajian masalah sosial
C.         pelaksanaan program
D.        pengenalan prinsip tingkah laku

No comments:

Post a Comment