No 21.
a.
Benar, karena pernyataan tersebut
merupakan kriteria dalam prinsip presentasi bahan
b.
Salah, karena dalam prinsip seleksi harus ada
keterkaitan antara tujuan pengajaran, level materi, dan lamanya belajar
c.
Salah, karena jumlah materi juga berkaitan
dengan jumlah waktu belajar.
d.
Salah, karena kriteria sangat diperlukan dalam
seleksi sebagai landasan untuk menentukan pilihan.
No 22.
a.
Benar, kelengkapannya meliputi: bagian
awal naskah, bagian isi naskah
b.
Salah, karena naskah yang ditullis harus asli
dan belum pernah diterbitkan
c.
Salah, karena merupakan patokan umum menurut
Tarigan;
d.
Salah, karena merupakan patokan khusus menurut
Tarigan
No 23.
a.
Benar, karena sasaran membaca permulaan
cukup sampai melek huruf
b.
Salah, karena mengeja suku diajarkan bila siswa
telah melek huruf.
c.
Salah, karena mengeja suku kata dan membaca kata
diajarkan bila siswa telah melek huruf
d.
Salah, karena membaca kalimat sudah merupakan
sasaran membaca lebih lanjut
No 24.
a.
Salah, karena tujuan metode SAS tidak hanya
digunakan untuk membaca, tapi juga untuk menulis
b.
Salah, karena metode SAS tidak hanya untuk
menulis permulaan, tetapi juga membaca permulaan
c.
Benar, karena merupakan tujuan metode
SAS.
d.
Salah, karena sasaran tersebut terlalu luas
No 25.
a.
Salah, karena langkah tersebut merupakan langkah
pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.
Salah, karena langkah tersebut merupakan langkah
pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
c.
Salah, karena langkah tersebut merupakan langkah
pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tuuan pembelajaran.
d.
Benar, karena guru akan memberikan
penjelasan bila siswa tidak memahami gambar tersebut, hal itu kemungkinan kecil
terjadi, karena guru selain memperlihatkan gambar, juga memperlihatkan kartu
kata, diharapkan kartu kata tersebut sudah menggiring siswa untuk memahami
gambar.
No 26.
a.
Salah, karena langkah-langkah pembelajaran
tersebut sudah tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.
Salah, karena langkah-langkah pembelajaran
tersebut sudah tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
c.
Salah, karena langkah-langkah pembelajaran
tersebut sudah tepat, sesuai dengan tujuan pembelajaran
d.
Benar, karena tidak sesuai, alasannya
siswa tidak perlu menggambar seorang anak perempuan dan seorang anak laki-laki,
karena tujuan pembelajarannya adalah pengenalan huruf, bukan menggambar
No 27.
a.
Salah, karena menggunakan penilaian keterampilan
proses
b.
Salah, karena menggunakan penilaian hasil
c.
Salah, karena menggunakan penilaian hasil
d.
Benar, karena nilai akhir Talita tidak
hanya dilihat dari hasil UAS, tetapi dilihat secara keseluruhan, yaitu dari
nilai-nilai ulangan harian, bahkan prestasi di luar kelas pun (pandai pidato)
diperhitungkan sebagai nilai tambah.
No 28.
a.
Salah, karena merupakan aspek kemampuan berbahasa
b.
Salah, karena merupakan aspek kemampuan
berbahasa
c.
Salah, karena merupakan aspek kemampuan
berbahasa
d.
Benar, karena merupakan aspek kemampuan
kebahasaan
No 29.
a.
Benar, karena kegiatannya diawali dengan
membaca puisi, membaca puisi adalah membaca indah
b.
Salah, karena Bu Erni menekankan pada aspek
menyimak
c.
Salah, karena pembelajaran yang disampaikan Pak
Budi adalah pembelajaran yang menekankan pada keterampilan membaca dengan
pemahaman
d.
Salah, karena tugas yang diberikan Bu Jamilah
menekankan pada keterampilan menulis
No 30.
a.
Salah, karena mengenal kata dan kalimat
merupakan tujuan membaca di kelas rendah.
b.
Benar, karena membaca dengan pemahaman
mempermudah untuk memahami isi bacaan.
c.
Salah, karena
tujuan tersebut merupakan tujuan untuk bidang kebahasaan.
d.
Salah, karena pernyataan tersebut merupakan
salah satu langkah metode SQ3R
No comments:
Post a Comment