No 11.
Bu Sinta menunjukkan muka yang manis serta penuh semangat
dalam menjelaskan materi pelajaran. Tindakan guru tersebut mempunyai tujuan
untuk....
A.
pengait masalah.
B.
membuat rangkuman.
C.
menumbuhkan motivasi belajar anak.
D.
mengevaluasi proses belajar anak.
No 12.
Yang termasuk kegiatan menutup pelajaran dalam proses
belajar mengajar adalah....
A.
meninjau kembali.
B.
menyampaikan pertanyaan apersepsi.
C.
merangkum materi pelajaran.
D.
mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas.
No 13.
Berikut ini merupakan salah satu kegiatan guru untuk
mengetahui penguasaan materi dalam proses pembelajaran adalah....
A.
mengemukakan tujuan dan batas- batas tugas.
B.
mendemonstrasikan keterampilan.
C.
memusatkan perhatian.
D.
pertanyaan pemicu belajar.
No 14.
Berikut merupakan identifikasi keterampilan dasar mengajar
untuk mendorong siswa belajar aktif, yaitu....
A.
proses memperoleh pengetahuan, nilai dan sikap,
keterampilan, dan kebiasaan belajar melalui pemanfaatan rangsangan dari luar
siswa.
B.
meningkatkan kesempatan siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
C.
memeratakan kesempatan siswa berbicara.
D.
memacu proses berpikir siswa dengan cara
mengajukan pertanyaan.
No 15.
Berikut merupakan contoh perilaku guru dalam mengelola kelas
PKR adalah sebagai berikut, kecuali
A.
mengadakan pendekatan secara pribadi.
B.
menata kegiatan belajar mengajar.
C.
mengarahkan dan memberi kemudahan belajar.
D.
pemberi kemudahan belajar sesuai kebutuhan
siswa.
No 16.
Siswa dapat mengembangkan kemampuan dan kebiasaan untuk
saling berbagi ide dan membuat kesepakatan bersama mengenai sesuatu hal, serta
menuangkan hasil kesepakatan dengan bahasa sendiri. TIK di atas sesuai dengan
model....
A.
olah pikir sejoli (OPS).
B.
Olah pikir berebut (OPB).
C.
konsultasi intra kelompok (KIK).
D. tutorial teman sebaya (TTS)
No 17.
Penentuan pemajangan hasil karya siswa merupakan penataan
fisik kelas dari aspek....
A.
panas dan ventilasi
B.
sinar.
C.
kemudahan bergerak.
D.
daerah pemajangan.
No 18.
Pengaturan ruang PKR perlu memperhatikan hal- hal sebagai
berikut....
A.
kemudahan bergerak anak.
B.
pengaturan sinar.
C.
tidak diperlukan sudut aktifitas.
D.
posisi meja guru.
No 19.
Cakupan penataan ruang kelas yang baik meliputu hal- hal
sebagai berikut....
A.
perpustakaan.
B.
sudut seni dan kerajinan tangan.
C.
sudut bermain peran.
D.
lapangan.
No 20.
Salah satu identifikasi denah ruang kelas yang sesuai dengan
model PKR adalah....
A.
semua sumber belajar ada di dalam satu ruangan.
B.
membatasi gerak siswa.
C.
fokus pada satu kelas
D.
sulit melakukan benerapa bentuk kegiatan yang
bervariasi.
No comments:
Post a Comment