No 1.
a.
Benar, karena ilmu sosial lebih fokus
dalam bidang tertentu yang sifatnya lebih khusus
b.
kurang tepat, karena multidisiplin lebih untuk
digunakan untuk pendekatan IPS
c.
kurang tepat, karena hanya digunakan dalam
pendekatan hal-hal tertentu saja
d.
kurang tepat, karena ilmu-ilmu sosial
menggunakan pendekatan disiplin ilmu
No 2.
a.
Benar, karena Pendekatan ilmu pengetahuan
sosial lebih bersifat multidispliner dengan menggunakan berbagai bidang
keilmuan
b.
kurang tepat, karena fakta dan data digunakan untuk
menguji teori dalam bidang ilmu tertentu
c.
kurang tepat, karena berbagai sumber data hanya
merupakan bagian pendukung dalam pendekatan IPS
d.
kurang tepat, berbagai metode adalah suatu
langkah atau cara dalam penggunaan untuk melakukan suatu pendekatan bidang
tertentu
No 3.
a.
Kurang tepat, karena pendekatan disiplin
ilmu-ilmu sosial hendaknya tidak diterapkan dalam pembelajaran IPS
b.
kurang tepat, karena aspek kehidupan
kemasyarakatan merupakan bagian salah satunya
c.
kurang tepat, karena aspek kehidupan kemasyarakatan
merupakan bagian salah satunya
d.
Benar, karena Pengembangan materi
pembelajaran IPS lebih banyak diambil dari perpaduan antara ilmu sosial,
kehidupan kemasyarakatan dan lingkungan alam
No 4.
a.
kurang tepat, karena tidak hanya mencakup sikap
moral dan kesadaran peserta didik
b.
kurang tepat, karena program pembelajaran
pendidikan IPS tidak hanya menuntut pada intelektual pengetahuan peserta didik
c.
kurang tepat, karena tidak hanya mencakup
keterampilan sosial dan bertindak peserta didik
d.
Benar, Program pembelajaran pendidikan
IPS yang layak harus mampu mengembangkan ketiga komponen aspek kognitif,
afektif dan psikomotor
No 5.
a.
kurang tepat, karena lebih cenderung pada aspek
studi sosial tidak menyangkut kepada arah perkembangan PIPS dan PDIPS secara
konseptual
b.
kurang tepat, karena lebih cenderung pada aspek
kependidikannya
c.
kurang tepat, lebih menekankan kepada ilmu
sosial
d.
Benar. karena Perkembangan PIPS dan PDIPS
secara konseptual terkait erat pada konsep dan menurut sejarah perkembangan
IPS, dimana IPS adalah terjemahan
No 6.
a.
kurang tepat, karena PDIPS di bina tidak hanya
pada pendidikan disiplin ilmu pengetahuan sosial saja
b.
Benar, karena Pendidikan disiplin ilmu
pengetahuan sosial (PDIPS) di bina pada program pendidikan ilmu-ilmu social
c.
lembaga social
d.
kurang tepat, karena lembaga sosial cenderung
kepada kelembagaannya
No 7.
a.
kurang tepat, karena civics cenderung status
kewargaan Negara
b.
kurang tepat, karena tata negara cenderung
membahas mekanisme ketata negaraan
c.
Benar, karena pendidikan IPS terintegrasi
dengan pendidikan kewargaan Negara
d.
kurang tepat, karena kewarganegaraan enderung
membahas bagaimana hak dan
No 8.
a.
Benar,karena dengan berlakunya UU No.
2/1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cakupan pendidikan IPS muncul dua
bahan kajian kurikuler pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan
b.
kurang tepat,karena materi sejarah, ekonomi dan
geografi adalah sebagai mata pelajaran terpisah
c.
kurang tepat,karena materi sosiologi dan tata
negara adalah sebagai mata pelajaran terpisah
d.
kurang tepat,karena materi antropologi dan
geografi adalah sebagai mata pelajaran terpisah
No 9.
a.
kurang tepat, karena IPS lebih merupakan sebagai
bidang kajian tentang gejala dan masalah social
b.
kurang tepat, karena kajian tentang gejala dan
masalah teknologi bukan merupakan bidang kajian IPS secara specific
c.
Benar, karena IPS lebih merupakan sebagai
bidang kajian tentang gejala dan masalah social
d.
kurang tepat, karena IPS bukan kajian yang
dikembangkan kepentingan ilmu
No 10.
a.
Benar, karena studi sosial merupakan
suatu bidang pengkajian tentang gejala masalah social
b.
kurang tepat, karena Studi sosial tidak hanya
penerapan ketrampilan di lingkungan masyarakat
c.
kurang tepat, karena berbagai kajian bidang
keilmuan lebih bersifat akademis
d.
kurang tepat, karena Studi sosial sosial studies
tidak hanya praktis gejala social
No comments:
Post a Comment