No 1.
a.
jawaban salah, karena anak salah satu pilar
konseptual tentang perkembangan kognitif anak relevan dengan teori
kognitifisme.
b.
jawaban benar, karena teori
historis-kultural pertama dikembangkan oleh Vygotsky yang memusatkan perhatian
pada bidang telaah aspek manusia dari kognisi (Modul 1. Landasan Pendidikan SD,
KB1 tentang landasan filosofis & psikologis-pedagogis pendidikan di SD).
c.
jawaban salah, karena pernyataan tersebut
merupakan hakikat dari teori humanistik.
d.
jawaban salah, karena pernyataan tersebut
merupakan hakikat dari teori kognitifisme.
No 2.
a.
jawaban salah, karena pernyataan tersebut
merupakan kemampuan kemelekwacanaan
b.
jawaban salah, karena pernyataan tersebut
merupakan kemampuan memecahkan masalah
c.
jawaban salah, karena pernyataan tersebut
merupakan kemampuan bernalar
d.
jawaban benar, karena dapat
menginfomasikan sesuatu yang diperoleh merupakan kemampuan berkomunikas (Modul
2. Karakteristik Pendidikan SD), KB 1: tentang: Fungsi, tujuan, dan ciri-ciri
pendidikan SD)
No 3.
a.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang
makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan
SD.
b.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang
makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan
SD.
c.
benar, karena pernyataan tersebut bukan
makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan
SD, melainkan makna ayat 1. (Modul 2. Karakteristik Pendidikan SD KB 2: tentang
makna ayat 1 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan
SD).
d.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang
makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan
SD.
No 4.
a.
benar, karena sekolah yang
menyelenggarakan pendidikan umum setingkat SD, di samping pendidikan Agama
Islam merupakan bentuk pendidikan formal Madrash Ibtidaiyah (Modul 2.
Karakteristik Pendidikan SD, KB 2: tentang Bentuk-bentuk penyelenggaraan
pendidikan SD)
b.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan
bentuk pendidikan umum di SD.
c.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan
bentuk SD Unggulan.
d.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan
bentuk SD Luar biasa.
No 5.
a.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan
bentuk program paket A
b.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan
termasuk juga bentuk program paket A
c.
salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan
bentuk SD Inklusi
d.
benar, karena pernyataan tersebut
menunjukkan bentuk Sekolah Rumah
No 6.
a.
benar, karena pernyataan tersebut
merupakan penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang system pendidikan Nasional
Yaitu UU no. 4 Tahun 1950 (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD, KB 1: tentang:
Ketentuan Perundang-Undangan Terkait Pendidikan SD)
b.
salah, karena pernyataan tersebut penjabaran
dari Pasal 31 UUD 1945 tentang system pendidikan Nasional tanggal 1 Maret 1946
c.
salah, karena pernyataan tersebut penjabaran
dari Pasal 31 UUD 1945 tentang system pendidikan Nasional Keputusan Presiden No.
145 tahun 1965
d.
salah, karena pernyataan tersebut penjabaran
dari Pasal 31 UUD 1945 tentang system pendidikan Nasional tanggal tentang
Undang-Undang No.22 tahun 1961.
No 7.
a.
salah, karena pernyataan tersebut merupakan
tempat belajar siswa, dan tidak ada kaitannya dengan program perluasan.
b.
salah, karena berkolaborasi dengan masyarakat
tidak ada kaitannya dengan program perluasan.
c.
benar, karena tujuan upaya program
perluasan dan pemerataan kesempatan belajar, untuk menciptakan agar setiap
orang mempunyai kesempatan untuk memperoleh pendidikan (Moddul 3: Perkembangan
Pendidikan SD KB 1: tentang: Program perluasan dan pemerataan kesempatan
belajar)
d.
salah, karena bukan itu yang dimaksud.
No 8.
a.
benar, karena menurunya jumlah penduduk
sehingga masyarakat menjadi sejahtera tidak ada kaitannya dengan prinsip
pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan &
peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan
professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun.
b.
salah, karena berkaitan dengan prinsip
pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan &
peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan
professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun (Modul 3:
Perkembangan Pendidikan SD KB 2: tentang: Prinsip pembangunan menurut GBHN 1998
yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar,
pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar
Sembilan tahun)
c.
salah, karena berkaitan dengan prinsip
pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan &
peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan
professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun (Modul 3:
Perkembangan Pendidikan SD KB 2: tentang: Prinsip pembangunan menurut GBHN 1998
yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar,
pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar
Sembilan tahun)
d.
salah, karena berkaitan dengan prinsip
pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan &
peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan
professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun (Modul 3:
Perkembangan Pendidikan SD KB 2: tentang: Prinsip pembangunan menurut GBHN 1998
yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar,
pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar
Sembilan tahun)
No 9.
a.
benar, karena pendidikan kesetaraan Paket
A yang setara SD merupakan rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai
dengan UU No.14 2005, tentang penyelenggaraan pendidikan non formal yang
bermutu (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD,KB 2:tentang rincian prioritas
yang terkait pendidikan SD sesuai dengan UU No.14 2005).
b.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut
merupakan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998.
c.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut
merupakan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998.
d.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut
merupakan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998.
No 10.
a.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut adalah
contoh dari learning to know
b.
benar, karena ketiga pernyataan tersebut
adalah contoh dari learning to know
c.
benar, karena bekerja secara mandiri yang
menghasilkan suatu produk adalah contoh dari learning to do
d.
salah, karena ketiga pernyataan tersebut adalah
contoh dari learning to know
No comments:
Post a Comment