Ciri-ciri
pembelajaran terpadu antara lain:
a)
Berpusat pada anak (child centered).
b)
Memberi pengalaman langsung kepada
anak.
c)
Pemisahan antara bidang studi tidak
begitu jelas.
d)
Menyajikan konsep dari berbagai
bidang studi dalam suatu proses pembelajaran.
e)
Bersifat luwes.
f)
Hasil pembelajaran dapat berkembang
sesuai dengan kebutuhan anak.
kelebihan-kelebihan pembelajaran terpadu:
a)
Pengalaman dan kegiatan belajar anak
akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak.
b)
Kegiatan yang dipilih dengan dan
bertolak dari minat dan kebutuhan.
c)
Seluruh kegiatan belajar lebih
bermakna bagi anak sehingga hasil belajar akan dapat bertahan lebih lama.
d)
Pembelajaran Terpadu
menumbuhkembangkan keterampilan berpikir anak.
e)
Menyajikan kegiatan yang bersifat
pragmatis sesuai dengan permasalahan yang sering ditemui dalam lingkungan anak.
f)
Menumbuhkembangkan keterampilan
social anak, seperti kerja sama, toleransi, komunikasi dan respek terhadap
gagasan orang lain.
No comments:
Post a Comment