No 31.
a.
Salah, karena menulis kata merupakan salah satu
kemampuan yang harus dimiliki siswa kelas rendah sebagai dasar menulis kalimat.
b.
Salah, karena menulis kalimat sederhana merupakan
kemampuan dasar menulis di kelas rendah dalam mengarang.
c.
Salah, karena dalam menulis/mengarang perlu
menguasai kaidah penulisan untuk memperlancar proses menulis.
d.
Benar, karena merupakan aspek yang harus
dikuasai siswa kelas tinggi.
No 32.
a.
Salah, karena membedakan huruf merupakan tahap
pengenalan huruf
b.
Benar, karena dengan membaca dalam hati
siswa diharapkan dapat lebih berkonsentrasi, sehingga lebih mudah dalam
memahami isi bacaan
c.
Salah, karena menjawab pertanyaan bukan
merupakan tujuan utamanya, tapi tujuan lebih lanjut. Dengan memahami isi
bacaan, siswa dapat menjawab pertanyaan yang dimaksud
d.
Salah, karena merupakan tujuan membaca teknik
No 33.
a.
Benar, karena membedakan bentuk wacana
merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa kelas tinggi
b.
Salah, karena merupakan hal-hal yang harus
dibinakan kepada siswa di kelas rendah menurut Oka
c.
Salah, karena merupakan hal-hal yang harus
dibinakan kepada siswa di kelas rendah menurut Oka
d.
Salah, karena merupakan hal-hal yang harus
dibinakan kepada siswa di kelas rendah menurut Oka
No 34.
a.
Salah, karena merupakan indikator yang
berkompetensi dasar membaca sekilas teks agak panjang
b.
Benar, karena sesuai dengan standar
kompetensi, kompetensi dasar, dan materi pokok
c.
Salah, karena tidak sesuai dengan hasil belajar
yang diinginkan.
d.
Salah, karena tidak sesuai dengan kompetensi
dasar, hasil belajar, dan materi pokok.
No 35.
a.
Salah, karena merupakan metode bunyi
b.
Salah, karena merupakan metode suku kata
c.
Benar, karena dalam metode kata siswa
diperkenalkan dengan kata-kata terlebih dahulu;
d.
Salah, karena merupakan metode SAS
No 36.
a.
Salah, karena tidak jelas puisi yang dipelajari
siswa dari mana sumbernya
b.
Benar, karena kegiatan inti tersebut
sudah runtut dan sesuai dengan tujuan.
c.
Salah, karena membaca puisi tidak seharusnya
dilakukan secara berkelompok
d.
Salah, karena tidak ada interaksi antara guru,
siswa, sesama siswa
No 37.
a.
Salah, model pembelajaran tersebut sangat
dianjurkan, karena belajar dengan pengalaman nyata (mengalami langsung) akan
lebih berkesan bagi siswa, sehingga akan lebih mudah memahaminya dan diharapkan
dapat menumbuhkan daya kreasinya
b.
Salah, model pembelajaran tersebut sangat
dianjurkan, karena belajar dengan pengalaman nyata (mengalami langsung) akan
lebih berkesan bagi siswa, sehingga akan lebih mudah memahaminya dan diharapkan
dapat menumbuhkan daya kreasinya;
c.
Salah, model pembelajaran tersebut sangat
dianjurkan, karena belajar dengan pengalaman nyata (mengalami langsung) akan
lebih berkesan bagi siswa, sehingga akan lebih mudah memahaminya dan diharapkan
dapat menumbuhkan daya kreasinya.
d.
Benar, karena membuat ringkasan bukan
merupakan pembelajaran menulis di SD. Selain itu tugas tersebut cukup berat
bagi siswa bila tidak dikerjakan secara berkelompok.
No 38.
a.
Salah, karena merupakan teknik menjawab
pertanyaan.
b.
Salah, karena merupakan teknik melengkapi
kalimat;
c.
Benar, sudah jelas, kalimat “Adik
belajar” dengan menambahkan kata "matematika" menjadi kalimat yang
lebih luas "Adik belajar matematika".
d.
Salah, karena merupakan teknik transformasi.
No 39.
a.
Salah, karena pengalaman merupakan sesuatu yang
baru, yang perlu diasah.
b.
Salah, karena melalui pembelajaran seseorang
akan mengalami perubahan tingkah laku yang permanen.
c.
Salah, karena melalui latihan praktis akan
mengubah tingkah laku seseorang.
d.
Benar, karena perubahan tingkah laku
melalui proses, tidak secara tiba-tiba.
No 40.
a.
Salah, karena hanya mendengarkan sepintas.
b.
Benar, karena menyimak harus dilakukan
dengan sengaja dan penuh perhatian, agar dapat memahami apa yang disimak.
c.
Salah, karena menyimak harus dilakukan dengan
sengaja.
d.
Salah, karena mendengarkannya tidak dengan
sungguh-sungguh.
No comments:
Post a Comment