Kategori

Friday, May 11, 2012

Soal Ujian Penelitian Tindakan Kelas IDIK4008 (bagian 2)


No 11.
Langkah awal dalam pelaksanaan PTK adalah ....
A.      menentukan metode pengolahan data yang tepat
B.      mempersiapkan diri sebagai peneliti
C.      menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
D.      mempersiapkan sarana pendukung penelitian

No 12.
Yang dimaksud dengan high inference observation adalah model pengamatan ....
A.      tanpa penafsiran
B.      langsung sebagaimana yang teramati oleh peneliti
C.      tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)
D.      yang membutuhkan penafsiran

No 13.
Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melakukan observasi ....
A.      terfokus
B.      sistematis
C.      terstruktur
D.      terbuka

No 14.
Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
A.      wawancara
B.      studi dokumen kelas
C.      pengisian kuesioner
D.      survai


No 15.
Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ....
A.      sebelum menyusun proposal
B.      sesudah mengidentifikasi masalah
C.      sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan
D.      sesudah melakukan upaya perbaikan


No 16.
Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK adalah ....
A.      menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya
B.      merevisi pedoman observasi
C.      menyusun proposal PTK
D.      menentukan metode yang akan digunakan

No 17.
Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domein ....
A.      kenakalan remaja
B.      disiplin belajar
C.      interaksi belajar
D.      prestasi belajar

No 18.
Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....
A.      masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswa
B.      guru mampu untuk melaksanakannya
C.      relevan dengan pengembangan sekolah
D.      mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.

No 19.
Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis masalah adalah ....
A.      melakukan kajian dokumen kelas
B.      melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas
C.      mewawancarai siswa
D.      memberikan tes formatif


 No 20.
Hasil analisis masalah menunjukkan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali....
A.      metode apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak pelajaran?
B.      strategi apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak?
C.      bagaimana cara saya menyelesaikan masalah ini?
D.      bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya?

No comments:

Post a Comment