No 1.
a.
Salah, karena amak berada pada tahap kecerdasan
motorik
b.
Salah, karena anak telah berada pada tahap
berfikir secara egosentris
c.
Benar, karena anak telah berada pada
tahap melakukan
d.
Salah, karena anak telah berada pada tahap
pemikiran yang lengkap
No 2.
a.
Salah, karena Sensori motorik adalah
perkembangan anak pada usia < 3 tahun
b.
Salah, karena Pre-Operasional adalah
perkembangan anak pada usia 3 - 7 tahun
c.
Benar, karena Konkret Operasional adalah
perkembangan anak pada usia 7 - 11 tahun
d.
Salah, karena Formal Operasional adalah
perkembangan anak pada usia 12 - 15 tahun
No 3.
a.
Salah, karena penjelasan fakta atau konsep
merupakan informasi verbal
b.
Benar, karena menunjukkan proses berfikir
dan keterampilan intelektual siswa
c.
Salah, karena pertanyaan nama penemu merupakan
informasi verbal
d.
Salah, karena penjelasan generalisasi dapat
diperoleh melalui informasi verbal
No 4.
a.
Benar, karena mendeskriminasikan
lingkungan bersih dan tercemar
b.
Salah, karena menunjukkan konsep terapung,
tenggelam, dan melayang secara nyata
c.
Salah, karena mendefinisikan merupakan membangun
pengetahuan tentang maksud suatu konsep
d.
Salah, karena mendemonstrasikan merupakan
membuktikan atau menjukkan aturan yang berlaku
No 5.
a.
Salah, karena diferensiasi progresif merupakan
penyajian konsep-konsep yang dimulai dari konsep-konsep umum kemudian
dilanjutkan dengan penyajian konsep yang lebih khusus
b.
Salah, karena diferensiasi integratif tidak ada
c.
Salah, karena rekonsiliasi progresif tidak ada
d.
Benar, karena rekonsiliasi integrative
merupakan konsep-konsep baru diintegrasikan dengan konsep-konsep yang telah
dipelajari sebelumnya
No 6.
a.
Salah, karena pendekatan faktual memberikan gambaran
namun belum pada tahap merefleksikan
b.
Salah, karena keterampilan proses cenderung
melibatkan konsep dengan materi konkret dan bekerja ilmiah
c.
Benar, karena merupakan rangkaian dari
fakta-fakta dan menyajikan ilustrasi yang lebih konkret daripada pendekatan factual
d.
Salah, karena pembelajaran dikembangkan dengan
menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar
No 7.
a.
Benar, karena hasil belajar dapat dilihat
berdasarkan keteracapaian kompetensi dasar
b.
Kurang tepat karena pemilihan metoda nmerupakan
bagian dari proses pembelajaran yang belum tentu sangat berpengaruh terhadap
hasil belajar
c.
Kurang tepat karena ketercepaian tugas belum
menggambarkan hasil belajar secara keseluruhan hanya sebagaian
d.
Kurang tepat karena kesesuaian kompetensi dasar
dengan topik bahasan memang diperlukan namun belum menggambarkan hasil belajar
No 8.
a.
Salah, karena berat air tergolong varabel
terikat
b.
Benar, karena volume air yang
berbeda-beda merupakan variabel bebas
c.
Salah, karena perbedaan berat air merupakan
variabel bebas
d.
Salah, karena volume air di akhir percobaan
merupakan bukan variable
No 9.
a.
Salah, karena mengobservasi merupakan
keterampilan mengamati
b.
Benar, karena mengklasifikasi telah mampu
mencirikan berdasarkan karakteristik
c.
Salah, karena membedakan baru sampaui tahap
melihat perbedaan
d.
Salah, karena menjelaskan belum tentu mampu
mengelompokkan
No 10.
a.
Salah, karena pembelajaran tersebut tidak selalu
memprediksi
b.
Salah, karena pembelajaran tersebut tidak hanya
mengamati
c.
Salah, karena pembelajaran tersebut tidak
mengelompokkan
d.
Benar, karena pembelajaran tersebut
menjelaskan hasil temuan
No comments:
Post a Comment