No 21.
Papan tulis Papan tulis
guru
Kelas 3 bhs Kelas 4 IPA
Dari gambar tersebut guru kelas menerapkan kelas model....
A.
2. 2. 1
B.
2. 2. 2
C.
3. 2. 1
D.
3. 3. 3
No 22.
Pembentukan kelompok belajar yang didasarkan pada murid yang
berkemampuan cepat, berkemampuan sedang, dan berkemampuan lambat. Pernyataan
tersebut tergolong kelompok belajar berdasarkan....
A.
persamaan kemampuan.
B.
kemampuan berbeda.
C.
kelompok sosial.
D.
persamaan hak.
No 23.
Pada saat merencanakan kegiatan kelompok belajar secara
teliti dapat dilakukan dengan....
A.
diadakan pengamatan selama belajar.
B.
membuat pengaturan kelompok belajar.
C.
menggunakan ragam media.
D.
penggunaan keterampilan.
No 24.
Bu Denti mengajar merangkap kelas 4 dan kelas 5. Karena
banyak anak yang perlu diperhatikan, maka guru tersebut memerlukan bantuan
siswa kelas 5 yang pandai, untuk membantu siswa kelas 4. Dari kegiatan di atas
siswa kelas 5 merupakan tutor....
A.
sebaya.
B.
kakak.
C.
berpasangan.
D.
kelompok.
No 25.
Dalam proses pembelajaran Bu Ani mengajar kelas 3 dan kelas
4, masing- masing kelompok sudah mengerjakan sesuai dengan tugas yang
diberikan. Untuk menganti sipasi anak yang akan menyelesaikan tugasnya lebih
awal, guru tersebut menyiapkan pekerjaan yang akan diberikan kepada siswa, agar
tidak mengganggu siswa lain. Dari kegiatan di atas, langkah yang diambil guru
tersebut merupakan....
A.
kegiatan siap.
B.
aturan ruti kelas.
C.
mengerjakan tugas sesuai perintah.
D.
pemanfatan tutor.
No 26.
Memeriksa persediaan kapur tulis, penggaris, dan penghapus
sebelum pembelajaran dimulai merupakan....
A.
kegiatan siap
B.
aturan rutin kelas.
C.
proses belajar.
D.
proses evaluasi.
No 27.
Dalam proses pembelajaran, tiba- tiba ada seorang siswa yang
membuat keributan dengan memukul- mukul meja sehingga mengganggu siswa lainnya
yang sedang belajar. Dari ilustrasi di atas yang harus dilakukan guru
adalah....
A.
memberi hukuman.
B.
mendiamkan saja.
C.
diberi hadiah.
D.
diberikan bantuan belajar.
No 28.
Sekolah dalam melaksanakan kegiatannya mengatur langkah-
langkah agar mendapatkan dukungan untuk membangun kerja sama dengan pihak lain
disebut....
A.
mengumpulkan data
B.
melakukan negosiasi.
C.
melaporkan keadaan sekolah.
D.
memberikan penghargaan.
No 29.
Memanfaatkan sesama guru dari satu sekolah sebagai sumber
belajar dalam PKR dapat dilakukan dengan cara....
A.
merangkap beberapa kelas.
B.
membagi kelas menjadi dua bagian.
C.
mengundang sebagai nara sumber.
D.
menjanjikan honor lebih.
No 30.
Bu Siska mengajar siswa kelas 4, karena Pak Hari tidak bisa
hadir, maka Bu Siska merangkap mengajar kelas 5 hingga Bu Siska perlu
mengumpulkan kedua kelas tersebut menjadi satu ruangan. Bu Siska pada waktu
menjelaskan kurang menguasai materi yang diajarkan. Dari kasus diatas yang
dapat dilakukan guru tersebut adalah....
A.
mendiskusikan dengan guru lain yang lebih tahu.
B.
mendatangkan guru bidang studi lain.
C.
tidak perlu membahas materi tersebut.
D.
mempelajari bidang studi yang lain.
No comments:
Post a Comment