No 11.
Pernyataan di bawah ini merupakan kelebihan dari pendekatan
pembelajaran terpadu dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran yang bersifat
konvensional, kecuali....
A.
pengalaman dan kegiatan belajar anak akan selalu
relevan dengan tingkat perkembangan anak
B.
seluruh kegiatan beajar lebih bermakna bagi anak
sehingga hasil belajar akan dapat bertahan lebih lama
C.
kegiatan yang dipilih dengan dan bertolak dari
minat dan kebutuhan
D.
pembelajaran terpadu lebih menfokuskan pada
ranah kognitif dan psikomotor
No 12.
Berikut ini adalah mata pelajaran yang paling erat
keterkaitannya dengan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, kecuali....
A.
IPS
B.
Pendidikan agama
C.
Pendidikan keterampilan
D.
Bahasa Indonesia
No 13.
Penduduk Indonesia golongan weddoid terdapat di daerah....
A.
Enggano dan Mentawai
B.
Papua dan Aru
C.
Sunda Besar dan Madura
D.
Sumatera dan Jawa
No 14.
Berikut ini merupakan latar belakang kemajemukan bangsa
Indonesia, kecuali....
A.
Latar belakang historis, dimana neneng moyang
bangsa Indonesia datang ke Indonesia dalam waktu yang cukup lama dan
berbeda-beda dalam perjalanan berkembang sesuai dengan pengetahuan dan
pengalamannya.
B.
Secara geografis kondisi kepulauan di Indonesia
berbeda-beda
C.
Secara sosilogis dan kultural dampak teknologi
manusia yang berkembang
D.
Secara yuridis bangsa Indonesia mempunyai
konstitusi yang mengatur kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa
No 15.
Lagu apuse berasal dari daerah.....
A.
Papua (Irian Jaya)
B.
Sulawesi Utara
C.
Tapanuli
D.
Maluku
No 16.
Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan pandangan Prof.
Haryati Sudibyo tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menanggulangi
keanekargaman bangsa Indonesia adalah....
A.
bahwa Indonesia merupakan kepulauan yang luas
sekali
B.
wilayah yang luas terdiri dari belasan ribu
pulau dengan penduduk yang beranekaragam
C.
keanekaragaman budaya dan bahasa setempat
memiliki dasar budaya dan bahasa yang sama
D.
hukum nasional harus diberlakukan secara
berbeda-beda menyesuaiakn kondisi budayanya
No 17.
Salah satu landasan hukum Bhinneka Tunggal Ika, adalah
batang tubuh UUD 1945, yaitu...
A.
pasal 1 ayat 1
B.
pasal 27
C.
pasal 30
D.
pasal 31
No 18.
Paham bangsa timbul karena persamaan perangai dan tingkah
laku dalam memperjuangkan persatuan dan nasib yang sama, merupakan nasionalisme
menurut pandangan ....
A.
Joseph Ernest Renant
B.
Otto Bauar
C.
Louis Sneyder
D.
L. Stoddard
No 19.
Berikut ini merupakan konsep arah kebijakan nasional yang
dapat dikembangkan untuk menuju masyarakat adil dan makmur dengan pemerintahan
yang transparan, kecuali....
A.
menjadikan nilai-nilai agama dan nilai-nilai
budaya bangsa sebagai sumber etika kehidupan berbangsa dan bernegara dalam
rangka memperkuat akhlak dan moral penyelenggara negara dan masyarakat
B.
menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara
yang terbuka dengan membuka wacana dan dialog terbuka di dalam masyarakat
C.
meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan
masyarakat
D.
menegakkan supremasi kekuasaan eksekutif agar
pemerintahan berjalan dengan lancar
No 20.
Bertitik tolak dari kehidupan masyarakat Indonesia yang
majemuk dengan keanekaragaman suku, budaya, sosial, agama, dan adat istiadat
dapat memperkaya warna kehidupan bangsa Indonesia yang dilandasi oleh rasa
cinta tanah air dan bangsa, merupakan tinjauan aspek tuntunan tingkah laku dari
aspek....
A.
aspek sosial
B.
aspek budaya dan adat istiadat
C.
aspek hankamnas
D.
aspek ekonomi
No comments:
Post a Comment