No 1.
Tahap pengalaman konkret merupakan tahap awal dalam
peristiwa belajar, yakni ketika seseorang dapat mengalami peristiwa atau
kejadian sebagaimana adanya. Pernyataan tersebut merupakan tahapan belajar
sesuai dengan Teori Humanistik yang dikemukakan oleh....
A.
Mumford
B.
Habermas
C.
Honey
D.
Kolb
No 2.
Pak Joko mengajar di kelas III SD. Pak Joko menugaskan anak
untuk menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan melalui
pengamatan. Dari kegiatan tersebut pembelajaran yang dilakukan merupakan
contoh....
A.
membimbing anak belajar aktif
B.
menentukan materi pembelajaran
C.
mengidentifikasi kemampuan peserta didik
D.
mengevaluasi proses dan hasil belajar
No 3.
Pendidikan merupakan proses sosial bagi anak untuk menjadi
bagian yang aktif dan partisipatif dalam masyarakat. Pernyataan tersebut sesuai
dengan teori pembelajaran yang dikemukakan oleh....
A.
Honey
B.
John Dewey
C.
Mumford
D.
Ausbel
No 4.
Dalam cara pandang pendidikan tradisional, guru memegang
kendali dalam pembelajaran. Sedangkan pada cara pandang progresif guru
bertindak sebagai berikut, kecuali....
A.
fasilitator
B.
pengayom
C.
teman berdiskusi
D.
pemberi hukuman
No 5.
Pandangan sosiokultural konstruktivisme Teori Vygotsky yang
menekankan kemandirian adalah siswa belajar....
A.
untuk menyelesaikan tugas yang kompleks dengan
menggunakan media
B.
berdasarkan konsep
C.
melalui pemecahan masalah
D.
dengan orang dewasa dan teman sebaya
No 6.
Evaluasi belajar yang mengacu pada Teori Vygotsky
menganjurkan pengetesan lapisan bawah dan lapisan atas zona perkembangan
untuk....
A.
mengetahui tingkat status dan kemampuan belajar
siswa saat ini
B.
menilai pemahaman anak yang lalu
C.
mengukur kemampuan anak yang akan datang
D.
menilai keterampilan dan pemahaman yang dimiliki
anak
No 7.
Pada kegiatan pembelajaran IPA kelas III SD, anak-anak
ditugaskan untuk mengamati dan menggolongkan binatang yang menyusui dan memakan
daging. Dalam kegiatan tersebut guru berperan sebagai....
A.
konselor
B.
penyuluh
C.
fasilitator
D.
pemimpin
No 8.
Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa pendidikan mempunyai
arah dan tujuan. Artinya, pendidikan bertujuan untuk memenuhi....
A.
kepentingan pemerintah
B.
kepentingan golongan
C.
menghilangkan kemiskinan
D.
menanggulangi kebodohan dan kemiskinan
No 9.
Peran guru dalam proses belajar sistem pondok yang
dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara adalah sebagai berikut, kecuali....
A.
mencetak pemimpin yang digugu
B.
menghasilkan seorang intelektual
C.
mengembangkan kondisi dan suasana pondok
D.
mentransfer ilmu pengetahuan pada peserta didik
No 10.
Tokoh yang mengungkapkan bahwa kebudayaan merupakan satu
kesatuan dan bukan jumlah dari bagian-bagian adalah....
A.
E.B. Taylor
B.
Tilaar
C.
Talcott
D.
Selo Sumarjan dan Soelaeman
No comments:
Post a Comment