No 1.
Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang
menghubungkan berbagai mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata di
sekeliling anak dan dalam rentang kemampuan perkembangan anak. Pengertian
tersebut dikemukakan oleh ....
A.
Aminuddin
B.
Gestalt
C.
Wolfinger
D.
Piaget
No 2.
Siswa diposisikan sebagai subjek belajar pada pendekatan
belajar modern. Pada pembelajaran terpadu hal ini merupakan....
A.
landasan
B.
konsep
C.
karakteristik
D.
prinsip
No 3.
Pak Ali sedang merumuskan tujuan, kompetensi, dan meteri
pembelajaran terpadu mata pelajaran IPS. Kegiatan Pak Ali tersebut merupakan
contoh dari landasan ....
A.
filosofis
B.
psikologis
C.
edukatif
D.
praktis
No 4.
Proses menghubungkan pengetahuan dan pengalaman belajar
dengan pengetahuan lain untuk menghasilkan sesuatu dikemukakan oleh aliran ....
A.
konstruktivisme
B.
progresivisme
C.
naturalisme
D.
humanisme
No 5.
Salah satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam proses
penggalian tema adalah ....
A.
tema tidak terlalu luas
B.
guru hendaknya tidak terlalu otoriter
C.
pemberian tanggung jawab individu harus jelas
D.
memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan
penilaian diri
No 6.
Pada pembelajaran terpadu, gabungan dari berbagai mata
pelajaran akan menghemat waktu karena tumpang tindih materi dapat dikurangi
bahkan dihilangkan. Hal ini merupakan suatu ....
A.
landasan
B.
karakteristik
C.
prinsip
D.
manfaat
No 7.
Model yang dirancang untuk membantu siswa dalam menyaring
dan memadukan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang dihubungkan dengan medan
pemakaiannya adalah ....
A.
jaringan
B.
keterpaduan
C.
celupan
D.
bagian
No 8.
Bentuk pembelajaran yang memadukan sebuah konsep dari
sejumlah mata pelajaran melalui hubungan tujuan-tujuan, isi, keterampilan,
aktivitas, dan sikap merupakan bentuk keterpaduan ....
A.
discipline based
B.
multidisciplinary
C.
interdisciplinary
D.
integrated
No 9.
Di bawah ini yang merupakan kekuatan model jaring laba-laba
dalam pembelajaran terpadu adalah ....
A.
guru yang dapat melakukannya
B.
konsep-konsep kunci belum berpengalaman
dikembangkan siswa secara terus menerus
C.
guru dapat menjaga misi kurikulum
D.
dapat mengaitkan ide-ide dalam satu mata
pelajaran
No 10.
Kegiatan yang harus ditempuh guru dan siswa pada setiap kali
pelaksanaan pembelajaran dalam rangka menciptakan suasana awal pembelajaran
yang efektif merupakan kegiatan ....
A.
inti
B.
akhir
C.
tindak lanjut
D.
pendahuluan
No comments:
Post a Comment