No 1.
Dalam kurikulum di bawah ini yang sudah mengenal istilah
pendidikan kewarganegaraan adalah kurikulum ....
A.
tahun 1946
B.
tahun 1957
C.
tahun 1961
D.
tahun 1968
No 2.
Menurut Permendiknas No. 22 tahun 2006, bahwa tujuan dari
mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut. Kecuali….
A.
berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif
dalam menanggapi isu kewarganegaraan
B.
berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab,
bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,
serta anti korupsi
C.
berkembang secara positif dan demokratis untuk
membentuk diri berdasarkan karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup
bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
D.
berinteraksi dengan bangsa-bangsa lainnya dalam
percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan mengikuti salah
satu blok pertahanan agar negara lebih kuat
No 3.
Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan alasan bahwa
PKN sebagai mata pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai dan moral,
adalah….
A.
materi PKN adalah konsep-konsep nilai Pancasila
dan UUD 45 berserta dinamika perwujudan dalam kehidupan masyarakat negara
Indonesia
B.
sasaran belajar akhir PKN adalah perwujudan
nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam bentuk perilaku nyata
kehidupan sehari-hari
C.
proses pembelajarannya menuntut terlibatnya
emosional, intelektual, dan sosial dari peserta didik dan guru sehingga
nilai-nilai tersebut bukan hanya dipahami tetapi dihayati sekaligus
dilaksanakan
D.
materi PKN merupakan kebijakan pemerintah yang
harus dilaksanakan oleh seluruh warga negara Indonesia, apabila tidak
dilaksanakan maka akan mendapatkan sangsi tegas
No 4.
Dalam pendidikan nilai, substansi nilai tidaklah semata-mata
ditangkap dan diajarkan tetapi lebih jauh, nilai dicerna dalam arti ditangkap,
diinternalisasi, dan dibakukan sebagai bagian yang melekat dalam kualitas
pribadi seseorang melalui proses belajar, merupakan pandangan dari….
A.
Hermannu
B.
Lickona
C.
Bloom
D.
Alisyahbana
No 5.
Menurut Permendiknas No. 22 Tahun 2006, bahwa substansi
kurikuler yang didalamnya mengandung nilai dan moral persatuan dan kesatuan
bangsa meliputi, antara lain....
A.
hidup rukun dalam perbedaan
B.
tertib dala kehidupan keluarga
C.
hak dan kewajiban anggota masyarakat
D.
harga diri sebagai warga negara
No 6.
Berkaitan dengan hubungan interaktif pengembangan nilai dan
moral, bahwa pendidikan moral merupakan aspek yang esensial bagi perkembangan
dan berhailnya kehidupan demokrasi, merupakan pandangan dari....
A.
Hermann
B.
Lickona
C.
Bloom
D.
Alisyahbana
No 7.
Menurut Piaget, perkembangan dalam tahapan kesadaran
mengenai aturan, dimana aturan dirasakan sebagai hal yang tidak bersifat
memaksa adalah usia antara....
A.
0 – 2 tahun
B.
2 – 8 tahun
C.
8 – 12 tahun
D.
12 – 15 tahun
No 8.
Bahwa sesuatu hal dipandang baik dengan pertimbangan untuk
memenuhi anggapan orang lain baik karena memang telah disepakati, merupakan
ciri dari tahap perkembangan moral, yaitu....
A.
orientasi hukuman dan kapatuhan
B.
orientasi instrumental nisbi
C.
orientasi kesepakatan timbal balik
D.
orientasi hukum dan ketertiban
No 9.
Pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana utama serta esensi
pendidikan demokrasi di Indonesia, yang dilaksanakan dengan fokus kecerdasan
dan daya nalar warga negara baik dalam dimensi spiritual, rasional, emosional,
maupun sosial adalah....
A.
civic responsibility
B.
civic intelligence
C.
civic participation
D.
civic education
No 10.
Pendidikan yang memungkinkan siswa mengetahui apa yang
menjadi hak dan kewajibannya, merupakan fungsi dan peran pendidikan
kewarganegaraan sebagai....
A.
pendidikan nilai dan moral
B.
pendidikan politik
C.
pendidikan kewarganegaraan
pendidikan hukum dan kemasyarakatan
No comments:
Post a Comment