No 31.
Contoh belajar mandiri yang disesuaikan dengan kondisi
sekoplah didaerah pantai adalah....
B.
bercocok tanam.
C.
berkebun.
D.
memanfaatkan hasil hutan.
No 32.
Perlengkapan dan sumber belajar yang dapat digunakan untuk
mengembangkan pusat sumber belajar adalah....
A.
guru yang tidak menguasai materi.
B.
media elektronik.
C.
kantin.
D.
dukungan orang tua siswa.
No 33.
Hal yang dapat dipertimbangkan dalam menentukan lingkungan
sebagai sumber belajar adalah sebagai berikut....
A.
mudah dijangkau.
B.
aman.
C.
berkaitan dengan materi yang diajarkan.
D.
memerlukan biaya tingga.
No 34.
Apabila ingin memperkenalkan tentang cara menabung kepada
anak, maka yang dapat dijadikan sumber belajar adalah....
A.
posyandu.
B.
bank.
C.
puskesmas.
D.
wartel.
No 35.
Di kalangan tokoh masyarakat sebagai nara sumber, yang dapat
dijadikan sumber belajar diantaranya adalah....
A.
tutor sebaya.
B.
budayawan.
C.
kakak kelas.
D.
pesuruh sekolah.
No 36.
Yang dapat dijadikan nar sumber pada waktu anak melakukan
pengatan tentang terjadinya banjir adalah....
A.
adat istiadat.
B.
sosial budaya.
C.
lingkungan alam.
D.
lembaga pemerintahan.
No 37.
Prosedur dasar atau urutan langkah dalam pengembangan
kerangka rencana pembelajaran sesuai dengan KTSP adalah....
A.
menentukan standar kompetensi, kompetensi dasar,
indikator atau tujuan pembelajaran, pengalaman belajar dan proses pembelajaran.
B.
indikator atau tujuan pembelajaran, pengalaman
belajar dan proses belajaran, kompetensi dasar, standar kompetensi.
C.
kompensi dasar, standar kompetensi, indikator
atau tujuan pembelajaran, pengalaman belajar dan proses pembelajaran.
D.
indikator atau tujuan pembelajaran, standar
kompetensi, kompetensi dasar, pengalaman belajar dan proses pembelajaran.
No 38.
Bu Dini mengajar mata pelajaran PPKn kelas 4, jika rumusan
indikatornya berbunyi siswa dapat melaksanakan kewajibannya sebagai warga
negara di lingkungan desa dan kecamatan, maka pengalaman belajar siswa yang
harus dirancang oleh guru di kelas berdasarkan PKR tersebut adalah siswa
secara....
A.
perseorangan membuat karangan tentang"
menjaga kebersihan lingkungan"
B.
berkelompok berdiskusi tentang lingkungan.
C.
mandiri mengerjakan tugas.
D.
perseorangan membuat kliping tokoh- tokoh
masyarakat.
No 39.
Guru perlu memanfaatkan sarana pendukung belajar murid yang
tersedia atau dapat diadakan. Pernyataan tersebut merupakan....
A.
prinsip pemetaan materi
B.
tujuan pemetaan materi.
C.
fungsi pemetaan materi.
D.
dasar pemetaan materi.
No 40.
Pada waktu bersamaan Bu Denta mengajar mata pelajaran PPKn
dengan topik" Hidup rukun" di kelas 1, kelas 4, dan kelas 5.
Berdasarkan topik tersebut materi yang sesuai untuk kelas 1 adalah....
A.
bekerja bakti di lingkungan RT.
B.
perayaan natal bersama.
C.
bermain bersama.
D.
toleransi beragama.
No 41.
Murid memahami konsep baru atau menguasai keterampilan, guru
memantau dan selanjutnya murid berlatih di luar kelas. Kegiatan tersebut sesuai
dengan model Weil M & Mc Greal, yaitu merupakan bentuk latihan....
A.
bebas.
B.
terbimbing.
C.
terstruktur.
D.
pengembang.
No 42.
Dalam proses pembelajaran, di kelas 4 Bu nina menugaskan
murid- murid berdiskusi secara kelompok dengan materi bahasan IPA. Setelah
menyelesaikan diskusi, murid ditugaskan untuk memaparkan hasil diskusinya dan
guru, guru memberi balikan hasil diskusi murid tersebut. Kegiatan tersebut di
atas merupakan bentuk latihan ....
A.
mandiri.
B.
terbimbing.
C.
terstruktur.
D.
pengembangan.
No comments:
Post a Comment